Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menaikkan Berat Badan Pasca Sakit

Setelah sakit, biasanya berat badan kita berkurang dengan signifikan. Terlebih kalau sakitnya berkepanjangan. Namun Anda tak perlu khawatir karena ternyata ada beberapa cara menaikkan berat badan paling ampuh yang bisa dilakukan untuk mengembalikan bobot Anda seperti sedia kala.

Tentunya cara-cara yang kami berikan ini sudah sesuai dengan anjuran Dokter karena Anda tidak boleh kembali sakit akibat konsumsi makanan yang salah. Tenang saja, cara menambah berat badan ini sama sekali tidak sulit dan bisa Anda lakukan sekarang juga.

Cara menaikkan berat badan setelah sakit

Untuk menaikkan berat badan dalam waktu singkat, tentu saja ada beberapa hal yang harus dilakukan dari mulai konsumsi makanan sehat hingga aktivitas olahraga secara rutin. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat. Dalam hal meningkatkan bobot tubuh, tentu saja jenis makanan yang dikonsumsi juga harus pilihan. Jangan pilih makanan sembarangan. Pastikan Anda hanya mengkonsumsi makanan sehat. 

Contoh makanan sehat untuk menambah berat badan tubuh adalah daging, telur, berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, serta kacang-kacangan. Ada banyak zat bermanfaat yang terkandung di dalamnya dari mulai kalori, lemak, protein dan vitamin.

Perbanyak Konsumsi Susu

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menambah berat badan adalah memperbanyak konsumsi susu. Susu ini memiliki kadar protein dan kalsium yang sangat tinggi. Selain bisa mempercepat pemulihan Anda setelah sakit, ternyata susu juga berkhasiat untuk menaikkan bobot tubuh.

Di sisi lain, konsumsi susu secara rutin juga bisa meningkatkan daya tahan. Hal ini tentunya akan membuat tubuh Anda jauh lebih sehat dan tidak mudah sakit lagi. Jika diperlukan, Anda juga bisa mengkonsumsi susu khusus untuk menaikkan berat badan.

Pastikan Anda Cukup Tidur

Cara menaikkan berat badan pasca sakit lainnya adalah tidur dengan cukup. Jangan terlalu banyak begadang ketika Anda baru sembuh karena tubuh masih berada dalam masa pemulihan. Hal ini akan berpengaruh sangat besar terhadap kondisi kesehatan Anda. Pastikan Anda tidur cukup dan bangun bugar setelahnya.

Lakukan Olahraga Secara Rutin

Untuk mempercepat pemulihan dan peningkatan berat badan, Anda juga bisa melakukan olahraga secara rutin. Lakukan olahraga yang ringan saja. Contohnya seperti jogging, strecthing, atau jenis olahraga ringan lainnya.

Jangan terlalu berlebihan juga dalam melakukannya. Lakukan semampunya saja. Jangan sampai tubuh Anda kelelahan setelahnya. Percaya atau tidak, berolahraga secara rutin ini akan merangsang nafsu makan dan meningkatkan bobot tubuh dalam waktu singkat.

Jauhi Rokok

Hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda lakukan adalah menjauhi rokok. Kalau Anda tetap merokok pasca sakit, tentu saja Anda akan mudah terjangkit penyakit kembali. Rokok ini menurunkan imun tubuh Anda. Terlebih kalau Anda seorang pecandu.

Kalau Anda sulit untuk berhenti secara langsung, setidaknya Anda bisa mengurangi konsumsi rokok tersebut dan menggantinya dengan hal lain yang jauh lebih menyehatkan. Contohnya adalah makan buah-buahan atau jus. Ini jauh lebih direkomendasikan oleh pakar kesehatan.

Minum Suplemen Jika Dibutuhkan

Jika dibutuhkan, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen perangsang nafsu makan tubuh. Namun patikan untuk memilih suplemen yang sehat dan sudah mendapatkan sertifikasi dari Badan POM Republik Indonesia sebagai jaminan keamanan.

Agar hasilnya maksimal, pastikan juga untuk berkonsultasi kepada dokter ahli. Mereka akan memberikan tips dan cara menaikkan berat badan terbaik lain yang bisa Anda lakukan agar kondisi tubuh semakin fit dan berat badan Anda bisa segera kembali seperti semula.

Baca Juga : Cara Menaikkan Berat Badan Dengan Mudah Dalam 30 Hari


Posting Komentar untuk "Cara Menaikkan Berat Badan Pasca Sakit"