Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Alat Olahraga Fitnes Paling Populer dan Fungsinya

Olahraga fitnes memberikan dampak yang sangat besar terhadap kesehatan tubuh Kamu. karenanya tidak mengherankan kalau saat ini ada banyak orang yang membeli alat olahraga fitnes untuk disimpan di rumahnya masing-masing. Dampaknya memang sangat besar.

Terlebih lagi jika kita bicara dari sudut pandang dan kesehatan. Ada banyak sekali manfaat olahraga fitness bagi tubuh yang yang belum disadari orang-orang. Padahal manfaatnya ini sangat penting untuk organ-organ vital pada tubuh Kamu. Jadi jangan pernah menyepelekannya.

Alat Olahraga Fitnes dan Fungsinya

Saat ini ada banyak sekali varian alat fitnes yang bisa Kamu temukan. Pada saat Kamu melakukan gym Kamu bisa memilih salah satu diantara alat-alat fitnes ini untuk mencapai target masing-masing. Tentu Kamu harus memahami fungsi dari masing-masing alat fitnes tersebut.

Karena itulah Pada kesempatan kali ini kami akan membahas varian alat olahraga fitnes yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dan fungsinya untuk Kamu. Langsung saja, ini dia penjelasannya. 

1. Barbell

Barbel adalah alat olahraga fitnes yang bertujuan untuk menguji kekuatan Kamu. Alat vital satu ini memiliki pegangan berupa besi panjang. Di kedua sisinya diberikan beban yang bisa diubah sesuai kapasitas yang diinginkan. Fungsi dari alat olahraga fitnes satu ini juga sangat melimpah.

Fungsi utama dari barbel ini tentunya adalah meningkatkan kekuatan otot Kamu. Namun di sisi lain barbel juga memiliki khasiat untuk melatih bagian otot dada pada tubuh. Jika digunakan pada kaki barbel juga bisa melatih ketahanan otot kaki dengan baik.

2. Dumbel

Jenis alat olahraga fitnes lain yang bisa Kamu pilih adalah dumbel. Alat satu ini bentuknya menyerupai barbel. hanya saja ukurannya jauh lebih kecil. Dambel biasanya memiliki bobot antara 4 hingga 8 kg. Fungsi dari alat satu ini terhadap kebugaran tubuh juga tidak kalah melimpah.

Jika digunakan secara rutin, Penggunaan dumbel ini bisa melatih ketahanan otot besar dan otot kecil yang ada diseluruh tubuh Kamu. Terlebih lagi untuk otot yang ada pada lengan. Dambel ini menjadi alat fitnes favorit karena penggunaannya yang sangat mudah.

3. Ez Curl Bar

Alat lain yang tidak kalah direkomendasikan untuk Kamu coba adalah Ez Curl Bar. Ada yang pernah mencoba alat olahraga fitnes satu ini? Ez Curl Bar ini sendiri adalah alat fitnes dengan Ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan dumbel

Penggunaan alat fitnes jenis ini sangat efektif untuk melatih otot pada bagian lengan terutama pada bagian bicep dan tricep. Alat olahraga ini banyak digunakan oleh mereka yang sedang membentuk badannya. Penggunaannya juga sangat mudah dan bisa disesuaikan kondisi.

4. Bench

Alat olahraga fitnes selanjutnya adalah bench. Ini merupakan perangkat olahraga yang berupa tempat duduk yang begitu fleksibel. Sejauh ini ada tiga jenis bench yang biasa digunakan oleh orang-orang. Yang pertama adalah bench mendatar atau flat bench.

Kemudian ada juga bench menanjak atau incline bench. Sedangkan jenis bench yang terakhir adalah bench menurun atau biasa disebut dengan nama decline bench. Fungsi alat satu ini begitu besar, terutama dalam melatih dan membentuk otot pada lengan, bahu serta dada.

Tentunya masih ada banyak sekali varian alat olahraga fitnes yang bisa Kamu gunakan saat ini. Diantaranya adalah Abdominal Bench, Weight Plates, Weighted Bar, Static Bicycle, Leg Press Machine, dan lain-lain. Namun beberapa nama di atas adalah yang paling populer diantaranya.

Baca Juga : Manfaat Olahraga Barbel Untuk Kesehatan Tubuh


Posting Komentar untuk "Jenis Alat Olahraga Fitnes Paling Populer dan Fungsinya"