Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaga Kesehatan Badan Dengan Workout Rumahan

Menjaga kesehatan sudah menjadi suatu kebutuhan penting bagi semua kalangan. Kesehatan badan bisa dijaga dengan cara makan makanan sehat dan minum air putih yang cukup. Selain itu, kegiatan olahraga seperti workout juga menjadi bagian dari menjaga kesehatan tubuh. 

Workout sendiri dilakukan tidak hanya dengan tujuan menyehatkan badan, namun juga memperbaiki postur tubuh agar lebih proporsional. Workout biasanya dilakukan di arena gym. Namun tidak semua orang berkesempatan ke gym. Karenanya, ada gerakan workout yang bisa dilakukan di rumah saja.

Gerakan Workout Untuk Kesehatan Badan di Rumah

Meskipun padatnya kegiatan membuat kamu jadi tidak sempat ke gym untuk sekedar workout, namun ada beberapa kegiatan workout yang bisa dilakukan di rumah saja. Dengan begini, ku jadi tetap bisa berolahraga meskipun hanya di rumah saja. Berikut ini beberapa macamnya:

1. Forearm Plank

Gerakan forearm ini bisa dilakukan dengan menempelkan lengan dan jari-jari kaki ke lantai. Sedangkan, bagian tubuh dari kaki hingga kepala harus membentuk garis lurus. Lebih tepatnya posisi ini hampir sama dengan posisi tengkurap. 

Hanya saja, lengan dan jati kaki harus jadi tumpuan atau penopang badan. Setelah ditahan dalam waktu sekitar 1 menit, turunkan lutut agar menyentuh lantai. Namun pastikan bagian tubuh atas tetap pada posisi awal.

Bagian jari kaki yang tadinya menjadi penopang, bisa dinaikkan, dengan kata lain kini lutut yang menjadi tumpuan atau penopang tubuh. Lakukan gerakan ini dengan menahan hingga 1 menit lamanya. Bisa dilakukan dalam beberapa kali gerakan.

2. Bridge

Jika sebelumnya gerakan dilakukan dengan posisi tengkurap, maka bridge ini dilakukan dengan posisi terlentang. Posisi ini akan menyerupai bentuk jembatan, sama seperti nama gerakannya. Mula-mula posisikan badan terlentang dan tekuk bagian lutut.

Letakkan kedua lengan masing-masing di samping badan. Perlahan, angkat pantat dan paha dengan tumpuan punggung dan kaki. Pastikan bagian tangan tidak dijadikan tumpuan. Angkat dan turunkan gerakan tersebut hingga beberapa menit.

3. Squat

Salah satu gerakan workout yang cukup mudah dan sering dilakukan adalah squat. Squat terbukti dapat meningkatkan kesehatan badan, utamanya untuk fungsi otot-otot di bagian bawah. Gerakan squat ini diawali dengan memposisikan tubuh berdiri tegak. 

Kemudian bagian kaki dibentuk melebar selebar bentangan lengan. Setelah itu, kami hanya perlu melakukan gerakan naik turun atau menekuk bagian lutut dan dorong tarik tubuh bagian atas. Jangan lupa untuk mengatur nafas juga ya saat melakukan gerakan ini. 

4. Stationary Lunge

Pada gerakan stationary lunge ini, posisi tubuh hampir sama dengan posisi squat. Lantas tubuh dihadapkan ke samping. Berbeda dengan squat, posisi kaki kanan pada gerakan ini ditekuk hingga lutut sejajar dengan paha. 

Sedangkan kaki kiri berada di bagian belakang dengan posisi lutut dan jari kaki menempel pada lantai. Kedua kaki ini akan menjadi penopang tubuh. Gerakkan angkat dan turunkan badan secara berturut-turut dalam beberapa menit.

5. Push Up

Istilah gerakan workout yang satu ini, menjadi gerakan yang sangat umum dikenal masyarakat luas. Gerakan ini tidak hanya melatih otot-otot tubuh, namun juga memberikan kebugaran pada tubuh dan meningkatkan kesehatan badan. 

Gerakan push up diawali dengan posisi tubuh yang membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki. Posisi tubuh tidak menempel pada lantai, namun ditopang oleh telapak tangan dan jari-jari kaki. 

Untuk menggerakkannya, kamu perlu menekuk siku untuk menurunkan badan dan meluruskan siku untuk mendorong badan ke atas. Lakukan berulang kaki dalam beberapa menit. 

Gerakan gerakan ringan workout di atas, tentu bisa jadi gerakan rutin setiap hari di rumahmu. Dengan gerakan yang sederhana dan menyehatkan tersebut, kamu jadi tidak perlu repot-repot pergi ke gym. Kegiatan meningkatkan kesehatan badan jadi lebih mudah dilakukan. 

Baca Juga : Cara Konsisten Fitness Untuk Menurunkan Berat Badan

Posting Komentar untuk "Jaga Kesehatan Badan Dengan Workout Rumahan"