Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Efek Samping

Cara menaikkan berat badan memang tidak mudah, tapi sebenarnya juga tidak sulit. Yang pasti, Anda harus melakukannya dengan sabar dan sesuai dengan tuntunan dari pakar kesehatan. Kalau Anda tidak memperhatikan ini, bisa jadi Anda malah mengalami obesitas.

Kurus atau tidaknya seseorang sebenarnya tidak terlalu berpengaruh selama orang tersebut sehat. Ini juga harus menjadi prinsip utama Anda. Namun kalau Anda memang terkendala dengan hal tersebut dan ingin mendapatkan berat badan ideal, memang ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

5 Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami

Untuk menaikkan berat badan dengan signifikan, ada 5 cara yang bisa Anda coba sekarang juga. Tentu saja cara-cara ini sangat mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan biaya besar. Yang paling penting, cara-cara ini sudah terbukti aman bagi kesehatan Anda.

1. Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi makanan kaya nutrisi. Perbanyak konsumsi lemak dan protein agar Anda bisa mempercepat proses penambahan berat badan tersebut. 

Konsumsi juga buah-buahan, kacang-kacangan dan sayuran karena di dalamnya terdapat berbagai zat yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Pastikan untuk mengkonsumsinya secara rutin. Jangan hanya sesekali terus bosan. Menaikkan berat badan secara sehat butuh waktu yang tidak sebentar.

2. Makan Lebih Sering

Cara menaikkan berat badan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan makan lebih sering. Kalau biasanya Anda makan dua kali sehari, mungkin Anda bisa makan 3 hingga 4 kali dalam sehari. Memperbanyak intensitas makanan yang masuk ke dalam tubuh secara otomatis akan menambah bobot Anda.

Namun pastikan juga untuk hanya mengkonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Ini akan menghindarkan Anda dari berbagai resiko kesehatan yang bisa terjadi pada saat berat badan naik. Kalau berat badan Anda naik tapi Anda tidak sehat, untuk apa?

3. Minum Susu

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menaikkan berat badan adalah dengan minum susu sebanyak mungkin. Mengkonsumsi susu secara rutin akan membuat tubuh Anda jauh lebih sehat. 

Terlebih lagi susu ini kaya akan protein dan kalsium.Untuk Anda yang masih ada dalam usia pertumbuhan, selain menambah berat badan, susu ii juga berkhasiat untuk menambah tinggi badan. 

Soalnya kandungan kalsium di dalam susu tersebut memang sangat tinggi. Susu ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin.

4. Olahraga Secara Rutin

Olahraga tidak hanya bagus untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan, tapi juga untuk mereka yang ingin berat badannya naik. Pilih jenis olahraga rutin seperti jogging, berenang, atau lari. Jenis olahraga tersebut sangat pas untuk membuat metabolisme tubuh lebih sehat dan badan lebih bugar.

Kalau Anda ingin menambah massa otot, bisa juga dengan rutin berolahraga di Gym. Ada banyak jenis peralatan gym yang bisa meningkatkan massa otot secara signifikan. Namun hal ini juga harus tetap diimbangi dengan konsumsi makanan sehat yang tepat.

5. Berhenti Merokok

Cara menaikkan berat badan selanjutnya adalah berhenti merokok. Rokok sangat berbahaya terhadap kesehatan, selain memicu penuaan dini, ternyata rokok ini juga memberikan masalah terhadap berat badan pada beberapa orang.

Menurut riset, orang yang memiliki kecanduan rokok cenderung memiliki badan yang kurus dan sulit menaikkan berat badannya. Karenanya kalau Anda ingin berat badan naik dengan cepat, hindari konsumsi rokok sesegera mungkin. 

Untuk hasil yang maksimal, pastikan juga untuk berkonsultasi kepada dokter ahli karena bisa saja ada hal lain yang membuat berat badan Anda sulit naik. Konsultasi kepada ahlinya akan membuat Anda langsung sampai pada titik permasalahan dan menemukan solusinya.

Baca Juga : Cara Menaikkan Berat Badan Ibu Hamil


Posting Komentar untuk "5 Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Efek Samping"