Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Angkat Beban Melatih Otot Ini Dapat Membentuk Tubuh yang Ideal dengan Cepat

Beberapa cara sudah dilakukan untuk membentuk tubuh yang ideal, mulai fitness hingga angkat beban. Tetapi terkadang pengetahuan yang kurang membuat seseorang melakukan dengan asal-asalan. Padahal andai mau tahu, angkat beban melatih otot yang satu ini dapat cepat membentuk tubuh.

Alatnya bukan jenis sepeda atau alat fitness untuk lari, hanya barbel yang bisa kamu buat sendiri dengan mengisi tanah di dalamnya. Selain alatnya yang mudah dan murah, angkat beban ini dapat kamu lakukan di rumah atau di manapun asalkan kamu membawa alatnya dan bisa digunakan angkat beban untuk wanita.

Macam-Macam Angkat Beban Melatih Otot 

Banyak sekali alasan orang-orang di luar sana yang sebenarnya malas untuk berolahraga. Anggapan tentang alat fitness atau alat olahraga mahal mengubur impian-impian setiap orang yang ingin memiliki tubuh proporsional atau dapat dikatakan idaman. 

Namun andai semua orang ingin mencari tahu, sebenarnya ingin sehat tidak perlu mahal. Karena apa, lingkungan di sekitarmu dapat kamu manfaatkan untuk dijadikan angkat beban melatih otot dalam usaha membentuk tubuh yang ideal dan bugar.

Nah, untuk itu, berikut beberapa macam angkat beban melatih otot yang perlu kamu coba agar tubuhmu terbentuk sempurna dengan begitu cepat:

1. Overhead  Barbell Press

Angkat beban melatih otot yang satu ini merupakan angkat beban yang melibatkan beberapa komponen otot. Tetapi angkat beban ini lebih menitik beratkan pada kekuatan bahu dan lenganmu. Dengan kekuatan otot dan bahumu, beban diangkat vertikal.

Namun, ada pula komponen otot lain yang digunakan untuk menyeimbangkannya yaitu otot kaki, punggung, dan perut. Jika satu kesatuan komponen tersebut tidak difungsikan, maka dapat dipastikan barbell tersebut malah akan mencederai dirimu sendiri.

Langkah-langkahnya:

 - Berdiri dengan tegak.

 - Pastikan posisi kaki lurus dan pastikan pula kedua lutut tidak tertekuk walaupun sedikit.

 - Angkat barbell dengan kedua tangan dan letakkan di depan dada lalu lebarkan kaki yang tadi berdiri lurus.

 - Angkat barbel tersebut vertikal ke atas sampai melebihi posisi kepala.

 - Lakukan berulang kali semampumu.

2. Front Barbell Raise

Angkat beban yang kedua ini berfungsi untuk meningkat Kinerja otot deltoid. Otot deltoid sendiri merupakan otot-otot yang tempatnya berada di bagian bahu. Kalau untuk melakukannya, angkat beban melatih otot ini agak sedikit berbeda.

Langkah-langkahnya:

 - Berdirilah dengan menegakkan punggungmu.

 - Lebarkan kedua kakimu selebar bahu.

 - Untuk posisi kaki, pastikan salah satu dari kaki berada di depan, sedangkan kaki satunya berada di belakang. Senyamanmu, kalau tidak nyaman pasti tidak akan betah. Misal nyaman kaki kiri yang di depan, maka kaki kanan di belakang.

 - Pegang barbel dengan kedua tangan.

 - Posisi tangan setelah memegang barbell adalah menjuntai ke bawah dengan lengan harus lurus lalu angkat barbell yang kamu pegang ke depan, setinggi bahumu. 

3. Seated Dumbbell Lateral Raise

Untuk angkat beban melatih otot yang terakhir ini kamu memerlukan bantuan dari benda lain. Karena bukan hanya dumbbell saja yang kamu perlukan, tetapi kursi pun juga diperlukan untuk melakukan angkat beban ini. 

Mengapa tidak berdiri saja? Pasti pertanyaan semacam ini terbesit di pikiranmu, tenang sudah ada jawaban yang akan menjawabnya. Tidak berdiri karena otot akan terbentuk sempurna ketika dilakukan dengan duduk.

Langkah-langkahnya:

 - Duduk dengan kedua tangan memegang dumbbell.

 - Tekuk sedikit kedua lututmu dan posisikan dudukmu tegak.

 - Angkat kedua dumbbell sejajar dengan bahu. Mengangkatnya ke samping ya, bukan ke depan. 

Lakukan 3 angkat beban melatih otot itu dulu. Baru setelahnya melakukan gerakkan lain sehingga tubuhmu akan semakin tampak sempurna. Yuk, lakukan angkat beban untuk melatih otot dan untuk membentuknya jadi lebih keren!

Baca Juga : Macam-Macam Olahraga Gym Berat untuk Semua Kalangan


Posting Komentar untuk "Angkat Beban Melatih Otot Ini Dapat Membentuk Tubuh yang Ideal dengan Cepat"