Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kardio Fitness yang Pas untuk Pemula

Ketika melihat orang gemar pergi ke tempat pusat kebugaran membuat hatimu terbesit keinginan untuk mengikuti kegiatannya. Padahal sebelumnya kamu belum pernah sama sekali ke sana dan belum pernah memegang alat gym. Untuk itu, sebaiknya kamu melakukan kardio fitness terlebih dulu.

Karena untuk pemula, dianjurkan untuk melakukan gerakkan yang ringan-ringan terlebih dulu. Tidak mungkin kan anak kecil kamu suruh mengangkat galon di rumahmu? Sama dengan olah raga gym ini. Tidak bisa serta-merta pemula langsung melakukan olah raga gym yang begitu berat.

Macam-macam Kardio fitness 

Buat kamu yang sudah tidak sabar ingin meniru olah ragawan yang memiliki tubuh atletis, ini nih beberapa macam kardio fitness yang perlu kamu coba sebelum beranjak ke olah raga yang berat.

Ingat untuk pemula dan hanya ingin mencoba-coba terlebih dulu, sebaiknya melakukan gerakkan ini ketika berada di pusat kebugaran nanti. Pemanasan ringan memang merupakan hal vital yang kerap kali dipandang sebelah mata. Untuk itu, berikut macam-macamnya:

1. Dumbell/Barbel Shrug

Gerakkan ringan yang pertama ini merupakan gerakkan yang diperuntukkan dalam melatih otot trapezius. Dengan melatih otot ini tubuhmu akan tampak tinggi dari depan dan dari belakang akan tampak kekar.

Gerakkan ini juga dapat membantumu mewujudkan fantasi memiliki tubuh yang kekar dan tegap. Bisa kamu andalkan untuk menarik perhatian lawan jenismu, jangan sesama jenis ya itu tidak boleh. 

Nah untuk caranya, akan dijabarkan dengan detail, ringkas dan mudah kamu pahami.

Genggam dengan erat kedua dumbell dengan kedua tangan.

Posisikan kedua tangan lurus menjuntai ke bawah dan sejajar dengan tubuhmu.

Lalu angkatlah bahu setinggi mungkin hingga dumbel tampak terasa terangkat.

Jika sudah, turunkan tanganmu perlahan untuk membiarkan otot trapezius meregang dengan sempurna.

Tips penting yang perlu kamu ketahui untuk menghindari cidera serius, jangan memutar bahumu ketika menurunkan dumbell yang kamu pegang.

2. Front Raise

Sedangkan untuk yang kedua ini, merupakan gerakkan yang berfungsi untuk membentuk oto bahu. Tetapi lebih spesifikasinya gerakkan ini berguna untuk mengaktifkan otot deltoid. Gerakkan ini juga sebagai penyempurna pembentukkan tubuhmu terutama bagian atas.

Mempunyai tubuh kekar meskipun hanya atasnya saja sudah menjadi kepuasan tersendiri bagi beberapa orang. Selain untuk memperindah, tubuh kekar juga dapat digunakan untuk mengangkat beban-beban yang berat.

Jangan berlama-lama lagi, yuk simak caranya supaya kamu cepat mendapatkan tubuh yang ideal!

Ambil dan genggam kedua dumbell/barbel dengan kedua tangan. Kanan kiri ya jangan dua-duanya memegang.

Lalu posisikan tangan lurus ke bawah tentu sejajar dengan tubuhmu.

Usai berhasil memosisikan kedua tanganmu ke bawah, angkat beban itu ke depan bergantian sampai kedua tanganmu benar-benar lurus. Kalau belum lurus maka belum sempurna.

Angkat dan turunkan beban itu berirama. Jangan terlalu cepat dan jangan terlalu pelan. Rasakan beban itu sebaik mungkin, ulangi hingga 12 kali.

3. Real Lateral

Gerakkan ketiga ini sudah mulai menunjukkan peningkatan. Karena beban dan gerakkannya pun mulai agak berat. Untuk kamu yang ingin melakukan gerakkan ini sebaiknya bersiap-siap. Tenaga yang dibutuhkan juga semakin besar.

Ketimbang penasaran, lihat saja bagaimana melakukan kardio fitness yang ketiga ini:

Condongkan badanmu ke depan kira-kira 90 derajat.

Barengi dengan menekuk kedua kaki seperti posisi kuda-kuda.

Lalu angkat barbelmu dan ayunkan menjauh secara berirama.

Ayunkan menjauh dengan gerakkan naik turun, naik turun. 

Mungkin untuk pemula yang ingin ikut-ikutan seorang olah ragawan, ketiga kardio fitness tersebut sudah cukup. Sebenarnya masih banyak macam olah raga gym itu, salah satunya itu dan ada juga manfaat fitness untuk orang Gemuk yang bisa kamu lakukan jika ingin menambah tinggi badanmu.

Baca Juga : Manfaat Fitnes untuk Kolesterol yang Wajib Diketahui

Posting Komentar untuk "Manfaat Kardio Fitness yang Pas untuk Pemula"