Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Olahraga Gym untuk Wanita yang Paling Recomended

Sebagai wanita tentu kamu selalu ingin menjaga tubuhmu. Sampai-sampai ada sedikit saja gumpalan lemak entah itu di pipi atau di perut membuatmu susah tidur. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, macam-macam olahraga gym untuk wanita yang paling recomended ini adalah jawaban yang tepat.

Karena dengan gym, kamu akan dapat menghilangkan gumpalan-gumpalan lemak itu. Tetapi perlu kamu ingat, gym untuk wanita dan pria itu berbeda. Jangan membawa-bawa emansipasi dalam kegiatan gym ini. Memang sih untuk hak sama, tetapi faktanya untuk ketahanan tubuh tentu berbeda.

Macam-Macam Olahraga Gym untuk Wanita

Jika kamu termasuk wanita golongan pejuang emansipasi dapat dimaklumi apabila kamu ngotot bertanya-tanya mengapa olahraga gym untuk wanita dan pria berbeda. Namun, adakalanya kamu juga harus memaklumi keadaan dan kondisi tubuhmu sendiri.

Karena susunan tubuh wanita dan pria itu berbeda, makanya para ahli kesehatan membedakan pula olahraganya. Setelah memahami dan mau menerimanya, sebaiknya kamu menyimak beberapa olahraga gym untuk wanita yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan gumpalan lemak tersebut:

1. Squat Thruster

Olahraga gym untuk wanita yang satu ini tergolong ringan dan termasuk olahraga gym ringan. Selain itu, gerakkan ini juga memerlukan dumbell. Tujuan dari gerakkan ini untuk membentuk atau menghilangkan lemak di bagian bahu, lengan, dan otot Pantat 

Untuk gerakannya:

 - Kamu angkat terlebih dulu dua dumbel dengan kedua tanganmu.

 - Lalu posisikan tanganmu di bawah dagu. Jangan lupa tekuk kedua kaki seperti posisi squat jump.

 - Nah, setelah memosisikan dengan benar, rendahkan posisi pantat lebih rendah dari lutut.

 - Tahan selama kurang lebih 5 detik. 

 - Usai 5 detik bergulir, angkat dumbel ke atas sampai posisi bahu dan kaki lurus.

 - Ulangi berkali-kali sesuai dengan kebutuhanmu.

Catatan penting yang juga perlu kamu perhatikan, gerakkan ini dapat kamu lakukan bergantian. Misalnya kamu ingin memilih melatih bagian kiri terlebih dulu dan kanannya nanti. Itu juga diperbolehkan.

2. Deadlift Upright Row

Sedangkan yang kedua ini merupakan gerakan yang bertujuan untuk memperkencang bagian otot lengan, bahu, dan punggung bagian atas. Jadi jika kamu melihat lengan atau bahumu sudah agak gemukkan, olahraga gym untuk wanita yang ini dapat kamu lakukan.

Tetapi untuk berat dari dumbell jangan terlalu berat karena tidak akan memuaskan hasilnya dan malah akan mencederai tubuhmu sendiri. Beratnya beban dumbell yang dianjurkan untuk kamu gunakan adalah 6 kg. Ingat itu maksimal ya, jadi jangan melebihinya.

Untuk detail gerakannya yuk simak ulasan di bawah ini:

 - Genggam pegangan dumbel yang ada di depan atau di mana pun.

 - Posisikan tangan kanan dan dumbel tepat di depan dada. Lalu ubah posisi pergelangan tangan seperti menggantung dengan telapak tangan menjutai mengarah ke kaki.

 - Bungkukkan tubuhmu sedikit. Seperti posisi rukuk. 

 - Tarik tangan kananmu sampai tubuhmu ikut berdiri tegak.

3. Overhead Extention

Olahraga gym untuk wanita yang ketiga ini memiliki kegunaan untuk melatih otot trisep. Lalu apa itu otot tripsep? Otot tripsep merupakan otot bagian belakang lengan atas.

Biasanya buat wanita yang masih kerap menggunakan lengannya untuk menggendong bayi, gerakkan ini cocok. Karena dengan melakukan gerakkan ini, maka otot lengan dan otot tripsep akan terlatih dengan sempurna dan tidak mudah merasakan pegal-pegal.

Gerakannya:

 - Berdirilah dengan memosisikan kaki melebar selebar pinggul dan tekuk lututmu sedikit. 

 - Lakukan gerakkan tersebut sembari menggenggam dumbell dengan kedua tanganmu.

 - Untuk posisi dumbell vertikal ke atas lurus di atas kepala ya. Jaga pergelangan tangan supaya tetap lurus.

 - Tekuk sikumu dan turunkan dumbell yang kamu pegang secara vertikal. Ketika menurunkan dumbell, posisikan lengan atas harus dekat dengan kepalamu dan posisi siku mengarah ke langit-langit. 

Dengan olahraga gym untuk wanita, kamu bisa menjaga tubuhmu dan membentuk ototmu supaya tidak mudah cidera dan lemak-lemak jahat tidak menggumpal di bagian tubuhmu.

Baca Juga : Tidak Perlu Susah-susah, Beginilah Tips Memilih Tempat Fitness


Posting Komentar untuk "Macam-Macam Olahraga Gym untuk Wanita yang Paling Recomended"