Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Diet Fitness Sehat Sesuai Jenis Nutrisinya

Meski sedang menjalani diet, bukan berarti Anda tidak mengkonsumsi makan sama sekali. Sebaliknya, diet yang sehat adalah diet yang dibarengi dengan olahraga serta konsumsi makanan kaya nutrisi. Konsumsi makanan diet fitness setelah berolahraga atau saat diet akan menstimulasi metabolisme tubuh.

Rekomendasi Makanan Diet Fitness Sesuai Jenis Nutrisi

1. Karbohidrat

Sesudah berolahraga, Anda disarankan untuk mengkonsumsi sebanyak 1,1 hingga 1,5 gram karbohidrat per kg berat badan. Segera konsumsi karbohidrat setidaknya setelah 30 menit selesai berolahraga untuk menstimulasi produksi glikogen otot yang telah pecah ketika olahraga. 

Konsumsi karbohidrat pada 1 sampai 3 jam setelah berolahraga ternyata juga dapat menstimulasi pembentukan protein. Meski begitu, ternyata tidak semua jenis karbohidrat dapat dikonsumsi. Anda disarankan konsumsi karbohidrat yang lebih mudah diserap tubuh dan dicerna. 

Karbohidrat yang dapat dikonsumsi beserta kandungan karbohidratnya adalah:

  • a. Kentang, mengandung karbohidrat sebanyak 37 gram setiap satu buahnya
  • b. Ubi Manis, mengandung karbohidrat sebanyak 24 gram setiap satu buahnya
  • c. Oatmeal, mengandung karbohidrat sebanyak 34 gram setiap satu buahnya

2. Protein

Selain karbohidrat, nutrisi yang tidak kalah pentingnya atau malah diwajibkan untuk banyak dikonsumsi saat diet atau sesuah menjalani fitness adalah protein. Protein sangat bermanfaat dalam memperkuat tubuh ketika akan menjalani olahraga.

Bahkan, protein dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi atlet berat yang rutin berolahraga. Anda disarankan untuk mengkonsumsi sebanyak 1 gram protein per kg berat badan. Apabila rutinitas olahraga yang dijalani cukup berat, maka jumlah protein yang dikonsumsi pun harus meningkat.

Sumber protein yang disarankan untuk dikonsumsi adalah:

  • a. Telur, mengandung protein sebanyak 13 gram/100 gramnya
  • b. Daging merah, mengandung protein sebanyak 25 sampai 40 gram/100 gramnya
  • c. Susu, mengandung protein sebanyak 8 gram/250 ml
  • d. Daging ayam, mengandung protein sebanyak 31 gram/100 gramnya

3. Vitamin

Apabila Anda sedang menjalani diet ataupun setelah berolahraga, Anda disarankan untuk banyak mengkonsumsi sumber vitamin seperti buah dan sayur. Vitamin yang disarankan untuk dikonsumsi terutama Vitamin sumber antioksidan tubuh seperti vitamin E dan C.

Antioksidan sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh setelah berolahraga ataupun saat diet yang sangat rentan kekurangan nutrisi. 

Berikut sumber vitamin yang baik untuk dikonsumsi:

  • a. Sayur-sayuran hijau seperti bayam, selada dan brokoli
  • b. Buah sitrus seperti lemon dan jeruk
  • c. Buah tomat, paprika merah, timun

4. Lemak

Anda memang tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan tinggi lemak terutama setelah berolahraga. Hal ini karena lemak dapat memperlambat proses terserapnya makanan ke dalam tubuh meski memang tidak akan menurunkan manfaat dari makanan yang lain. 

Meski begitu, ada beberapa sumber lemak yang baik untuk dikonsumsi bahkan setelah berolahraga. Sumber lemak yang baik dikonsumsi setelah berolahraga adalah yang berasal dari sayur dan buah seperti alpukat dan kacang-kacangan. 

5. Air

Konsumsi air segera setelah berolahraga sangat penting untuk memastikan tubuh tidak dehidrasi apalagi mengingat tubuh akan berkeringat berlebih saat berolahraga. Tidak segera mengganti kekurangan air dalam tubuh setelah berolahraga justru membuat tubuh menjadi tidak bertenaga.

Jumlah air minum terutama air putih yang harus dikonsumsi adalah 1,5 L per kg berat badan yang hilang. 

Pentingnya konsumsi makanan sehat dengan pola teratur saat diet dan olahraga adalah untuk mengganti nutrisi tubuh yang hilang setelah olahraga dan diet. Selain itu, dengan konsumsi makanan diet fitness yang tepat, maka akan meningkatkan metabolisme tubuh untuk membentuk massa tubuh menjadi otot.

Baca Juga : Konsumsi Makanan Diet Fitnes Ini untuk Membentuk Otot Tubuh Optimal



Posting Komentar untuk "Makanan Diet Fitness Sehat Sesuai Jenis Nutrisinya"