Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitnes Mencegah Osteoporosis

Berbagai macam manfaat fitnes yang berguna untuk kesehatan tubuh. Mulai dari otot, organ, hingga tulang sekalipun. Nah maka dari itu fitnes dapat mencegah Osteoporosis. Kesehatan seluruh anggota tubuh perlu diperhatikan karena semua memiliki fungsi yang saling berkaitan.

Dan parahnya, orang-orang sering meremehkan bagian tubuh yang sebenarnya juga sangat rawan yakni tulang. Pada dasarnya semua orang dapat terkena gangguan pada tulang atau yang sering disebut dengan osteoporosis.

Fitnes Mencegah Osteoporosis

Pengeroposan tulang yang diakibatkan oleh kurangnya massa tulang dan seringnya perusakan pada tulang-tulang itu sering diabaikan oleh orang-orang. Sehingga penyakit itu menyerang dengan begitu ganasnya.

Tulang yang sudah keropos akan mudah dan mengalami cidera pada tulang lainnya. Pencegahan osteoporosis sebaiknya digencarkan sejak dini. Dengan berbagai cara yang alami seperti mengonsumsi kalsium entah berupa susu atau apaun dan juga berolah raga.

Tidak hanya itu saja, biaya pengobatan untuk penyakit yang satu ini tidaklah murah. Maka untuk menghemat atau agar tulang tubuh kuat sebaiknya melakukan hal itu. Fitnes dengan rutin tanpa perlu keluar rumah dapat mencegah seseorang terkena osteoporosis.

Nah berikut ini merupakan gerakkan fitnes yang dapat mencegah osteoporosis:

1. Latihan Kelenturan

Di era digital ini orang-orang lebih sering menggunakan tubuh ini untuk duduk. Berbagai kesibukan yang ada justru jarang sekali dilakukan dengan berdiri. Semua serba instan dan hanya memainkan kesepuluh jari.

Hal itulah yang membuat tulang jarang sekali digerakkan. Jarangnya tulang digerakkan akan mengakibatkan kerusakan demi kerusakan pada tulang tanpa disadari. Mengatasi hal tersebut, kamu tidak perlu bersusah payah mencarinya.

Lalukan latihan kelenturan yang akan memberikan dampak positif bagi tulang belakang, otot paha dan dada serta tidak menutup kemungkinan tulang punggungmu juga akan terjaga dari kekeroposan atau kerusakan tulang lainnya.

Oh iya, dalam melakukan gerakkan ini ada beberapa cara agar hasil yang dicapai akan maksimal. Regangkan otot-otot yang ada di tubuh sampai pada titik maksimal. Jangan sampai melakukan peregangan hingga menimbulkan rasa sakit pada otot. 

Tahan peregangan selama sekitar 15-30 detik. Lakukan hal ini selama kurang lebih 3-5 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Memberikan Gaya Tekan pada Tulang

Memberikan gaya tekan pada tulang juga amat diperlukan. Karena hal itu dapat membuat tulang mempercepat pertumbuhannya dengan baik. Latihan ini biasanya menggunakan hampir seluruh organ tubuh.

Beberapa gerakkan yang dapat memberikan gaya tekan pada tulang yakni dengan berlari di treadmill atau menaiki tangga setiap hari. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan salah satu usaha menghindarkan kekeroposan tulang. 

3. Mengangkat Dumbell

Yang ketiga ini merupakan cara termudah yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan membuang waktu percuma, hanya dengan mengangkat dumbell yang memiliki perempuan kamu dapat mencegah penyakit ini menyerangmu.

Meskipun dumbell memiliki fungsi yang lain seperti pembakaran lemak jahat dan menguatkan otot, tetap saja hal ini juga dapat menghindarkanmu dari osteoporosis. Alat yang lebih kecil dari barbel ini dapat dibawa ke mana-mana.

Namun jika kamu menginginkan berat yang lebih, sebaiknya membeli barbel karena berbagai berat bisa kamu temukan sesuai dengan selera. 

Antara barbel dan dumbell memang memiliki kesamaan. Bagaikan adik dan kakak. Namun hanya satu yang membedakan yakni ukuran bodi dan berat yang ada di dalamnya. 

4. Sit Up di Bench

Alat ini berbentuk mirip dengan papan. Hanya saja busa-busa  melengkapi alat ini agar pengguna lebih merasa rileks. Kamu juga dapat mengupayakan perutmu yang mulai maju agar mengecil lagi dengan alat ini.

Banyak manfaat yang menjadi satu padu apabila kamu rutin melakukan ini. Tulang-tulang keropos dapat dihindari dan berbagai macam penyakit organ tubuh.

Lakukan setiap sore dan pagi dalam satu hari secara rutin. Sungguh rasanya tubuh akan seperti hidup kembali. Dan dengan bebas kamu dapat menggerakkan tulang-tulangmu tanpa khawatir akan cidera yang mendera.

5. Latihan Menyeimbangkan Tubuh

Latihan menyeimbangkan tubuh dilakukan agar tubuh terbiasa seimbang. Selain itu, hal ini dapat melatih kefokusanmu. Berdiri dengan satu kaki saja selama beberapa detik dapat membantu menyelesaikan beberapa persoalan.

Mulai dari hilangnya fokus, keseimbangan tubuh yang berkurang atau mudah jatuh dan dapat menghindarkan dari osteoporosis.  Tidak ada trik khusus untuk cara ini. Hanya saja catatan yang perlu diingat-ingat adalah rutinitas melakukan pelatihan ini.

6. Melatih Kekuatan Tulang Paha dan Pantat

Dengan melakukan lunges secara rutin maka akan melatih kekuatan pada tulang paha dan pantat. Sehingga patahnya tulang ekor akan menjauh dari dirimu. Lakukan latihan ini setiap hari secara rutin.

Kekuatan tulang paha dan pantat sangat diperlukan. Karena tulang-tulang itu apabila mengalami cidera akan sangat serius dan bahkan sampai mengakibatkan kelumpuhan. Masalah-masalah tersebut sebaiknya jangan dipandang sebelah mata.

Penanganannya akan memakan biaya yang tidak sedikit apabila cidera pada tulang tersebut sudah mendera. Sungguh akan menjadi masalah serius dan memberatkanmu setiap saatnya. Hindari itu dengan melakukan latihan secara rutin.

7. Berlatih Secukupnya

Untuk yang terakhir ini menjadi penutup sekaligus catatan. Karena apa, apabila fitnes mencegah osteoporosis ini dilakukan melebih kasapitas yang ada malah akan membahayakan dirimu sendiri.

Tulang yang hanya memiliki kapasitas untuk berlatih sekian malah kamu terjang tanpa memikirkan dampak buruk yang akan terjadi. Patah tulang dan nyeri tulang penyakit yang tidak terlihat namun rasanya sungguh menyebalkan.

Fitnes mencegah osteoporosis ini juga diimbangi dengan makanan-makanan yang bergizi. Makanan ini juga berguna untuk memperbesar otot. Nah pola olah raga secara teratur dan makanan akan mempengaruhi kesehatan tubuh. 

Baca Juga : Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Fitnes


Posting Komentar untuk "Fitnes Mencegah Osteoporosis"