Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Fitness Sepeda Statis Untuk Kesehatan Tubuh

Dari sekian banyak alat fitness yang bisa Anda pilih saat ini, sepeda statis merupakan salah satunya. Tidak bisa disangkal, manfaat fitness sepeda statis ini sendiri sangatlah besar terhadap kesehatan tubuh Anda. Karena itulah Anda bisa melakukannya secara rutin.

Sepeda statis sendiri adalah sepeda yang tidak berpindah kemanapun, jadi Anda hanya perlu mengayuhnya dan dampak dari menggunakannya sama saja dengan dampak sepeda pada umumnya.  Jadi penggunaan sepeda ini sangatlah efektif untuk Anda yang sibuk.

Manfaat Fitness Sepeda Statis 

Sepeda statis memberikan manfaat yang begitu besar pada tubuh Anda jika Anda menggunakannya secara konsisten. Bahkan beberapa pakar menyebut penggunaan sepeda jenis ini sangat pas untuk menghindari stress.

Perlu diketahui, ternyata manfaat sepeda statis untuk kesehatan tubuh tidak hanya itu saja. Sejauh ini ada 5 manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan sepeda fitness ini secara rutin. Langsung saja, ini dia penjelasannya.

1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan alat fitness satu ini adalah membantu untuk menurunkan berat badan. Ketika Anda mengayuh sepeda satu ini, badan akan terus mengalami gerakan memutar terutama di bagian kaki.

Percaya atau tidak, mengayuh sepeda statis ini setara dengan membakar 6000 kalori per jam. Dengan intensitas kalori terbakar sebanyak ini, bisa dipastikan kalau kadar lemak pada tubuh akan sangat berkurang dan berat badan Anda pasti akan menjadi sangat stabil dan ideal.

2. Memperkuat otot tubuh

Manfaat fitness sepeda statis selanjutnya adalah memberikan kekuatan baru pada otot-otot di tubuh Anda. Gerakan mengayuh yang terus Anda lakukan bisa memperkuat otot paha, betis, punggung dan bahkan otot perut. 

Jika sepeda tersebut memiliki pegangan, secara otomatis otot trisep, bisep dan otot bahu juga mengalami peningkatan kekuatan. Karena itulah melakukan olahraga sepeda statis ini secara rutin sangat direkomendasikan bahkan oleh para pakar kesehatan sekalipun.

3. Mengurangi stres

Seperti sudah kami katakan sebelumnya, manfaat fitness sepeda statis ini adalah mengurangi stress yang Anda alami. Ketika Anda menggunakan sepeda statis. Tubuh akan melakukan pelepasan hormon serotonin dalam jumlah banyak. 

Hormon ini memiliki fungsi untuk memperbaiki suasana hati Anda. Tidak hanya itu saja,olahraga kardio ini juga bisa menstimulasi tubuh untuk memproduksi endorfin dalam jumlah banyak. Hormon ini bisa meningkatkan rasa senang dan bahagia dalam hati.

4. Menguatkan jantung

Manfaat lain yang bisa Anda temukan dari olahraga sepeda statis ini adalah menguatkan organ jantung. Hal ini dikarenakan jantung Anda terus terlatih setiap harinya. Perlu dipahami, melakukan olahraga fitness dengan sepeda status membuat jantung terus terpompa.

Olahraga satu ini juga membuat jantung Anda bekerja dengan lebih keras karena permintaan oksigen pada tubuh meningkat dengan tajam. Hal inilah yang kemudian membuat jantung lebih kuat dan aliran darah serta oksigen pada tubuh jauh lebih lancar.

5. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Selain keempat manfaat di atas, manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan alat olahraga satu ini adalah mengurangi resiko diabetes tipe 2 yang bisa terjadi pada siapa saja. Melakukan olahraga satu ini terbukti ampuh untuk menjaga keseimbangan gula darah.

Di sisi lain, manfaat fitness sepeda statis ini juga bisa membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap Insulin. Sudah tentu resiko diabetes akan semakin menjauh. Karena itulah penggunaan sepeda statis ini sangat direkomendasikan untuk Anda. 

Manfaat sepeda statis yang sederhana ini seringkali disamakan dengan manfaat alat fitness treadmill. Keduanya memang memiliki kemiripan dari segi fungsi dan dampaknya. Anda bisa memilih salah satu untuk mendapatkan beberapa dampak positif di atas.

Baca Juga : Manfaat Fitness di Malam Hari yang Pasti Belum Anda Ketahui


Posting Komentar untuk "Manfaat Fitness Sepeda Statis Untuk Kesehatan Tubuh"