Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Diet Gym yang Benar dan Tepat

Salah satu indikasi tubuh yang sehat adalah memiliki berat ideal. Jika saat ini Kamu sedang bermasalah dengan berat badan, khususnya obesitas, Kamu bisa mencoba melakukan diet gym yang benar, tepat dan sehat. Apa saja langkah-langkahnya?

9+ Langkah Diet Gym yang Benar dan Mudah Dilakukan

1. Pola hidup sehat

Langkah pertama yang harus diterapkan agar program diet berjalan sukses adalah menjaga pola hidup sehat. Lifestyle yang sehat ini dimulai dari makanan yang Kamu konsumsi sehari-harinya. Selanjutnya meliputi waktu istirahat yang cukup hingga olahraga teratur.

Misalnya saja untuk makanan, sebaiknya pilihlah yang memiliki nutrisi tinggi dan rendah kalori maupun jauh dari lemak jenuh. Sayur dan buah menjadi salah satu makanan wajib untuk Kamu yang sedang diet. Keduanya mengandung serat, vitamin, dan nutrisi lain yang dibutuhkan.

Selain itu, tercukupinya air putih setiap hari menjadi poin penting. Sebab, menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi dan kondisi badan terasa lebih segar. Pola makan juga harus diatur sedemikian rupa. Usahakan tidak melewatkan sarapan karena menjadi sumber energi pertama di awal aktivitas.

Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan jika sarapan pagi secara rutin mampu membuat tubuh lebih sehat dan bahagia. Sebab, sel-sel dalam tubuh dan otak diaktifkan secara bersamaan. Terlebih lagi jika Kamu hendak melakukan fitness di pagi hari.

2. Pemanasan sebelum olahraga

Langkah selanjutnya yang perlu Kamu lakukan sebelum memulai fitness adalah pemanasan terlebih dahulu. Fungsi dari pemanasan ini adalah melemaskan otot-otot, sehingga siap untuk melakukan aktivitas fisik.

Langkah ini menjadi salah satu tips diet gym yang benar. Meskipun Kamu hendak fitness dengan durasi yang sebentar, pastikan tetap melakukan pemanasan minimal 15 menit. Pemanasan meliputi seluruh anggota tubuh mulai dari kepala, tangan hingga kaki.

Fungsi dari pemanasan lainnya adalah menghindari atau meminimalisir kemungkinan cedera otot saat olahraga. Anda bisa melakukan pemanasan sendiri maupun bersama instruktur pembimbing dengan gerakan-gerakan ringan.

3. Olahraga kardio

Tempat gym atau fitness menyediakan ragam alat olahraga yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan. Biasanya untuk program diet akan diarahkan pada alat-alat kardio seperti treadmill atau stepmill. Durasi olahraga kardio minimal selama 15 hingga 30 menit per sesinya.

Alat yang paling mudah untuk olahraga kardio adalah treadmill dan sepeda statis. Treadmill sangat cocok untuk Kamu yang suka berlari. Alat ini bisa diatur dalam berbagai mode kecepatan dan durasi waktunya. 

Selanjutnya, bagi Kamu yang suka bersepeda dan tidak ada waktu melakukannya di luar rumah, maka bisa memilih sepeda statis saat di tempat gym. Meskipun dianggap mudah, tapi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, dipastikan keringat Kamu akan mengucur deras.

4. Olahraga angkat beban

Menjalankan olahraga fitness sebagai upaya dalam program diet tidak hanya berupa kardio saja. Kamu juga perlu memperbaiki otot dan menambah massa nya melalui latihan angkat beban. Angkat beban yang bisa dipakai misalnya dumbell.

Durasi ideal untuk angkat beban yakni 20 hingga 30 menit. Berat beban yang digunakan harus disesuaikan dengan kemampuan Kamu. Jika masih di tahapan awal, mulailah dengan beban 2 kg. Seiring berjalannya waktu, Kamu bisa menambah beban hingga 10 kg. 

5. Gabungan olahraga kardio dan angkat beban

Jika kamu sudah memulai latihan kardio dan angkat beban secara bergantian dan rutin. Maka, cobalah untuk naik step untuk menggabungkan keduanya dalam 1 waktu. Pada setiap gerakan fitness yang Kamu lakukan harus tetap fokus dan kompleks.

Maksudnya adalah pilihan gerakan utama dalam fitness mampu mengimbangi dan melengkapi gerakan tambahan (non kompleks). Gerakan kompleks meliputi Lunges, squat, chin up, bench hingga pull up.

