Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia 5 Cara Diet Fitness yang Harus Anda Hindari!

Mendapatkan berat badan yang ideal bukanlah perkara mudah. Ada sederet perjuangan yang harus Anda lakukan, mulai dari menjaga pola makan hingga melakukan olahraga teratur.

Selain mempelajari cara diet fitness yang benar, penting bagi Anda untuk mengetahui hal-hal yang harus dihindari.

Tidak sedikit orang yang mengalami kegagalan dalam berdiet dan berolahraga karena tidak tahu bagaimana cara melakukannya dengan benar. 

Alih-alih menurunkan berat badan, beberapa kesalahan berikut ini justru berpotensi menambah berat badan.

Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Diet Fitness

1. Menghindari Karbohidrat

Masih banyak yang beranggapan bahwa diet berarti menghindari karbohidrat. Dengan tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali, dipercaya berat badan akan berkurang secara signifikan.

Faktanya, karbohidrat berperan penting untuk memproduksi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan Karbohidrat yang cukup, maka tubuh akan mudah lemas dan lelah. Meskipun Anda sedang berdiet, pastikan kebutuhan karbohidrat harian tetap tercukupi.

2. Terlalu Sering Minum Jus

Mengonsumsi jus secara teratur membawa manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus meminum jus setiap hari atau bahkan beberapa kali dalam sehari. Kenyataannya, meminum jus justru dapat menambah jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

Bagi Anda yang sering menambahkan susu atau gula saat membuat jus, bisa dipastikan jus mengandung kalori dalam jumlah yang banyak. Sebagai alternatif, Anda bisa mengonsumsi buah dalam kondisi utuh. Atau jika Anda ingin membuat smoothie, pastikan tidak memberi tambahan apapun.

3. Tidak Sarapan

Melewatkan sarapan adalah salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan. Padahal sarapan berperan penting dalam proses pembakaran lemak tubuh serta meningkatkan metabolisme tubuh. Sarapan sehat juga mampu merangsang kinerja total.

Ketika melewatkan sarapan, Anda cenderung tergoda untuk mengonsumsi makan siang dalam jumlah yang lebih banyak. Alhasil, hal ini justru berpotensi meningkatkan berat badan Anda.

4. Menghindari Minum Air Ketika Berolahraga

Menghindari minum air putih saat berolahraga adalah salah satu cara diet fitness yang tidak tepat. Ketika berolahraga seperti fitness atau gym, tubuh kehilangan banyak cairan. Anda harus minum cukup air putih sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

Minum air putih saat berolahraga juga membantu menjaga stamina tubuh agar tetap bugar. Namun pastikan konsumsi air tidak terlalu banyak karena dapat menyebabkan rasa nyeri pada perut.

5. Berolahraga Terlalu Berat

Muncul anggapan bahwa semakin berat olahraga yang dilakukan, berat badan akan turun lebih cepat. Hal ini tidak tepat karena justru berpotensi membahayakan kesehatan Anda. Lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan Anda agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Perlu diingat bahwa olahraga yang ringan namun rutin akan memberikan hasil yang lebih baik daripada olahraga berat namun hanya beberapa kali dalam sebulan. Konsultasikan jenis olahraga yang tepat dengan pelatih Anda untuk memaksimalkan proses diet.

6. Mengonsumsi Makanan Rendah Lemak

Kebanyakan orang yang sedang berdiet akan menghindari makanan yang mengandung lemak. Padahal lemak juga dibutuhkan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Daripada menghindari semua jenis lemak, ada baiknya Anda lebih jeli memilih lemak yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi.

Anda juga perlu berhati-hati ketika memilih produk rendah lemak. Pasalnya, hal ini justru memicu kecenderungan untuk mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah banyak karena Anda yakin jumlah lemak yang dikandung tidak terlalu banyak.

Mengetahui cara diet fitness yang tepat sangat penting untuk mendukung kesuksesan Anda dalam mengurangi berat badan dan menjaga stamina tubuh. Setelah mengetahui beberapa kesalahan di atas, kini Anda bisa melakukan diet dan fitness dengan lebih baik.

Baca Juga : Manfaat Buah Alpukat Untuk Otot


Posting Komentar untuk "Ini Dia 5 Cara Diet Fitness yang Harus Anda Hindari!"