Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Penting yang Harus Anda Pahami Terkait Makanan Diet Fitness

Berolahraga secara rutin memang sangat penting. Olahraga dapat membantu Anda memelihara kesehatan dan membentuk otot-otot di tubuh menggantikan lemak. Sayangnya, banyak orang yang mengira bahwa diet sama dengan tidak makan. Padahal, mengkonsumsi makanan diet fitness menjadi kunci kesuksesan.

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu terkait konsumsi makanan saat menjadi diet dan sesudah berolahraga.

Saat Tepat untuk Makan Sesudah Berolahraga

Ketahui waktu yang tepat untuk mengkonsumsi makanan diet fitness sesudah berolahraga untuk membantu membentuk otot-otot di tubuh Anda. Sudah ada banyak riset yang dilakukan untuk mencari waktu yang tepat untuk makan setelah berolahraga. 

Para ilmuwan menemukan bahwa ternyata waktu terbaik untuk makan sesudah berolahraga adalah saat anabolic window. Istilah anabolic window adalah saat dimana tubuh dapat membentuk kembali protein otot dan juga glikogen pada tubuh yang sudah terpecah saat Olahraga

Waktu anabolic window adalah selama satu hingga tiga jam sesudah olahraga. Sehingga waktu terbaik untuk mengkonsumsi makanan adalah satu sampai tiga jam sesudah berolahraga. Sementara jika Anda makan lewat dari jam tersebut, maka metabolisme tubuh justru sudah turun setengahnya.

Pola Makan yang Tepat Bagi Orang Fitness

1. Makan Sebanyak Lima sampai Enam Kali Sehari

Berbeda dengan resep makan pada umumnya yang menyarankan makan tiga kali sehari. Bagi orang fitness, mereka disarankan untuk mengkonsumsi makanan sebanyak 5 atau 6 kali sehari. Namun, makanan yang dikonsumsi tidak perlu makanan berat, cukup makanan ringan saja.

Tujuannya adalah agar kadar gula yang ada di dalam tubuh tetap terjaga. Hal ini mengingat saat berolahraga, maka kadar gula dalam darah akan berkurang drastis. Dengan menjaga kadar gula dalam darah, maka otot pun dapat berkembang serta proses metabolisme tubuh akan meningkat.

2. Memperbanyak Konsumsi Protein

Makanan diet fitness yang disarankan terdiri dari lebih banyak protein ketimbang nutrisi lainnya. Tujuan konsumsi lebih banyak protein pada makanan adalah untuk meningkatkan massa otot serta menstimulasi pertumbuhan pada tubuh.

Disarankan untuk mengkonsumsi protein setiap beberapa jam sekali di saat tubuh memproduksi hormon untuk membakar lemak. Protein yang disarankan untuk dikonsumsi adalah yang rendah lemak atau bahkan tidak berlemak seperti dada ayam, ikan laut, daging sapi rendah lemak serta sumber protein nabati.

3. Tetap Mengkonsumsi Karbohidrat

Banyak orang salah kaprah ketika diet justru tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali dan menggantinya dengan protein ataupun sumber energi lainnya. Padahal, tubuh tetap membutuhkan karbohidrat yang dapat membantu menstimulasi pembentukan otot dengan lebih cepat. 

Karbohidrat sendiri dibagi menjadi dua macam yakni karbohidrat kompleks dan simpleks. Karbohidrat simpleks adalah jenis karbohidrat dengan kecepatan daya serap tinggi, contohnya nasi. Karena kecepatan daya serapnya tinggi, maka gula dalam darah akan naik dengan cepat setelah konsumsi nasi.

Sementara karbohidrat kompleks lebih banyak mengandung serat. Contoh sumber karbohidrat kompleks seperti oatmeal, jagung, nasi merah dan kentang. Anda yang sedang menjalani diet dan fitness sangat disarankan untuk mengkombinasikan konsumsi kedua sumber karbohidrat ini. 

4. Mengkonsumsi Makanan Segar

Agar program diet ataupun fitness membentuk otot Anda berhasil, Anda disarankan untuk tidak atau mengurangi konsumsi makanan olahan. Hal ini mengingat makanan olahan memiliki kandungan nutrisi yang sudah sangat rendah atau bahkan rusak. Sebaiknya konsumsi makanan yang masih segar saja.

Konsumsi makanan yang tepat setelah berolahraga dapat membantu mensukseskan program diet dan olahraga Anda. Tingkatkan pula konsumsi cairan selama menjalani program diet dan fitness agar tidak mengalami dehidrasi.

Baca Juga : Panduan Pola Konsumsi Makanan Diet Fitness yang Tepat

Posting Komentar untuk "Hal Penting yang Harus Anda Pahami Terkait Makanan Diet Fitness"