Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tahu, Inilah 5 Manfaat Fitness Untuk Wanita

Fitness tidak hanya diperuntukkan untuk laki-laki, tapi juga untuk wanita. Jarang orang tahu kalau manfaat fitness untuk wanita ini sangatlah besar. Tidak hanya manfaat dari sisi psikis saja, tapi juga dari sisi psikologis. Hal ini juga sudah terbukti secara medis.

Karenanya kesadaran untuk melakukan fitness bagi perempuan harus terus ditingkatkan. Pasalnya saat ini fitnes hanya identik dengan laki-laki. Padahal jika melihat berbagai manfaat yang bisa didapat, para wanita juga harus mau melakukannya.


5 Manfaat Fitness Untuk Wanita

Berdasarkan hasil riset yang sudah dilakukan oleh para ahli, ada 5 manfaat fitness setiap hari bagi wanita. Penting bagi Anda untuk memahami manfaatnya agar lebih bersemangat saat menjalaninya rutinitas tersebut kedepannya. Langsung saja, ini dia penjelasannya.

1. Meningkatkan kekuatan fisik

Tidak bisa disangkal, fitnes memang terbukti ampuh untuk meningkatkan kekuatan fisik. Tak hanya bagi para lelaki, tapi juga bagi para wanita. Karena itulah Anda harus mau melakukannya setiap hari, jangan pernah malas untuk membiasakan rutinitas satu ini.

Memiliki ketahanan fisik yang kuat ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Diantaranya adalah mengurangi resiko cedera pada saat Anda melakukan kegiatan apapun yang melibatkan kekuatan itu sendiri. 

2. Menurunkan kadar lemak tubuh

Selain meningkatkan ketahanan, ternyata fitness secara rutin terbukti ampuh untuk menurunkan kadar lemak berlebih pada tubuh Anda. Hal ini sudah dibuktikan oleh seorang peneliti asal Quincy, Massachusetts bernama Westcott, Phd.

Penelitian yang dilakukan oleh pria satu ini membuktikan kalau rutinitas mengangkat dumbel atau latihan alat berat lain bagi wanita bisa mengurangi 1,5 kg lemak yang ada pada tubuhnya. Namun hal ini harus dilakukan secara rutin dengan intensitas 2 kali seminggu selama 2 bulan.

3. Mempercepat pemulihan luka

Tak banyak orang tahu, manfaat fitness untuk wanita lainya adalah mempercepat pemulihan luka. Namun orang-orang masih ragu dengan hal ini. Padahal pendapat ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh para ahli dan hasilnya sangat mencengangkan.

Di dalam penelitian tersebut, terbukti dengan jelas kalau latihan fisik yang dilakukan secara rutin mampu untuk memaksimalkan proses penyembuhan luka pada tubuh. Bahkan di dalam penelitian tersebut dibuktikan kalau latihan fisik reguler mempercepat proses penyembuhan hingga 10 hari.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat lain yang bisa didapatkan wanita dari fitness secara rutin adalah meningkatkan kualitas tidur secara signifikan. Terlebih lagi jika Anda memilih untuk melakukan olahraga kekuatan pada gym yang sering dikunjungi.

Beberapa penelitian membuktikan kalau otot yang lemas setelah berolahraga bisa menstimulasi berbagai jenis hormon pada tubuh. Salah satunya adalah hormon yang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Di sisi lain, kualitas tidur yang baik akan memaksimalkan proses regenerasi jaringan tubuh.

5. Meningkatkan kinerja fungsi otak

Manfaat fitness untuk wanita lainnya adalah meningkatkan kinerja otak. Latihan fisik yang dilakukan secara rutin terbukti ampuh untuk meningkatkan daya intelektualitas seseorang dengan sangat baik. Hal ini juga sudah terbukti secara medis.

Beberapa penelitian membuktikan kalau latihan fisik mampu meningkatkan senyawa kimia yang ada pada organ otak dan meningkatkan fungsi kognisi seperti dopamin, norepinefrin, glutamat, dan serotonin. Keberadaan senyawa tersebut juga bisa memperbaiki kelancaran aliran darah dan Oksigen ke otak.

Tidak hanya kelima poin di atas saja, ,ternyata masih ada manfaat fitness untuk wanita lainnya. Diantaranya adalah meningkatkan kualitas hubungan seksual dengan pasangan, dan meningkatkan produktivitas Anda dalam melakukan apapun.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Lengan Dengan Fitness Untuk Wanita


Posting Komentar untuk "Wajib Tahu, Inilah 5 Manfaat Fitness Untuk Wanita"