Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rekomendasi Makanan Diet Fitness untuk Persiapan Olahraga

Sebelum dan sesudah berolahraga, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan kaya nutrisi yang akan memberikan tenaga bagi tubuh selama berolahraga. Dengan konsumsi makanan diet fitness yang kaya nutrisi sebelumnya, maka tubuh dapat berolahraga lebih lama karena daya tahan tubuh meningkat.

Oleh sebab itu, pandangan yang menyatakan bahwa fitness di pagi hari tidak perlu sarapan terlebih dahulu adalah anggapan yang salah. Memang benar kita harus memberi jeda antara makan dan olahraga agar tidak sakit perut, namun membiarkan tubuh kosong jelas pemikiran yang menyesatkan.

5 Rekomendasi Makanan Diet Fitness Terbaik Kaya Nutrisi Sebelum Olahraga

1. Putih Telur

Siapa sangka kalau ternyata bagian putih telur lebih kaya akan protein dibandingkan kuning telurnya? Di dalam putih telur terkandung protein sebesar 3 hingga 4 gram yang sangat baik untuk tubuh. Di dalam protein telur juga terkandung asam amino yang berperan penting dalam membentuk otot.

Oleh karena itu, putih telur merupakan pilihan makanan paling tepat sebelum olahraga terutama bagi Anda yang ingin membentuk otot yang besar dan kuat. Putih telur juga dapat mencegah timbulnya kondisi penyusutan otot atau katabolik pada mereka yang beraktivitas keras namun tidak mendapat protein cukup.

Anda disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya tiga butir telur rebus sebelum berolahraga untuk mencukupi kebutuhan protein pada tubuh.

2. Omelet Sayur

Omelet sayur dibuat dari telur dadar yang diolah bersama sayur-sayuran segar untuk melengkapi kebutuhan protein sebelum olahraga. Di dalam omelet sayur terkandung beragam multivitamin dan mineral seperti folat, kalsium, zink, selenium, vitamin A, vitamin B kompleks yang dibutuhkan sebelum olahraga.

Untuk menambah nilai gizi pada omelet sayur Anda, usahakan untuk menggorengnya tidak menggunakan minyak goreng. Gantilah minyak dengan minyak olive yang lebih sehat. 

3. Buah Pisang

Buah memang menjadi makanan wajib yang harus rutin dikonsumsi setiap orang setiap hari. Buah kaya akan vitamin, mineral dan serat alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah pisang misalnya sangat kaya akan nutrisi penting mulai dari vitamin, serat hingga karbohidrat. 

Pisang kaya akan karbohidrat alami yang cepat diserap oleh tubuh sehingga akan memberi tenaga yang cukup bagi tubuh saat berolahraga. Karbohidrat alami dari pisang akan meningkatkan daya tahan tubuh serta menunda rasa lelah saat olahraga. 

4. Smoothies

Smoothies bisa menjadi pilihan diet sehat sebelum berolahraga di pagi hari. Smoothies yang dibuat dari aneka buah-buahan segar akan memberi tubuh Anda tenaga, vitamin, dan mineral yang cukup sebelum beraktivitas. 

Ditambah lagi smoothies dari buah mengandung serat alami yang sangat dibutuhkan tubuh dan dapat menunda rasa lapar. Protein dari buah-buahan yang dicampur menjadi smoothies akan memberikan energi selama berolahraga. Anda bisa memberi tambahan secangkir yoghurt plain sebagai tambahan energi.

5. Ubi Jalar

Ingin makanan manis sebelum fitness? Cobalah ubi jalar. Ubi jalar mengandung kalori yang cukup tinggi yang dibutuhkan tubuh selama berolahraga. Kandungan karbohidrat dalam ubi jalar mencapai 100 gram dan lebih tinggi dibandingkan buah lain seperti mangga.

Selain kaya akan karbohidrat, ubi jalar juga mengandung kalium sebanyak 14% kebutuhan kalium harian sehingga sangat baik untuk kesehatan organ jantung. Kelelahan otot juga dapat diperbaiki berkat kandungan nutrisi yang sangat tinggi dari ubi jalar. 

Konsumsi makanan diet fitness yang sehat dan bergizi di atas sebelum melakukan olahraga. Mempersiapkan diri sebaik mungkin adalah kunci keberhasilan Anda berolahraga. Jangan lupa pula untuk memperbanyak konsumsi air putih agar Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga : Tiga Jenis Makanan Diet Fitness yang Membantu Membentuk Otot

Posting Komentar untuk "5 Rekomendasi Makanan Diet Fitness untuk Persiapan Olahraga"