Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Gerakan Olahraga Gym Adalah

Gym merupakan pusat kebugaran tempat orang-orang melakukan olahraga. Sementara itu, olahraga gym adalah jenis olahraga yang biasanya dilakukan di gym. Walaupun begitu, beberapa gerakan atau latihan olahraga tersebut juga bisa dilakukan di rumah.

Bagi kamu yang ingin melakukan gerakan olahraga gym di rumah, kamu bisa menginstall aplikasi olahraga gym. Aplikasi olahraga akan membantu kamu dalam mencapai tujuan olahraga yang diinginkan.

Gerakan Olahraga Gym Adalah

Contoh olahraga gym adalah squat, plank, push-up, dan masih banyak gerakan olahraga lainnya. Gerakan tersebut dilakukan untuk membentuk otot tubuh bagian tertentu. Beberapa contoh gerakan olahraga yang biasanya dilakukan di gym, yaitu:

1. Plank

Plank adalah gerakan fitness yang cukup terkenal dan banyak dilakukan oleh orang yang ingin mengencangkan otot perut. Plank merupakan latihan kesimbangan dengan menfokuskan pada kekuatan otot inti. 

Selain melatih otot inti, plank juga bisa melatih otot perut, paha, lengan, dan bahu. Cara melakukan gerakan plank yaitu berbaring menghadap lantai dan tempelkan siku pada lantai mirip dengan gerakan push-up. 

Perbedaan plank dan push-up adalah kamu hanya perlu mempertahankan posisi tersebut dan tidak perlu melakukan gerakan naik turun.

2. Angkat Beban

Latihan yang terkenal sebagai olahraga gym adalah angkat beban. Angkat beban ini bisa dilakukan menggunakan berbagai alat, misalnya dumbell atau barbel. Kamu hanya memerlukan satu sampai dua buah dumbbell untuk melakukan angkat beban, baik di gym maupun di rumah. 

Ketika melakukan angkat beban, kamu harus bisa menyesuaikan berat beban dengan kemampuan dan tujuan yang ingin dicapai.

3. High Knee Running In Place

Gerakan olahraga yang bisa dilakukan di mana saja, termasuk olahraga gym adalah high knee running in place atau lari di tempat. Gerakan ini dilakukan dengan cara berlari sambil mengangkat lutut sampai posisi tertentu. 

Ketika lari di tempat kamu harus mengusahakan agar lutut selalu sejajar dengan pinggul. Jika kamu merasa kesulitan mengangkat lutut dengan tinggi, kamu juga bisa berlari menggunakan treadmill yang ada di gym. 

Agar hasil yang didapatkan maksimal sangat penting untuk tidak memaksakan diri dalam melakukan gerakan olahraga ini.

4. Step-Up

Salah satu gerakan membentuk otot kaki olahraga gym adalah step-up. Jika di gym terdapat mesin stair climber, maka kamu bisa melakukan gerakan step-up atau naik turun tangga. 

Apabila tidak ada, kamu juga bisa memanfaatkan tangga yang ada di rumah maupun bangku untuk melakukan gerakan naik turun. Untuk melakukan gerakan step-up di rumah, kamu membutuhkan kursi dan lakukan gerakan naik turun kursi. 

Saat melakukan gerakan ini kamu harus berhati-hati dan memastikan bahwa kursi yang digunakan cukup kuat untuk menahan bobot tubuh. Supaya tubuh bisa membakar lemak dengan maksimal, lakukan gerakan ini dengan cepat.

5. Tricep Dip

Untuk melatih otot tricep, kamu perlu melakukan gerakan olahraga gym adalah tricep dip. Cara melakukan gerakan tricep dip, berdiri dengan membelakangi kursi dan tempatkan tangan di atas kursi. Selanjutnya, lakukan gerakan naik dan turun dari posisi tersebut dan ulangi beberapa kali repetisi.

6. Deadlift

Untuk melakukan deadlift, kamu memerlukan beban yaitu barbel. Gerakan deadlift ini dapat dilakukan untuk mengaktifkan otot inti dan otot bagian bawah. Selain itu, kamu juga bisa membentuk otot bahu dengan gerakan deadlift. 

Bagi pemula, latihan deadlift ini harus dilakukan dengan hati-hati. Kamu bisa melakukannya menggunakan beban yang paling ringan terlebih dahulu lalu menaikkan beban jika sudah terbiasa.

 Olahraga gym adalah jenis olahraga yang biasanya bisa dilakukan di gym. Jika peralatan olahraga di gym lengkap, maka ada banyak gerakan olahraga yang dapat dilakukan. Namun, beberapa gerakan olahraga tersebut juga dapat kamu lakukan di rumah menggunakan peralatan yang dimiliki.

Baca Juga : Cara Membentuk Otot Lengan Untuk Pria dan Wanita


Posting Komentar untuk "Contoh Gerakan Olahraga Gym Adalah"