Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerakan Olahraga Dengan Barbel Untuk Otot Lengan yang Kuat

Untuk memaksimalkan hasil latihan otot pada lengan, kamu bisa menggunakan barbel dalam latihan. Ada beberapa gerakan olahraga dengan barbel yang dapat kamu lakukan untuk melatih otot tubuh, termasuk otot lengan.

Ada banyak manfaat olahraga barbel yang bisa kamu dapatkan selain membentuk otot. Banyak perempuan yang takut olahraga beban, karena takut ototnya membesar. Namun, ternyata massa otot yang semakin besar juga akan meningkatkan kualitas dalam metabolisme tubuh.

Gerakan Olahraga Dengan Barbel

Supaya otot lengan bisa terbentuk secara optimal, kamu perlu melakukan gerakan olahraga dengan barbel. Barbel adalah alat olahraga yang multifungsi dapat dipakai untuk melatih berbagai jenis otot tubuh. Berikut beberapa gerakan yang dapat kamu lakukan menggunakan barbel:

1. Front Raise dan Barbel Lateral

Untuk menguatkan otot lengan dan bahu lakukan gerakan front raise dan barbel lateral. Pertama, berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Pegang barbel untuk masing-masing tangan. 

Setelah itu, secara perlahan-lahan naikkan lengan ke arah samping sampai sejajar dengan bahu dan turunkan tangan ke Posisi awal. Gerakan ini merupakan gerakan lateral raise. Setelah gerakan lateral raise, kamu bisa melanjutkan gerakan front raise. 

Gerakan olahraga dengan barbel front raise memiliki gerakan yang sama dengan lateral raise, namun kedua tangan mengangkat barbel sampai setinggi bahu dan turunkan sampai ke posisi semula. 

Lakukan gerakan front raise dan barbel lateral masing-masing sebanyak 15 kali dalam 2 set.

2. Tricep Extension

Gerakan tricep extension memiliki manfaat untuk membangun kekuatan otot trisep dan bahu. Cara melakukan gerakan ini juga cukup mudah namun harus dilakukan dengan benar. Pertama, duduk di kursi dengan memposisikan badan secara tegap. 

Selanjutnya, pegang barbel menggunakan dua tangan dan angkat tangan sampai melewati atas kepala lalu posisikan di belakang kepala. Posisi siku harus menekuk. Angkat barbel ke atas kepala dengan menguatkan otot dan kembali lagi ke posisi pada belakang kepala. 

Supaya otot bahu dan trisep bisa terbentuk, lakukan gerakan ini sampai 15 kali.

3. Shoulder Press

Berbeda dengan gerakan sebelumnya, gerakan olahraga dengan barbel shoulder press adalah gerakan mengangkat barbel ke arah atas. Gerakan ini dilakukan dengan cara angkat barbel menggunakan kedua tangan ke atas bahu dan angkat lagi ke atas kepala. 

Shoulder press merupakan latihan yang efektif dalam melatih otot bahu dan trisep.

4. Lying Fly

Untuk melakukan gerakan olahraga dengan barbel lying fly, kamu membutuhkan bangku fitness. Hal ini dikarenakan gerakan dilakukan dengan cara berbaring di atas bangku yang datar. 

Pertama, posisikan diri dengan berbaring di atas bangku dengan kedua kaki yang menapak lantai dengan kedua tangan diposisikan di depan dada sambil memegang barbel dan buka lengan ke arah samping. 

Latihan ini bagus dilakukan untuk melatih otot dada. Berbeda dengan dumbbell bench press, gerakan ini tidak melibatkan otot trisep.

5. Upright Row

Latihan upright row memiliki manfaat untuk melatih otot bahu seperti gerakan shoulder press. Selain itu, gerakan olahraga dengan barbel upright row juga bisa dilakukan untuk melatih otot punggung. 

Cara melakukan gerakan upright grow yaitu dengan memposisikan kedua tangan di depan paha sambil memegang barbel, angkat barbel hingga ke depan bahu sampai kedua lengan tertekuk ke arah samping. Ulangi sebanyak 15 sampai 20 kali gerakan.

Ada banyak gerakan olahraga dengan barbel yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh otot lengan yang besar. Supaya hasilnya maksimal, tentu kamu harus melakukan gerakan tersebut dalam beberapa set dan repetisi maupun menambah beban barbel untuk melatih kekuatan otot.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Paha (Dengan Fitness) yang Bisa Dilakukan di Gym dan Rumah

Posting Komentar untuk "Gerakan Olahraga Dengan Barbel Untuk Otot Lengan yang Kuat"