Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik dan Cara Menaikkan Berat Badan Anak

Anak-anak terutama dalam masa pertumbuhan, membutuhkan asupan makanan yang berguna untuk tumbuh kembangnya. Termasuk untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Namun ada beberapa anak yang memiliki tubuh kurus, sehingga Anda perlu mencari cara menaikkan berat badan sang anak.

Tubuh anak yang kurus bisa terjadi karena beberapa faktor. Ada yang karena memang faktor genetik, lalu ada juga yang memang karena anak sulit makan. Beberapa orang tua mungkin akan merasakan cemas ketika berat badan anak tidak naik dalam periode waktu tertentu.

Cara Menaikkan Berat Badan

Hal yang perlu diketahui adalah, berat badan anak akan sangat dinamis seiring dengan perkembangannya. Asupan nutrisi dan gizi yang tepat akan sangat membantu mengembalikan berat badan serta melancarkan proses tumbuh kembang. Bagaimana dengan anak yang terlalu kurus?

1. Atur Jadwal Makan Secara Konsisten

Mengatur jadwal makan anak secara konsisten penting dalam menambah berat badan anak. Dengan mengikuti jadwal makan tersebut, maka anak akan disiplin dan tidak melewatkan waktu makan. Apabila anak melewatkan jam makannya, akan berpengaruh pada hilangnya nutrisi tubuh.

2. Buat Makan Porsi Besar

Ketika Anda menyajikan satu porsi makan untuk anak dan dapat dihabiskan dengan baik, maka berikanlah makanan tambahan untuknya. Anda bisa menambahkan satu gelas susu dengan ukuran yang lebih besar atau dengan menyajikan potongan buah dalam porsi lebih banyak.

3. Pilih Makanan Tinggi Kalori

Makanan yang tinggi kalori akan mempercepat proses kenaikan berat badan anak. Ketika Anda membeli bahan makanan, periksa dengan cermat label nutrisi yang tercantum. Bisa juga berikan makanan dari daging merah, Ikan Salmon, telur, atau juga susu.

4. Berikan Jus Buah dan Susu Rendah Lemak

Sebagai pengganti minuman, berikan jus buah segar atau susu yang rendah lemak. Air putih memang perlu sesekali, namun untuk lebih mempercepat proses kenaikan berat badan akan lebih efektif jika diberikan jus atau susu.

5. Tambahkan Makanan Lemak Tinggi

Agar berat badan anak dapat naik secara optimal, berikan makanan dengan kadar lemak sehat yang cukup tinggi. Contohnya makanan tersebut antara lain selai kacang, alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Selain itu makanan ini juga berguna untuk mencegah peradangan.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Sebagai orang tua, pasti ingin memberikan yang terbaik untuk sang anak. Namun ada hal yang harus diperhatikan ketika sedang berproses untuk menaikkan berat badan anak. Proses ini dilakukan secara bertahap dan tidak bisa instan. Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut ini.

 - Jangan memaksa anak agar mau makan, tapi lakukan dengan lebih menyenangkan.

 - Anak memiliki perut yang kecil, sehingga hanya bisa makan sedikit namun lebih sering.

 - Jika anak rewel dengan masalah makanan, cobalah membuat makanan tersebut dalam tampilan yang menarik. Contohnya adalah membuat bento atau kreasi unik lainnya.

 - Ajak anak untuk ikut ketika berbelanja bahan makanan. Dengan cara ini maka anak akan lebih bersemangat memilih makanan apa saja yang dia kehendaki. Selanjutnya ajaklah dalam proses memasak agar lebih antusias.

 - Jangan berdebat dengan anak untuk urusan makanan. Akan lebih baik membiarkan anak makan sesuai apa yang dia inginkan. Misalnya Anda ingin makanan dengan komposisi yang seimbang, namun jika anak hanya ingin satu macam saja biarkan dia melahapnya tanpa harus berdebat.

Pada dasarnya anak dengan badan yang kurus belum tentu bisa dikatakan tidak sehat. Selama anak masih lincah, aktif, dan tumbuh dengan baik, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Namun memang harus selalu mengusahakan cara menaikkan berat badan agar anak juga memiliki tubuh yang ideal.

Baca Juga : Cara Menaikkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat



Posting Komentar untuk "Trik dan Cara Menaikkan Berat Badan Anak"