Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu Ideal Fitness Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Melakukan fitnes tentunya memberikan banyak manfaat kepada diri Kamu terutama dari segi kesehatan. Hanya saja Kamu harus memilih waktu ideal fitnes agar dampak dari olahraga tersebut bisa maksimal terhadap tubuh. Jangan sampai sembarangan dalam melakukannya.

Terlebih lagi untuk Kamu yang memiliki alat fitnes di rumah. Tentu Kamu memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan olahraga. Namun Kamu tetap tidak boleh sembarangan saat hendak melakukannya karena bisa jadi salah pemilihan waktu malah berdampak buruk terhadap kesehatan.

5 Waktu Ideal Fitnes

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli, ada 5 Waktu ideal fitness yang bisa Kamu pilih. Sudah tentu jika Kamu melakukan olahraga pada waktu-waktu tersebut dampaknya terhadap kesehatan akan jauh lebih baik.

Sayangnya tidak semua orang memahami hal ini. Mereka cenderung melakukan olahraga kapanpun mereka. Padahal jika kita semua bisa mendapatkan dampak positif dan maksimal, Kenapa harus memilih waktu yang lain? Ini dia pilihan waktu ideal fitnes tersebut.

1. Pagi hari

Waktu ideal yang pertama adalah pagi hari.  hal ini berdasar pada penelitian yang sudah dilakukan oleh sebuah klinik bernama Mollen Clinic di kawasan Arizona, Amerika Serikat. Setelah dilakukan penelitian panjang kemudian ditemukan kesimpulan.

Intinya Peneliti pada klinik tersebut mengungkapkan kalau olahraga di pagi hari sangat berdampak besar terhadap kesehatan. Terlebih dari sisi semangat. Olahraga pagi hari bisa meningkatkan determinasi Kamu untuk beraktivitas pada hari tersebut.

2. Sore Hari

Waktu Ideal Fitnes lainnya adalah sore hari. Terutama pada kisaran pukul 4 hingga pukul 5 sore. Pada jam-jam tersebut, kondisi tubuh manusia berada pada puncaknya. Jadi bisa dibilang pada waktu tersebut tubuh manusia berada pada fase puncaknya.

Pada waktu ini pula otot-otot tubuh manusia berada pada kondisi yang sangat fleksibel dan memancarkan energi yang sangat besar. Ini tentu saja membuat tubuh Kamu jauh lebih mudah untuk menyesuaikan diri saat berolahraga.

3. Malam Hari

Waktu terbaik lain yang bisa Kamu pilih sebagai Waktu Ideal Fitnes adalah malam hari. Terutama pada kisaran pukul 7 malam hingga pukul 8 malam. Pada waktu-waktu ini tubuh Kamu memang sangat perlu beristirahat. 

Namun jika kemudian Kamu melakukan olahraga, Kamu bisa jauh lebih mudah untuk tidur nyenyak. Tidak hanya itu saja, berolahraga pada jam-jam tersebut juga bisa membuat perkembangan otot tubuh menjadi jauh lebih sempurna dibandingkan jika tidak berolahraga.

4. Pada saat Terserang Flu

Percaya atau tidak, Waktu Ideal Fitnes lainnya adalah pada saat Kamu terserang flu. Pada momen tersebut, tubuh Kamu berpotensi untuk mengalami proses penyembuhan dengan waktu yang lebih cepat. Namun porsi olahraganya juga harus disesuaikan dengan kondisi.

Hal ini berdasar pada penelitian yang dilakukan oleh Thomas G. Weidner. Seorang profesor di Ball State University. Berdasarkan hasil penelitian, dia menyimpulkan kalau tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin atau hormon kebahagiaan saat berolahraga.

5. Saat sedang Lelah

Waktu Ideal Fitnes lainnya adalah pada saat Kamu sedang merasa lelah karena sudah menjalankan aktivitas sehari-hari. Percaya atau tidak, melakukan olahraga pada momen seperti ini akan memungkinkan Kamu untuk kehilangan rasa lelah tersebut.

Berdasarkan riset dari Jenn Burke, didapat kesimpulan kalau olahraga pada saat merasa lelah justru akan memberikan Kamu energi tambahan yang tidak terduga. Dengan kesimpulan Waktu Ideal Fitnes ini, tak heran kalau banyak orang melakukan fitness setelah pulang kerja.

Baca Juga : Olahraga Fitnes yang Benar Menurut Para Profesional

Posting Komentar untuk "Waktu Ideal Fitness Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui"