Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Konsisten Fitness Untuk Menurunkan Berat Badan

Panik karena berat badan yang naik drastis? Jangan khawatir, ada banyak cara untuk menurunkan berat badan ke ukuran ideal. Cara paling umum dilakukan adalah dengan diet. Disamping itu perlu  latihan seperti fitness. Namun hal ini harus dilakukan secara teratur. Ada cara konsisten fitness agar diet bisa goal.

Rata-rata semangat untuk berolahraga dan diet itu akan memuncak pada awal-awal latihan. Makin lama akan semakin memudar. Padahal latihan semacam fitness perlu konsistensi agar apa yang ditargetkan dapat tercapai. Tanpa semangat dan latihan rutin, mustahil untuk bisa mendapatkan hasil optimal.


Cara Konsisten Fitness

Niat saja tidak cukup untuk bisa konsisten dengan latihan yang harus dijalani. Memupuk semangat agar terus bertahan juga perlu kekuatan dari dalam diri. Selain bisa menurunkan berat badan, fitness juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Berikut adalah cara konsisten fitness yang bisa Kamu terapkan.

1. Porsi Tepat Berolahraga

Ingin cepat menurunkan berat badan bukan berarti harus melakukan latihan yang berlebihan. Dari studi yang ada, didapatkan hasil bahwa orang yang berolahraga selama 60 menit sehari, justru mengalami penurunan berat badan yang lebih sedikit dibanding yang berolahraga selama 30 menit.

Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa, bukan seberapa lama Kamu melakukan olahraga dalam sehari namun pada ketepatan porsinya. Akan lebih baik jika berolahraga sesuai dengan porsi yang tepat. Bagaimana cara menghitungnya?

Rumus: 220 – umur Kamu = 100% kemampuan maksimal berolahraga.

Contoh: 

Saat ini umur Kamu adalah 20 tahun, maka porsi maksimal olahraga yang bisa Kamu lakukan adalah: 220 – 20(tahun)= 200 denyut nadi/menit.

Artinya adalah, kemampuan maksimal tubuh ketika berolahraga adalah 200 denyut nadi setiap menit.

2. Gunakan Sepatu Olahraga

Sebagian besar latihan fitness melibatkan bagian bawah tubuh. Kamu perlu untuk menjaga bagian kaki dengan sepatu yang tepat. Penggunaan sepatu olahraga akan membuatmu menjadi lebih nyaman dan terhindar dari resiko terjadinya cedera seperti patah tulang, kerusakan ligamen, dan artritis.

Penggunaan sepatu olahraga menjadi salah satu cara konsisten fitness yang sederhana. Dengan mengenakan sepatu yang sesuai, secara tidak langsung akan membuat diri termotivasi untuk berlatih. Semangat pun semakin meningkat dan lebih percaya diri.

3. Lakukan Interval

Ketika sedang fitness, lakukan latihan dengan waktu yang lebih panjang kemudian diselingi dengan istirahat yang berintensitas rendah. Hal ini lebih banyak memberikan manfaat terutama untuk kardiovaskular serta menurunkan jumlah lemak.

Contohnya ketika melakukan workout selama 20 menit dengan macam gerakan burpee squat, push-up, dan lunge. Latihan ini membakar 15 kalori lebih banyak dibandingkan lari. Lakukan repetisi selama 20 detik – istirahat 10 detik – ulangi selama 4 menit – istirahat 1 menit. Ulangi hingga 4 putaran.

4. Banyak Minum Air Putih

Dalam prosedur diet yang baik, akan selalu dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak air putih setiap harinya. Air putih mampu mengatasi dehidrasi bahkan ketika sedang melakukan fitness. Orang yang berolahraga dan mengeluarkan 6-10% keringat, sama dengan kehilangan 2% cairan tubuh.

Artinya adalah semakin berat latihan yang dilakukan, maka akan semakin berat juga kemampuan tubuh untuk memperbaiki diri setelah berolahraga. Perbanyaklah minum air putih, minimal ½ hingga 1 ons air untuk setiap pon berat badan.

Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan dari setiap orang. Dengan diet saja belum mampu untuk menurunkan berat badan secara optimal. Ikuti cara konsisten fitness agar latihan yang dilakukan mampu memberikan hasil maksimal. Selain badan menjadi ideal, tubuh juga lebih bugar dan kesehatan terjaga.

Baca Juga : Tips Cara menambah berat badan bagi sikurus dengan cara fitnes





Posting Komentar untuk "Cara Konsisten Fitness Untuk Menurunkan Berat Badan"