Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kombinasi Cara Diet Fitness untuk Membakar Lemak dan Membentuk Otot

Mempunyai berat badan ideal dengan bentuk proporsional adalah impian banyak orang. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan mimpi tersebut, salah satunya adalah dengan menggabungkan cara diet fitness untuk membakar lemak sekaligus membentuk otot.

Dibutuhkan konsistensi dan kesabaran ekstra untuk mendapatkan hasil maksimal. Dengan menggabungkan antara asupan nutrisi yang tepat serta latihan yang sesuai, bukan tidak mungkin massa otot akan bertambah dan massa lemak akan berkurang.

Tips Menggabungkan Diet dan Fitness untuk Tubuh Ideal

Kombinasi diet dan fitness yang tepat bisa membantu Anda dalam mewujudkan bentuk dan berat badan ideal. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin membakar lemak sekaligus membentuk otot dalam waktu bersamaan:

1. Perhatikan Asupan Nutrisi

Salah satu kunci penting untuk membangun otot dan membakar lemak adalah dengan meningkatkan asupan protein harian. Pastikan Anda mengonsumsi protein setidaknya 2 gram per kg lemak tubuh. Selain itu, asupan karbohidrat dan lemak juga harus diperhatikan.

Konsumsi karbohidrat padat hanya sebelum dan sesudah berolahraga dengan takaran 1 cangkir setiap kali makan. Jangan lupa untuk mendapatkan asupan lemak sehat yang mencukupi. Lemak sehat yang dibutuhkan adalah seukuran ibu hari untuk setiap kali makan.

2. Latihan Berat

Gerakan gabungan sangat berperan dalam membangun otot. Gerakan gabungan dengan intensitas berat terbukti efektif meningkatkan kekuatan pada beberapa kelompok otot sehingga otot dapat terbentuk dengan lebih baik.

Anda bisa mencoba beberapa jenis latihan berat seperti angkat beban, angkat beban sambil duduk, atau angkat beban dengan titik fokus pada bahu. Anda juga bisa mencoba glute bridge untuk membangun otot perut serta chin-up untuk melatih otot lengan.

3. Menggabungkan Latihan

Cara diet fitness untuk membakar lemak dan membentuk otot adalah dengan kombinasi latihan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, coba gabungkan latihan intensitas tinggi dengan latihan sirkuit yang merupakan kombinasi dari latihan kekuatan dan aerobik.

Ketika melakukan latihan intensitas tinggi, Anda dapat berlari selama 50 detik kemudian diteruskan dengan joging selama 60 detik. Lakukan berulang-ulang sampai 30 menit. Untuk latihan sirkuit, Anda bisa menggabungkan beberapa latihan seperti lompat tali, walking lunges, dan push-up selama 30 menit.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Melakukan diet dan olahraga bukanlah perkara mudah. Ada sederet aturan yang harus diperhatikan agar Anda tidak membahayakan diri sendiri. Berikut ini beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui ketika ingin membakar lemak dan membangun otot sekaligus:

1. Mulai dengan Pemanasan Kardio

Sebelum memulai latihan berat, pastikan untuk melakukan pemanasan kardio ringan. Lakukan pemanasan selama 5 hingga 10 menit agar tubuh siap dengan latihan yang lebih berat. Pemanasan juga berfungsi untuk meregangkan otot supaya Anda terhindar dari cedera saat latihan.

2. Gunakan Alat yang Tepat

Jika latihan membutuhkan alat penunjang, pastikan untuk menggunakan alat yang tepat. Jangan mulai latihan jika Anda tidak yakin dengan keamanan dari alat penunjang tersebut karena berpotensi menimbulkan cedera.

3. Pastikan Ruang Gerak Luas

Pastikan Anda mempunyai ruang gerak yang luas saat latihan. Lakukan di tempat terbuka atau ruangan yang luas untuk menghindari adanya cedera.

4. Hindari Latihan Angkat Beban Berturut-turut

Hindari melatih otot yang sama selama beberapa hari berturut-turut. Jika hari ini Anda berfokus untuk membentuk kelompok otot lengan, Anda dapat melatih otot perut atau otot paha untuk hari berikutnya.

Dengan mengikuti cara diet fitness tersebut, Anda bisa mendapatkan bentuk tubuh proporsional dengan berat ideal. Jika ragu, Anda bisa meminta bantuan pelatih pribadi untuk memperoleh hasil maksimal.  

Posting Komentar untuk "Kombinasi Cara Diet Fitness untuk Membakar Lemak dan Membentuk Otot"