Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Olahraga Gym Berat untuk Semua Kalangan

Sudah berencana ingin pergi ke tempat kebugaran atau gym, namun belum mengetahui apa yang ingin dilakukan di sana merupakan hal yang sudah biasa. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu mengetahui beberapa macam olahraga gym berat. 

Sehingga ketika di gym nanti, kamu akan mengetahui apa saja yang ingin kamu lakukan. Selain itu, kamu juga dapat menghindari cemooh dari pengunjung lain. Bayangkan, ketika di tempat gym tersebut kamu hanya diam dan bengang-bengong, kan malah jadi aib sendiri buatmu.

Macam-Macam Olahraga Gym Berat

Untuk lebih lengkapnya kamu perlu membaca uraian di bawah ini. Karena ada olahraga gym itu dibagi menjadi dua jenisnya yaitu olahraga gym berat dan olahraga gym ringan. Kedua jenis tersebut dapat kamu lakukan sesuai dengan kemampuan tubuhmu.

Karena baik hati dan tidak ingin kamu sakit, artikel ini khusus dibuat untukmu. Bukan untuk orang lain apalagi untuk dia. Simak dengan baik ulasan beberapa olahraga gym berat yang perlu kamu ketahui sebelum melakukannya:

1. Cabel Crossover

Olahraga gym berat yang pertama diisi oleh Cabel Crossover. Olahraga ini memiliki tujuan membentuk dan mengembangkan otot dada. Otot dada terdiri dari dua otot, yakni otot dada atas dan otot dada bawah. 

Lalu bagaimana untuk memisahkan cara membentuk otot dada atas atau bawah? Sederhana. Semuanya tergantung tinggi atau rendahnya cabel yang kamu lakukan. Jika cabel yang kamu angkat agak tinggi dan condong ke atas, maka otomatis membentuk dada bagian atas. 

Apabila agak ke bawah, maka kebalikkannya otot dada bagian bawahlah yang akan terbentuk. Cara melakukannya juga cukup mudah, pegang besi yang menjadi peganggan cabel dengan erat, lalu tarik ke tengah dan angkat seperti melakukan gerakan memeluk.

2. Close Grip Bench Press

Selanjutnya, untuk olahraga gym berat yang kedua ini merupakan cara yang begitu akurat dan tepat dalam membentuk dan membangun otot tricep. Sebenarnya olahraga gym ini mirip dengan bench press. Hanya saja letak kedua tangan lebih menyempit.

Mengapa lebih menyempit? Karena agar dapat memindahkan berat dari otot dada kepada otot tricep. Kira-kira jarak antara lebar bahu dan krip sedikit lebih sempit. Untuk gerakannya, turunkan dengan pelan-pelan beban tersebut agar Posisi siku tidak berubah.

Lebih jelasnya, letak antara siku sejajar dengan bar. Usai sejajar, dorong ke atas dan turunkan lagi. Lakukan itu secara terus-menerus sesuai kekuatan tubuhmu dan anjuran pelatihmu.

3. Lying Tricep Extention

Olahraga gym berat yang ketiga ini tergolong lebih ekstrim dari sebelum-sebelumnya. Karena apabila meleset dari tanganmu makan beban yang begitu berat itu akan menimpa kepalamu dan berakibat fatal, maka jangan beratraksi ketika melakukan olahraga ini.

Untuk gerakannya, sebelum melakukannya kamu perlu mengingat, jika gerakan ini dilakukan hanya ketika kamu memakai curl bar atau benda yang mirip dengan itu. Sandarkan tubuhmu pada sandaran baku curl bar tersebut.

Setelah itu, posisikan lengan lurus, tekuk, dan turunkan beban yang kamu pegang perlahan dan dengan kendali penuh sampai posisi beban itu dekat dengan kepala. Ulang terus sesuai kebutuhanmu, ya. 

Olahraga gym berat ini memang dapat dilakukan untuk semua kalangan, tetapi dengan beberapa persyaratan karena jika tubuhmu tidak mampu menanggung bebannya malah akan mencelakakan diri sendiri. Selain itu, juga ada olahraga gym untuk wanita yang tentunya lebih ringan dan sangat bagus dilakukan oleh para wanita.

 Baca Juga : Olahraga Gym Ringan yang Pas untuk Pemula


Posting Komentar untuk "Macam-Macam Olahraga Gym Berat untuk Semua Kalangan"