Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Fitness Bagi Penderita Diabetes

Tak khayal jika fitness merupakan salah satu metode untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit. Apalagi mereka yang menderita penyakit seperti diabetes. Manfaat fitness bagi penderita diabetes begitu banyak jika kamu mau mengetahuinya.

Meskipun tentu ada beberapa fitness khusus untuk penderita Diabetes karena sang penderita tidak diperbolehkan berolah raga terlalu berat. 

Manfaat Fitness Bagi Penderita Diabetes

Berikut berbagai manfaat fitness bagi penderita diabetes yang perlu kamu ketahui. Siapa tahu informasi ini bermanfaat untukmu yang mungkin ada penderita diabetes di lingkungan sekitarmu. 

Mereka yang ketakutan dengan olah raga beban berat karena menderita penyakit ini sebaiknya kamu berikan pemahaman yang benar. Asumsi-asumsi yang salah jika sudah divonis menderita penyakit ini tidak boleh berolah raga perlu sedikit diluruskan.

Bukan tanpa dasar, Jansen Ongko MSc, RD, pelatih sekaligus ahli gizi mengemukakan jika olah raga yang cocok bagi penderita diabetes tak lain tak bukan adalah olah raga yang berkaitan degan latihan kekuatan atau strength training.

Tidak perlu terlalu lama, Jansen menyarankan hanya dengan durasi 10-15 menit dalam sehari sudah lebih dari cukup.

1. Mencegah Komplikasi

Fitness yang dilakukan dua kali dalam seminggu oleh penderita diabetes sangat penting. Karena akan memperbaiki pengelolaan glikemik atau kadar gula darah dan juga berguna untuk menurunkan tingkat stress oksidatif.

Penurunan stres oksidatif ini ditandai dengan suatu penurunan pembuatan radikal bebas dan meningkatkan kegiatan pembentukan antioksidan. Sehingga hal ini mampu mencegah komplikasi.

2. Menambah Kebugaran

Penderita diabetes biasanya jarang sekali bergerak dan berolah raga karena ketakutan. Sebenarnya hal itu kurang baik. Sebab kurangnya bergerak akan menurunkan kebugaran tubuh.

Sehingga tubuh akan terasa lemas dan kebugaran tubuh hilang. Perlu adanya latihan ringan dan fitness ringan untuk menambah dan mengembalikan kebugaran. Kebugaran tubuh akan menambah imunitas tubuh. Imun itu berguna untuk mencegah penyakit lain masuk.

3. Memperbaiki Kelenturan Otot

Tidak menutup kemungkinan jika glikosilasi akan mengurangi lentur kolagen otot. Tubuh akan merasakan nyeri otot dalam rentan yang tidak terlalu jauh atau sederhananya tubuh akan sering merasakan nyeri pada otot-otot dan sendi-sendi.

Dengan berolah raga maka besar kemungkinan kelenturan otot akan memperbaiki sendiri karena terus menerus dilatih dan digerakkan.

4. Mengontrol Kekuatan Otot

Hal ini tidak jauh berbeda dengan manfaat sebelumnya. Karena masih bersinggungan. Tetapi kali ini berkaitan dengan kekuatan otot. Fitness yang dilakukan teratur dengan durasi yang sudah ditentunkan akan mengontrol kekuatan otot.

Dengan fitness, kamu sekalian bisa mempertahankan kekuatan otot agar tidak berkurang sama sekali

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Fitness atau olah raga mampu menurunkan gula darah karena dengan itu sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin akan terangsang. 

6. Mengontrol berat badan

Berat badan yang berlebih sering kali disebabkan karena pola makan yang tidak teratur. Pola makan itulah yag juga sama membuat seseorang menderita diabetes. Konsumsi gula yang berlebihan tanpa terkontrol merupakan salah satu faktor utama diabetes.

Jika kamu rajin berolah raga dan fitness maka otomatis kamu akan mampu mengontrol berat badan. Selain itu, juga bisa mengatur kolesterol dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Jadi kamu enggak perlu risau karena manfaat fitness bagi penderita jantung juga ada lho.

7. Mencegah Hiperinsulinemia

Manfaat yang terakhir ini untuk mencegah hiperinsulinemia. Apa sih hiperinsulinemia itu? Yaitu keadaan di mana keadaan tubuh sedang kelebihan insulin dan hal-hal ini biasanya berkaitan dengan orang-orang penderita diabetes.

Progam Latihan Untuk Penderita Diabetes

Selain hanya fitness ternyata adapula beberapa latihan yang cocok bagi penderita diabetes. Latihan-latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesegaran tubuh. Lalu apa saja pelatihan yang cocok? CRIPE. Merupakan sebuah program latihan yang cocok untuk penderita diabetes.

Karena penderita diabetes tidak bisa semena-mena berolah raga tanpa anjuran yang ada. Jangankan yang berat, penyakit kecil saja memiliki dampak buruk yang begitu fatal, semacam luka ringan di tubuh. Bisa mengakibatkan kebusukkan.

CRIPE sendiri merupakan kepanjangan dari:

1. Continuous

Ini merupakan sebuah latihan yang dilakukan dalam rentan waktu 50-60 menit tetapi dengan berkala. Misalnya, di sepuluh menit pertama latihan jasmani dilakukan secara intens, lalu di menit berikutnya, intensitas diturunkan. 

Lalu jika sudah merasa enakan, intensitas dinaikkan lagi. Semua latihan tubuh itu dilakukan dalam rentan waktu tersebut tanpa boleh menambahkan jamnya.

2. Rhytmical

Memberikan irama pada latihan otot antara kontraksi dan relaksasi. Sehingga otot-otot tubuh tidak terkejut dan kemungkinan besar mampu menghindari luka pada bagian tubuh. Gerakan tersebut diatur dengan penghayatan atau berirama.

Jangan terburu-buru dan jangan terlalu lambat karena tidak akan mendapatkan hasil latihan yang maksimal.

3. Interval

Untuk latihan yang ini memang diharuskan untuk melakukannya secara selang-seling. Maksudnya begini, selama periode latihan berjalan seseorang harus melakukan gerakkan yang kadang-kadang cepat dan kadang-kadang lambat.

Tetapi harus secara berkelanjutan dan tidak boleh beristirahat terlebih dulu dalam jangka waktu yang panjang.

4. Progresif

Latihan ini dilakukan dengan cara menambah beban secara perlahan-lahan. Tidak perlu terburu-buru menambah beban. Lakukan peningkatan secara bertahap dan pelan-pelan. Misalnya ingin menambah Kg berat alat angkat tangan.

Jangan langsung mengambil ke 50 Kg jika 10 Kg saja belum dilakukan.

5. Endurance

Merupakan salah satu latihan yang berguna untuk meningkatkan kebutuhan tubuh si penderita diabetes. Selain itu, hal ini juga membantu mengembalikan kesegaran tubuh.

Untuk kamu yang sedang menderita diabetes jangan sekali-kali ragu untuk berolah raga ya jika sudah membaca tentang manfaat fitness bagi penderita diabetes di atas. 






Posting Komentar untuk "Manfaat Fitness Bagi Penderita Diabetes"