Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Gym Saat Puasa Yang Wajib Kamu Lakukan Agar Tidak Lemas

Ketika berpuasa, olahraga tetap harus dilakukan agar tubuh tetap fit. Begitu juga dengan fitness. Agar ibadah puasa Kamu tidak terganggu, ada beberapa tips gym saat puasa yang bisa dilakukan. Tentu saja tips ini sangat mudah untuk dilakukan. Terlebih untuk Kamu yang sudah biasa melakukan fitnes.

Puasa bukan halangan bagi Kamu untuk terus menjaga kebugaran. Dalam keadaan apapun kebugaran dan kesehatan ini adalah aspek yang sangat penting. Jangan pernah menganggap hal ini sepele karena dampaknya bisa sangat besar terhadap kehidupan Kamu.

Tips Gym Saat Puasa Yang Wajib Dilakukan

Tentunya ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat melakukan gym di tengah ibadah puasa. Kalau kamu melakukannya secara konsisten, kami jamin tubuh akan tetap bugar seperti sedia kala, namun ibadah Kamu tidak akan terganggu sama sekali. Apa saja tips-tips tersebut?

1. Jangan berpikir untuk berhenti latihan

Hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah jangan pernah berhenti latihan meskipun hanya sejenak. Meskipun Kamu sedang berpuasa, perut lapar dan banyak lagi kendala lainnya, pastikan untuk terus melatih kebugaran secara konsisten. Ini adalah tips gym saat puasa yang pertama.

Tujuannya adalah agar otot-otot yang sudah terstimulasi tidak kembali menjadi kaku. Memang pada saat Puasa tubuh akan terasa lemas karena perut kosong. Namun ini tidak bisa jadi alasan untuk berhenti. Lakukan saja olahraga fitness yang benar seperti biasa, namun kurangi porsi latihannya.

2. Sesuaikan porsi latihan

Ya benar, tips gym saat puasa lainnya adalah menyesuaikan porsi latihan dengan kondisi tubuh Kamu. Kalau Kamu terbiasa melakukan latihan yang berat,  di bulan puasa ini Kamu bisa mengurangi porsi latihan tersebut secara signifikan. Kamu bisa merubahnya menjadi ½, ⅓ dan persentase angka lainnya.

Soalnya pada bulan puasa perut Kamu akan dikosongkan selama lebih dari 8 jam. Tentu saja perut juga ada dalam keadaan kosong. Belum lagi kekuatan untuk melawan dehidrasi yang biasa muncul setelah seseorang melakukan kegiatan. Pastikan Kamu bertahan dari hal seperti ini

3. Sesuaikan waktu latihan Kamu

Selain menyesuaikan porsi latihan, Kamu juga harus bisa memilih waktu latihan yang tepat. Inilah tips gym saat puasa selanjutnya. Pada saat Kamu melakukan gys di bulan puasa, pastikan untuk memilih waktu dimana tubuh Kamu tidak ada dalam kondisi paling lemah.

Contohnya adalah ada saat tengah hari ketika Kamu sedang mendapatkan dehidrasi dan lapar. Gym bisa dilakukan dimana Kamu berada pada fase terbaik ketika puasa. Milsanya pagi hari setelah sahur, atau menjelang berbuka puasa. Bisa juga dilakukan malam hari jika memang memungkinkan.

4. Lakukan Gerakan Kardio Seperlunya

Tips gym saat puasa lain yang bisa Kamu lakukan adalah melakukan olahraga kardio dengan ruitn. Namun Kamu harus memastikan kalau porsinya disesuaikan dengan kemampuan saja. Jangan terlalu memaksakan diri karena bisa berbahaya terhadap kondisi tubuh Kamu.

Gerakan kardio ini sangat penting untuk menjaga kesehatan organ jantung. Secara keseluruhan, jenis olahraga satu ini juga berdampak besar terhadap kebugaran tubuh Kamu secara menyeluruh. Karenanya olahraga ini harus tetap dilakukan meski Kamu sedang puasa.

5. Imbangi dengan konsumsi makanan sehat

Tips gym saat puasa lain yang tidak kalah penting untuk Kamu lakukan adalah mengimbangi kegiatan olahraga yang sedang Kamu lakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Pastikan nutrisi dan kebutuhan gizi tubuh Kamu terpenuhi selama menjalankan ibadah puasa ini.

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, tubuh akan senantiasa bugar dan puasa Kamu juga tetap berjalan dengan lancar. Terlebih Kamu juga tetap bisa melakukan olahraga fitness ini secara rutin. Karenanya lakukan tips gym saat puasa yang sudah kami jelaskan di atas agar dampaknya bisa Kamu rasakan.

Baca Juga : Jenis Sepeda Statis yang Bersahabat dengan Kantongmu


Posting Komentar untuk "Tips Gym Saat Puasa Yang Wajib Kamu Lakukan Agar Tidak Lemas"