Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Cara Diet Fitness Aman, Sehat dan Nyaman

Kamu sedang bermasalah dengan berat badan? Terlalu gemuk atau terlalu kurus? Sebenarnya mendapatkan badan yang ideal bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya saja fitness secara rutin. Bagaimana cara diet fitness yang benar dan aman? Yuk simak ulasan berikut!

8 Cara Diet Fitness yang Benar dan Aman

1. Makanan yang sehat untuk konsumsi sehari-hari

Tips diet yang paling utama dan ampuh adalah menjaga pola makan dengan benar, bergizi seimbang dan tercukupi. Sebelum memulai diet dengan gerakan fisik atau olahraga, sebaiknya Kamu memastikan terlebih dahulu asupan makanan yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

Diet bukan berarti tidak makan jenis makanan tertentu, tetapi memilih makanan sesuai kebutuhan dan tentunya sehat. Jenis makanan yang setidaknya harus masuk dalam tubuh adalah buah dan sayur. Namun, kamu tetap memerlukan karbohidrat hingga lemak tak jenuh.

Hal terpenting lainnya yang tidak boleh ditinggalkan adalah sarapan pagi. Kamu tidak pperlu memilih menu yang berat, cukuplah makan pagi dengan menu ringan seperti oatmeal. Sarapan pagi akan membuat tubuh lebih sehat dan kinerja otak lebih maksimal.

2. Berlari menggunakan treadmill

Bagi Kamu yang sedang mengalami berat badan berlebih, olahraga di tempat gym yang bisa dicoba adalah berlari menggunakan treadmil. Treadmill menjadi salah satu alat yang nyaman digunakan karena Kamu bisa berlari tanpa harus keluar rumah.

Ragam kemudahan dari alat ini salah satunya memiliki pengaturan kecepatan. Kamu bisa menentukan sendiri kecepatan berlari hingga waktu penggunaan treadmill. Pastikan disesuaikan dengan kemampuan Kamu ketika berolahraga.

Jika Kamu rutin melakukan fitness menggunakan treadmill, maka secara perlahan tapi pasti berat badan akan berangsur-angsur berkurang. Selain itu, badan menjadi lebih segar, otak lebih fresh dan kesehatan jantung semakin membaik.

3. Massa otot bertambah dengan Indo rowing machine

Alat gym yang aman dan nyaman untuk berolahraga selanjutnya adalah indo rowing machine. Alat ini bentuknya memanjang dengan satu sisi terdapat pule sebagai media tarikan untuk tali dan sisi lainnya berupa tempat duduk. Sedangkan bagian tengah terdapat pijakan kaki.

Cara penggunaannya yakni Kamu duduk di salah satu sisinya dan tempatkan kaki di bagian pijakan. Selanjutnya ambil tali dan tarik sekuat mungkin. Secara otomatis, terjadi gerakan maju mundur dan memberikan manfaat berupa otot tangan, kaki dan perut menjadi terbentuk.

Tumpukan lemak pada bagian tangan hingga kaki akan terbakar, sehingga olahraga ini sangat pas bagi Kamu yang sedang menjalankan diet sehat. Penggunaan indo rowing machine akan menunjukkan hasil yang maksimal jika Kamu rajin berlatih selama 15 – 30 menit per sesi.

4. Gerakan sit up dengan bench

Diet tidak hanya memilah jenis makanan saja, tetapi melalui gym yang rutin akan membentuk berat badan yang ideal. Kamu bisa mencoba gerakan sit up menggunakan bench. Cara diet gym yang benar menggunakan bench yakni posisi punggung harus benar-benar menempel pada papan.

Kaki kamu bisa diletakkan pada pegangan atas maupun tengah sesuai kebutuhan. Jika sebelumnya belum pernah memakai alat ini di tempat gym, maka gunakan jasa instruktur terlatih. Setelah mahir, Kamu bisa mencoba berlatih sendiri.

Gerakan sit up di awal latihan sebaiknya antara 10x dalam 2 hitungan. Selanjutnya bisa Kamu tambah sedikit demi sedikit. Latihan ini memberikan manfaat untuk menghilangkan lemak di area paha dan perut dan tentunya membuat perut menjadi six pack.

