Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Olahraga Barbel Untuk Kesehatan Tubuh

Bukan rahasia lagi bahwa olahraga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk olahraga barbel. Terdapat banyak manfaat olahraga barbel untuk kesehatan tubuh baik kesehatan fisik maupun mental. Oleh karena itu, mulai lakukan olahraga dari sekarang untuk mendapatkan manfaatnya.

Selain olahraga beban, kamu juga bisa melengkapi program olahraga dengan jenis olahraga kardio. Salah satunya adalah lari dengan jenis treadmill dan harganya yang terjangkau untuk dipakai di rumah.

Manfaat Olahraga Barbel Untuk Kesehatan Tubuh

Olahraga barbel yang dilakukan di gym maupun di rumah dapat memberikan banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat olahraga barbel, yaitu:

1. Mencegah osteoporosis

Masih banyak orang yang takut memulai olahraga dengan barbel. Pada kenyataannya banyak manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga menggunakan barbel seperti mencegah osteoporosis. 

Angkat barbel tidak hanya dilakukan untuk memperkuat otot saja, tetapi tulang yang digunakan untuk mengangkat beban juga menjadi lebih kuat dan bisa terhindar dari masalah berkurangnya kepadatan tulang atau Osteoporosis.

2. Meredakan gejala depresi

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, namun manfaat olahraga barbel juga bisa membantu menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan mental. 

Berdasarkan riset yang dilakukan terhadap orang yang melakukan olahraga lari maupun angkat barbel hasilnya kedua olahraga tersebut bisa meredakan gejala yang timbul akibat depresi.

3. Menurunkan risiko diabetes

The National Institutes of Health Amerika melakukan suatu riset yang menemukan jika pria yang suka olahraga angkat beban selama 150 menit setiap minggu akan terhindari dari risiko diabetes sekitar 34%. 

Dari penelitian tersebut, apabila olahraga angkat barbel dibarengi dengan olahraga kardiovaskular maka risiko diabetes akan turun sampai 59%.

4. Menyehatkan jantung

Olahraga yang dilakukan secara rutin akan mendatangkan banyak manfaat untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Ketika seseorang melakukan olahraga angkat barbel atau olahraga beban lainnya maka tekanan darah dapat diturunkan sampai 20%. 

Selain itu, sirkulasi darah juga akan meningkat sehabis olahraga beban. Efek tersebut akan berlangsung hingga 30 menit setelah sesi angkat barbel selesai sebagai manfaat olahraga barbel.

5. Membakar kalori

Tidak hanya olahraga kardiovaskular, olahraga beban juga bisa membakar kalori walaupun tidak sebanyak olahraga kardiovaskular. Oleh karena itu, 

Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menurunkan berat badan dan memperbaiki metabolisme tubuh dengan olahraga beban.Bahkan setelah sesi olahraga, tubuh tetap akan membakar kalori atau yang dikenal sebagai efek afterburn.

6. Mempermudah aktivitas setiap hari

Manfaat olahraga barbel yang lainnya adalah untuk mempermudah aktivitas setiap hari. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk wanita yang melakukan olahraga angkat beban. 

Olahraga angkat barbel akan meningkatkan kekuatan otot, sehingga pekerjaan sehari-hari terasa lebih mudah dilakukan. Misalnya, mengangkat jemuran, menggendong bayi, dan aktivitas harian lainnya.

7. Menjaga gula darah tetap stabil

Melihat manfaat olahraga yang sangat banyak, seharusnya orang-orang mulai melakukan olahraga secara rutin. Manfaat olahraga barbel yaitu dapat menstimulasi produksi otot putih di dalam tubuh. 

Otot putih merupakan jenis otot yang berfungsi dalam menjaga gula darah supaya tetap stabil. Otot putih akan melahap gula darah untuk memproduksi energi untuk tubuh. Sehingga, kadar gula darah bisa tetap stabil dengan adanya otot putih tersebut.

8. Menambah kepercayaan diri

Tahukah kamu bahwa olahraga bisa membuat seseorang lebih percaya diri? Olahraga akan memunculkan perasaan senang, meredakan depresi, dan gangguan cemas. 

Selain itu, perubahan fisik karena melakukan olahraga angkat beban juga akan membuat seseorang lebih menyukai dan percaya diri dengan fisiknya.

Setelah mengetahui ada banyak manfaat olahraga barbel, kamu tidak perlu ragu lagi untuk mulai melakukan olahraga beban. Baik pria maupun wanita, olahraga barbel yang dilakukan dengan cara yang benar akan memberikan manfaat untuk tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga : Alat yang Wajib Kamu Miliki Ketika Ingin Angkat Beban di Rumah


Posting Komentar untuk "Manfaat Olahraga Barbel Untuk Kesehatan Tubuh"