Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiga Jenis Makanan Diet Fitness yang Membantu Membentuk Otot

Anda mungkin pernah merasakan meski sudah berolahraga secara keras dan teratur, tubuh Anda tidak membentuk massa otot sama sekali. Hal ini bisa terjadi bukan karena olahraga yang Anda lakukan kurang keras, melainkan karena Anda tidak mengkonsumsi makanan diet fitness yang tepat. 

Tiga Jenis Pola Makanan Diet Fitness untuk Membesarkan Otot

1. Diet Tinggi Protein

Diet tinggi protein saat sedang menjalani fitness pembentukan massa otot memang sudah lama dikenal sangat baik untuk membantu memperoleh otot yang besar dan keras. Protein sendiri adalah komponen utama pada sel-sel yang menyusun tubuh. 

Menurut penelitian yang diterbitkan pada jurnal internasional nutrisi, seseorang setidaknya membutuhkan 1,6 gram asupan protein setiap kg berat badan untuk menambah massa otot. Sehingga, untuk seseorang dengan bobot badan 50 kg, jumlah protein setiap hari yang harus dikonsumsi adalah 80 gram. 

Selain itu, protein juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk hormon dan enzim yang bermanfaat bagi kinerja sistem pada tubuh. 

Berikut menu diet tinggi protein yang bisa dicoba:

a. Pagi hari, konsumsi setidaknya 3 butir telur, 1 buah pir dan selembar roti gandum diolesi selai kacang

b. Siang hari, konsumsi 1 buah apel, sepotong salmon dengan olesan minyak zaitun serta sayur hijau

c. Malam hari, konsumsi sepotong daging sapi, nasi merah dan ubi rebus

2. Diet Paleo

Diet paleo diinspirasi oleh diet makanan yang dilakukan oleh manusia di zaman Paleolitikum. Pada saat itu, manusia mengkonsumsi beragam makanan segar yang berasal langsung dari alam seperti ikan, kacang, daging, buah, dan sayur-mayur yang sangat sehat dan diperoleh dengan cara alami.

Karena diinspirasi oleh diet di era Paleolitikum, diet paleo sangat melarang konsumsi makanan modern yang sangat identik dengan makanan instan dan kemasan. Oleh karena itu, dalam diet paleo tidak diperbolehkan konsumsi produk olahan. 

Anda juga diminta untuk membatasi konsumsi produk yang dibuat di pabrik seperti gula pasir, gandum, garam, beberapa jenis minyak nabati dan pemanis buatan. Selain itu, tidak semua sumber protein boleh dikonsumsi jika sedang menjalani diet paleo.

Meski begitu, sumber protein alami seperti biji-bijian, kacang-kacangan dan daging segar tetap bisa dikonsumsi.

Berikut daftar menu diet paleo yang bisa dicoba:

a. Pagi hari, konsumsi sebanyak 2 butir telur, 1 potong buah dan salad 

b. Siang hari, konsumsi roti isi sayur dan daging dicampur kacang sebanyak satu genggaman tangan

c. Malam hari, konsumsi buah-buahan, sayur, tumis daging sapi dan ubi panggang.

3. Diet Keto

Diet keto merupakan jenis diet yang mengurangi karbohidrat dan tinggi lemak. Dengan konsumsi rendah karbohidrat, maka tubuh akan terstimulasi untuk membakar lebih banyak lemak yang digunakan sebagai sumber energi pengganti karbohidrat. 

Dengan adanya peralihan pembakaran karbohidrat menjadi lemak, maka tubuh sedang berada di fase ketosis. Jenis makanan yang bisa dikonsumsi saat diet keto adalah sumber protein hewani dan nabati, sayuran rendah kandungan karbohidrat. 

Berikut daftar menu diet keto:

a. Pagi hari, konsumsi sebanyak 2 butir telur, 1 tomat dan omelet keju 

b. Siang hari, konsumsi susu almond, salad ayam diolesi minyak zaitun

c. Malam hari, konsumsi sayur, tumis daging sapi dan keju.

Tiga jenis pola makanan diet fitness berupa diet tinggi protein, diet paleo dan diet keto dapat membantu pembentukan massa otot jika dibarengi dengan pola hidup sehat.

Apabila pola olahraga dan pola makan yang Anda jalani sudah tepat, maka Anda akan mendapatkan massa otot besar dan padat yang diinginkan. 

Baca Juga : Makanan Diet Fitness Sehat Sesuai Jenis Nutrisinya

Posting Komentar untuk "Tiga Jenis Makanan Diet Fitness yang Membantu Membentuk Otot"