Secara otomatis, olahraga sit up juga membuat otot semakin kuat dan berat badan yang terlalu gemuk menjadi berkuranf. Agar lebih maksimal, kamu bisa menambahkan suplemen seperti susu penambah massa otot

5. Angkat beban dengan dumbell

Cara diet fitness keempat yang bisa Kamu coba selanjutnya yakni angkat beban menggunakan dumbell. Angkat beban secara otomatis membuat massa otot dalam tubuh Kamu. Lemak pada lengan tangan akan berkurang dan kalori akkan terbakar.

Olahraga angkat beban tidak hanya condong pada laki-laki saja loh! Sebab, bagi Kamu para wanita bisa banget memilih olahraga ini. Khusus bagi wanita yang ingin tampil berotot dan bugar, bisa memilih gerakan deadlift upright now dan squat thruster saat angkat beban.

Kabar baiknya, dumbell tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 1 kg hingga 10 kg. Kamu bisa memilih berat dumbell sesuai kebutuhan. Agar tidak kaget, cobalah versih ringannya dahulu. Semakin lama tambahkan ukuran beratnya agar otot segera terbentuk.

6. Membakar kalori dengan static bicycle

Sejak 2019 yang lalu, olahraga bersepeda menjadi booming kembali dan banyak dipilih masyarakat karena murah meriah tetapi menyehatkan. Hingga pada akhirnya muncul beberapa komunitas pesepeda.

Euforia bersepeda semakin ramai dengan datangnya virus Covid-19 dan memaksa masyarakat untuk terus berolahraga. Sejalan dengan hal tersebut, bagi Kamu yang tidak bisa bersepeda di luar, Kamu dapat memilih bersepeda menggunakan static bicycle.

Kamu bisa berkunjung ke tempat gym terdekat dan menjalankan olahraga rutin menggunakan static bicycle. Olahraga ini akan membakar kalori dengan sempurna jika Kamu lakukan minimal selama 15 menit.

Agar terhindar dari cedera, Kamu harus memakai pakaian olahraga dan perlengkapan lain yang dibutuhkan. Jika Kamu memiliki dana lebih dan malas untuk berkunjung ke tempat gym, alat olahraga ini bisa Kamu beli dan gunakan di rumah sebebas mungkin.

7. Eliptical Machine untuk membentuk otot tangan dan kaki

Tubuh yang ideal dan bagus bisa Anda dapatkan dengan mudah jika rajin memakai alat eleptical machine. Mengapa? Sebab semua anggota tubuh digerakkan secara bersamaan, sehingga kalori yang terbakar cukup banyak.

Lemak-lemak di area tangan, perut dan kaki akan ikut terbakar. Setelah itu, otot-otot akan mulai terbentuk, sehingga tubuh menjadi lebih kencang dan bugar. Alat ini juga menjadi pilihan tepat bagi Kamu yang ingin mengecilkan  perut agar tampak six pack.

Cara diet fitness yang satu ini sebaiknya dilakukan selama 15 menit hingga 20 menit. Selanjutnya bisa dialihkan ke jenis olahraga lainnya. Agar olahraga tetap nyaman dan aman, Kamu dapat memakai pakaian dan sepatu khusus olahraga.

8. Naik tangga dalam ruangan

Bukan hanya sit up atau lari saja yang menjadi solusi olahraga diet fitness, Kamu bisa mencoba naik tangga menggunakan stepmill. Alat fitness ini menyerupai tangga eskalator dan cara penggunaannya cukup naik turun saja dengan ritme yang sama.

Pada tahapan awal, Kamu bisa melakukan olahraga ini dengan ritme pelan seperti jalan kaki, kemudian mulai ditambah kecepatannya seperti orang berlari. Lakukan secara rutin minimal 10 menit saat latihan gym.

Gerakan naik turun tangga mungkin dianggap sepele, tetapi Kamu harus memahami posisi yang tepat agar tidak terjadi cedera. Agar lebih meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan, Kamu bisa memakai karet pelindung olahraga di bagian lutut dan paha. 

Memiliki tubuh yang ideal dan sehat adalah dambaan setiap individu. Kamu termasuk salah satunya bukan? Kamu bisa menjalankan 8 cara diet fitness di atas dengan tepat dan rutin. Selain itu, imbangi juga dengan pola hidup yang sehat. 

Baca Juga : Daftar Suplemen Diet Fitness Aman yang Direkomendasikan



Posting Komentar untuk "8+ Cara Diet Fitness Aman, Sehat dan Nyaman"