Latihan kombinasi kardio dan angkat beban bisa mendapatkan hasil maksimal jika Kamu menerapkannya seminggu 3 kali dengan durasi 45 menit. Hindari latihan berjam-jam , tetapi hanya 1 kali dalam sebulan. Hal ini bisa membuat otot lebih lelah dan justru diet Kamu bisa gagal.

6. Bimbingan dari instruktur profesional

Fitness memang bisa dilakukan secara mandiri. Namun, jika Kamu masih pemula dan tidak memahami cara-cara diet gym yang benar, pastikan untuk memakai jasa instruktur profesional.  Kamu tidak perlu terlalu khawatir karena biasanya setiap tempat gym memiliki instruktur terlatih.

Tetapi, Kamu juga bisa menyewa jasa instruktur pembimbing dari luar. Intinya, pembimbing fitness diet haruslah yang membuat kamu nyaman, sehingga target dari Program diet segera tercapai dengan mudah. 

Meskipun Kamu harus mengeluarkan tambahan biaya untuk instruktur, Kamu dijamin tidak akan kecewa deengan hasilnya. Tapi, kembali lagi dengan komitmen Kamu dalam menjalankan program diet yang benar dan sehat sesuai arahan yang sudah ditentukan. 

7. Dikerjakan secara rutin

Mengerjakan sesuatu secara rutin biasanya akan mendapatkan hasil yang bagus dan berjangka panjang. Hal ini juga berlaku untuk aktivitas fitness dalam program diet. Ketika Kamu sudah berniat untuk diet, maka jalanilah dengan sepenuh hati dan berkelanjutan.

Latihan fitness yang dilakukan selama 30 menit hingga 1 jam sebanyak 3 kali seminggu akan lebih efektif dibandingkan latihan 6 jam sehari sebanyak 1 kali seminggu. Selain itu, Kamu perlu menambah asupan suplemen seperti susu gym untuk diet atau whey protein. 

Susu protein atau whey protein bisa Kamu konsumsi setiap hari 1x saja atau minimal 3x dalam seminggu. Jumlah konsumsi tetap disesuaikan dengan kebutuhan Kamu dan alangkah lebih baik diminum sebelum memulai fitness. 

8. Mencoba berbagai variasi alat gym

Menjalankan rutinitas fitness bukan tidak mungkin menimbulkan rasa bosan dan jenuh. Jika rasa ini sudah menghampiri, Kamu bisa mencari cara misalnya mengeksplor alat gym baru untuk menambah gairah berolahraga.

Setiap tempat gym pasti menyediakan banyak alat olahraga, tetapi lengkap tidaknya tergantung dari tempat itu sendiri. Jika tempat gym yang sering Kamu kunjungi memiliki keterbatasan alat, Kamu bisa berpindah ke tempat gym lain untuk menemukan variasi alat gym lainnya.

Beberapa rekomendasi alat gym yang bisa Kamu coba selain treadmill dan kawan-kawannya adalah pectoral machine, abdominal bench, lat pulldown machine, leg press machine, chest press machine hingga Kettlebells.

9. Olahraga bersama orang terdekat

Langkah terakhir yang bisa menyukseskan program diet Kamu melalui aktivitas fitness adalah melakukannya dengan orang-orang terdekat. Jika Kamu memilih teman satu frekuensi dengan tujuan diet, coba ajaklah untuk berlatih bersama.

Terlebih lagi jika orang terdekat seperti suami, istri, anak, atau orang tua juga memiliki hobi sama. Selain menjadi penyemangat, aktivitas olahraga yang dijalankan bersama-sama akan terasa lebih ringan dan membahagiakan.

Ketika Kamu sudah merasa bahagia dengan program diet yang sedang berjalan, maka target dan tujuan tersebut bisa lebih cepat dicapai dan memberikan hasil optimal. Siapakah yang akan Kamu ajak fitness minggu ini?

Diet yang Kamu lakukan akan haruslah sehat, nyaman dan menyenangkan. Jika program diet dilakukan secara terpaksa, maka target diet yang hendak dicapai akan jauh dari ekspektasi. Sebaiknya terapkan 9 langkah diet gym yang benar seperti penjelasan di atas. 

Baca juga : Manfaat Ampuh Susu Gym untuk Diet




Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Diet Gym yang Benar dan Tepat"