Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Hand Grip Fitness dan Cara Menggunakannya

Hand Grip adalah alat yang bisa digunakan untuk meningkatkan kekuatan cengkraman tangan. Tidak hanya itu saja, manfaat hand grip fitness ini sendiri sangatlah beragam. Namun pada dasarnya perangkat satu ini merupakan salah satu perangkat untuk meningkatkan kekuatan penggunanya.

Perlu dipahami, hand grip ini adalah perangkat portable. Ukurannya sangat kecil dan mudah untuk dibawa kemanapun Anda pergi. Tak banyak orang tahu, perangkat sekecil ini ternyata memiliki manfaat yang begitu besar terhadap penggunanya.

Manfaat Hand Grip Fitness

Hand grip adalah perangkat yang sangat sederhana. Namun jika digunakan secara rutin, dampaknya akan sangat besar terhadap diri Anda. Perangkat satu ini fokus untuk memperkuat otot tangan dan lengan bagian bawah.

Model alatnya juga sangat sederhana, hand grip ini dirancang dengan handle yang nyaman, kemudian handle tersebut dikombinasikan dengan per besi yang kuat sebagai hambatan. Perangkat satu ini adalah perangkat manual yang tidak membutuhkan energi apapun.

Hand grip ini sangat penting terutama bagi pria. Terlebih untuk Anda yang berkecimpung dalam dunia olahraga atau beladiri seperti pencak silat, karate, tenis, gold, angkat besi basket dan lain-lain. Lantas apa saja manfaat dari hand grip ini jika digunakan secara konsisten?

1. Meningkatkan Kekuatan Cengkraman Tangan Anda

Manfaat hand grip fitness yang pertama adalah meningkatkan kekuatan cengkeraman tangan Anda. Cengkeraman ini berfungsi besar untuk berbagai hal dari mulai pekerjaan sehari-hari, olahraga, beladiri dan hal lainnya.

Untuk mereka yang sedang belajar beladiri, cengkraman ini berpengaruh besar untuk meningkatkan kekuatan kuncian, bantingan, dan lain-lain. Sedangkan untuk mereka para olahragawan, cengkeraman ini berfungsi untuk memegang perangkat olahraga itu sendiri.

Misalnya pemain baseball ketika memegang stick. Pemain basket ketika mencengkeram bola,dan lain-lain. Pada dasarnya cengkeraman ini berguna untuk mempertahankan sesuatu agar tidak lepas dari tangan kita. 

2. Membentuk dan Menguatkan Otot Tangan

Selain meningkatkan daya cengkeram tangan Anda, manfaat hand grip fitness lainnya adalah membentuk otot tangan Anda. Saat Anda melakukan latihan hand grip secara rutin, otot-otot tangan tersebut akan menjadi kuat dan keras. 

Otot yang terbentuk ini tidak hanya otot atas saja, tapi juga otot bagian bawah lengan. Jika Anda seorang petarung, kekuatan otot lengan bawah ini sangat berpengaruh terhadap kekuatan pukulan itu sendiri.

Hal ini juga berpengaruh terhadap Anda yang terjun di dalam dunia olahraga. Untuk Anda para pemain bulutangkis, tenis atau bahkan pemain bola basket sekalipun, latihan hand grip ini akan membuat kekuatan lemparan dan pukulan Anda semakin maksimal.

3. Meningkatkan kekuatan otot lengan

Disamping menguatkan otot tangan, latihan hand grip ini bisa meningkatkan kekuatan otot lengan dengan sangat baik. Hal ini terutama terjadi pada otot tricep lengan Anda. Untuk Anda yang belum tahu, otot tricep ini berada di bagian belakang lengan.

Dengan otot tricep yang bagus, sudah tentu lengan Anda akan terlihat lebih kekar dan atletis. Secara otomatis hal ini akan membuat penampilan Anda jauh lebih menawan dibandingkan sebelumnya. Karena itulah jangan pernah malas untuk mulai berlatih menggunakan hand grip dari sekarang;.

4. Meningkatkan Kekuatan Pukulan Tangan Kosong

Selain meningkatkan kekuatan cengkeraman seperti yang sudah kami jelaskan di atas, ternyata penggunaan hand grip secara rutin sangat ampuh untuk meningkatkan kekuatan pukulan Anda dengan tangan kosong. Hal ini bisa langsung dibuktikan setelah pelatihan beberapa minggu.

Hand grip adalah perangkat yang memiliki manfaat sangat besar terhadap kesehatan dan kekuatan otot lengan Anda. Mulailah berlatih menggunakan perangkat satu ini agar manfaat hand grip fitness tersebut bisa Anda rasakan.

Baca Juga : 5 Manfaat Fitness Bagi Tubuh Kurus yang Jarang Orang Tahu

Posting Komentar untuk "Manfaat Hand Grip Fitness dan Cara Menggunakannya"