Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Pola Konsumsi Makanan Diet Fitness yang Tepat

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, selain harus berolahraga secara rutin juga harus diimbangi oleh konsumsi makanan diet fitness dengan pola yang tepat. Konsumsi makanan sehat dengan pola yang tepat dapat membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. 

Proses metabolisme dalam tubuh yang meningkat akan berefek baik terhadap kesehatan tubuh karena proses pembakaran lemak meningkat. Lemak pun akan digantikan menjadi protein untuk membentuk massa otot dan menstimulasi pertumbuhan. Berikut panduan pola makan sesuai kondisi dan tujuan fitness:

Panduan Pola Konsumsi Makanan Diet Fitness untuk Pemula 

Saat menjalankan diet fitness, Anda disarankan konsumsi makanan sebanyak lima kali dalam sehari. Berikut pola makan yang disarankan:

1. Jadwal Makan Pertama

Disarankan untuk makan pagi pada pukul 7. Daftar makanan yang dikonsumsi terdiri dari 2 telur ayam rebus sebagai sumber protein, sepertiga piring oatmeal, 1 cangkir yoghurt, serta setengah cangkir blueberry. 

2. Jadwal Makan Kedua

Disarankan untuk makan ringan di pukul 10 atau setengah 11 pagi. Daftar makanan yang disarankan adalah ¾ gelas jus berry, sepertiga susu skim dicampur bubuk kakao satu sendok teh dengan 2 sendok susu protein tinggi, air mineral.

3. Jadwal Makan Ketiga

Makan siang disarankan dilakukan pada pukul 1 siang. Daftar makan siang bisa terdiri dari daging sapi sebanyak 80 gram, burger diolesi satu sendok mayonnaise dan dua lembar keju, selada dua lembar.

4. Jadwal Makan Keempat

Makan selanjutnya disarankan pada pukul 5 sore. Susunan makanan yang disarankan adalah sumber karbohidrat sebanyak 50 gram serta protein sebanyak 30 gram. Anda bisa konsumsi whey dan susu protein yang kandungan karbohidrat serta proteinnya setara. 

5. Jadwal Makan Kelima

Konsumsi makan kelima dilakukan pada pukul 20.00. Daftar makanan yang dikonsumsi adalah beras merah yang direbus dan dicampur olive oil, udang dan sayur hijau.

Bagi Anda yang masih pemula dalam menjalankan diet fitness sehat, maka ada beberapa penyesuaian pola makan yang harus Anda lakukan dari pola sebelumnya ke pola baru. Porsi makan diet fitness sehat bagi pemula disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang sehingga dapat berbeda-beda. 

Panduan Pola Konsumsi Makanan Diet Fitness untuk Membentuk Otot 

Saat menjalankan olahraga untuk membentuk otot, Anda disarankan konsumsi makanan sebanyak enam kali sehari. Berikut pola makan yang disarankan:

1. Jadwal Makan Pertama

Makan pagi dilakukan pada pukul 7. Daftar makanan yang dikonsumsi adalah 3 putih telur ayam rebus, dua potong roti ditambah segelas susu, dan satu buah apel. 

2. Jadwal Makan Kedua

Makan kedua dilakukan di pukul 10. Daftar makanan yang disarankan adalah susu skim berisi ekstrak buah berry, ditambah serbuk kokoa, dan smoothie kaya protein.

3. Jadwal Makan Ketiga

Makan ketiga adalah makan siang dilakukan pada pukul 13.00. Daftar makan siang terdiri dari daging sapi sebanyak 80 gram, tomat satu iris, dua potong roti diolesi satu sendok mayonnaise. 

4. Jadwal Makan Keempat

Makan selanjutnya pada pukul 4 sore. Susunan makanan yang disarankan adalah protein sebanyak 30 gram dan susu protein mengandung 50 gram karbohidrat.

5. Jadwal Makan Kelima

Makan kelima dilakukan di jam 19.00. Susunan makanan adalah dada ayam, beras merah dengan sayur hijau. 

6. Jadwal Makan Keenam

Makan keenam pada pukul 21.00 terdiri dari brokoli dan dada ayam.

Inti dari kesuksesan konsumsi makanan bagi pemula diet fitness ataupun untuk membentuk otot adalah pemilihan jenis makanan tersebut. Anda disarankan untuk konsumsi makanan kaya akan protein serta antioksidan. Sementara untuk konsumsi makanan mengandung karbohidrat sebaiknya sedikit dikurangi. 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Makanan Diet Fitness untuk Persiapan Olahraga


Posting Komentar untuk "Panduan Pola Konsumsi Makanan Diet Fitness yang Tepat"