Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menaikkan Berat Badan yang Benar Menurut Dokter

Di saat orang lain berusaha untuk menaikkan berat badan, ternyata ada banyak juga orang yang mencari cara menaikkan berat badan. Tentu saja hal ini dipicu oleh berbagai alasan. Dari mulai penampilan yang terasa kurang maksimal, hingga didera sakit berkepanjangan. 

Sebagian orang berpikir kalau menaikkan berat badan itu jauh lebih mudah dibandingkan dengan menurunkan berat badan. Padahal pendapat ini sepenuhnya salah. Keduanya tidak ada yang mudah untuk dilakukan. Butuh usaha yang maksimal untuk mewujudkannya.

Cara Menaikkan Berat Badan yang Sehat

Kalau anda termasuk orang yang berbadan kurus dan sulit untuk menambah berat badan, tak usah khawatir. Ternyata ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Namun pastikan untuk melakukannya dengan benar dan sesuai dengan anjuran dokter agar tidak ada resikonya. Ini dia penjelasan selengkapnya!

1. Makan lebih sering

Orang yang badannya kurus biasanya lebih cepat kenyang dibandingkan mereka yang badannya gemuk. Untuk menyiasati hal ini, makanlah lebih sering. Tetap jaga porsi makan anda, namun lakukan hal tersebut dalam intensitas yang lebih sering.

Jadi kalau anda terbiasa makan 2 kali sehari, anda bisa menambah jam makan menjadi 4 atau 5 kali sehari. Cara ini terbukti ampuh untuk menaikkan berat badan dengan cepat. Yang paling penting, konsumsi selalu makanan sehat. 

2. Pilih makanan kaya nutrisi

Seperti sudah kita bahas sebelumnya, cara terbaik untuk menaikkan berat badan ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Ada banyak sekali varian makanan yang bisa dipilih saat ini. Tentu saja makanan seperti daging atau makanan kaya protein lainnya sangat direkomendasikan.

Konsumsi juga jenis makanan lain yang tidak kalah berkhasiat untuk menaikkan bobot tubuh seperti sayuran dan buah-buahan, susu dan berbagai jenis produk olahannya, serta kacang-kacangan. Pastikan untuk mengkonsumsinya secara rutin.

3. Konsumsi Milkshake atau Smoothies

Mengkonsumsi Milkshake secara rutin juga merupakan cara menaikkan berat badan anda secara signifikan. Minuman satu ini jauh lebih baik dibandingkan anda mengkonsumsi kopi, soda atau berbagai jenis minuman tinggi kalori lainnya.

Dalam penyajiannya, anda bisa menjadikan buah dan susu beku sebagai dasar dari smoothie tersebut. Kemudian tambahkan flaxseed atau potongan besar kacang almond di atasnya untuk melengkapi kadar gizi yang ada pada smoothie tersebut. Kedua jenis topping tersebut memiliki kadar protein yang tinggi.

4. Pilih makanan padat kalori

Cara lain yang juga bisa anda pilih adalah mengkonsumsi makanan padat kalori. Ada banyak sekali jenis makanan padat kalori yang bisa anda pilih. Diantaranya adalah mengkonsumsi kacang-kacangan yang sudah diolah menjadi selai, atau buah-buahan kering.

Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi alpukat dan buah mangga. Kedua jenis buah tersebut memiliki kadar kalori yang sangat tinggi. Para pakar kesehatan juga sangat merekomendasikan orang-orang untuk mengkonsumsi jenis buah dan kacang-kacangan tersebut secara rutin.

5. Pilih waktu terbaik untuk minum

Pada sebagian orang, ada yang lambungnya kenyang hanya karena minum saja. Kalau anda termasuk orang yang seperti ini, sebaiknya pilih waktu terbaik untuk minum. Pastikan untuk makan terlebih dahulu sebelum minum agar anda tetap mendapatkan asupan kalori yang memadai.

Kalau sulit untuk menyesuaikannya, anda juga bisa mengkonsumsi banyak minuman dengan kadar kalori yang tinggi seperti misalnya jus buah-buahan. Jus buah seperti ini memiliki kadar kalori yang tinggi sekaligus menghilangkan dahaga anda.

Agar hasilnya lebih maksimal, pastikan untuk melakukan semua cara menaikkan berat badan di atas dengan sabar karena tidak ada orang sehat yang gemuk secara tiba-tiba. Jangan lupa juga untuk berolahraga secara teratur agar badan anda tetap bugar. 

Baca Juga : 5 Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Efek Samping

Posting Komentar untuk "Cara Menaikkan Berat Badan yang Benar Menurut Dokter"