Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menaikkan Berat Badan Untuk Penderita Diabetes

Pada orang yang menderita diabetes, kurangnya kadar insulin akan mencegah tubuh dalam memperoleh glukosa sebagai sumber energi. Hal ini akan mengakibatkan pembakaran lemak dan otot lebih banyak, akibatnya berat badan menurun. Anda perlu mengetahui cara menaikkan berat badan ketika diabetes.

Secara umum, ketika orang akan menaikkan berat badan maka Anda harus mengkonsumsi lebih banyak kalori. Namun pengecualian bagi penderita Diabetes, dimana justru harus memilah makanan yang berkalori agar kadar gulanya tidak meningkat.

Cara Menambah Berat Badan

Kondisi diabetes bukan menjadi alasan untuk Anda memperoleh berat badan yang ideal. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa menaikkan berat badan secara sehat. Hal yang harus diperhatikan adalah pola makan dan menjaga kadar gula.

1. Jaga Asupan Kalori

Kalori lebih baik dikonsumsi dalam jumlah yang lebih  banyak untuk bisa meningkatkan bobot tubuh. Masing-masing orang memiliki kebutuhan yang berbeda, tergantung dari jenis kelamin, usia, berat badan, serta tingkat aktivitas harian yang dilakukan.

Apabila Anda belum bisa menghitung kebutuhan kalori secara mandiri, dapat menggunakan bantuan aplikasi. Akan lebih baik lagi jika melakukan konsultasi pada ahli gizi untuk mendapatkan perhitungan yang benar dan tepat.

2. Konsumsi Produk Susu Lemak Tinggi

Jenis makanan dengan lemak yang tinggi memang efektif dalam membantu menaikkan berat badan. Namun Anda harus ingat, bagi penderita diabetes, harus selalu mengontrol kadar lemak jenuh serta kadar karbohidrat. Jangan sampai gula darah dalam tubuh justru meningkat.

Beberapa contoh makanan yang mengandung kadar lemak tinggi seperti susu, keju, dan juga yogurt. Jika tidak suka mengkonsumsi langsung, bisa ditambahkan susu lemak tinggi atau krim pada masakan sup atau kentang. Tujuannya adalah untuk menambah jumlah kalori dalam tubuh.

3. Batasi Konsumsi Kafein dan Rendah Kalori

Selama memiliki resiko diabetes, sebisa mungkin untuk menghindari jenis minuman seperti teh, kopi hitam, dan juga produk diet. Kandungan kafein dalam minuman tersebut akan menyamarkan rasa lapar sehingga bisa saja justru kehilangan nafsu makan.

Bantulah juga dengan mengkonsumsi cemilan tinggi kalori namun padat nutrisi. Pilihan ini akan menjaga kadar gula darah agar tetap normal, serta bisa menambah berat badan. Berikut adalah contoh makanan yang bisa dikonsumsi penderita diabetes.

 - Apel dan selai kacang

 - Kacang kenari dan pisang

 - Yogurt tinggi lemak dan granola

 - Alpukat dan roti gandum panggang

4. Tambahkah Minyak Zaitun Pada Sayuran

Agar Anda bisa tetap mengkonsumsi makanan sehat namun tetap dengan kalori yang cukup, cobalah menambahkan dua sendok minyak zaitun pada salad sayuran. Minyak zaitun memiliki kandungan omega yang baik untuk jantung, serta lemak sehat untuk menaikkan berat badan.

5. Konsumsi Makanan Sehat dan Kalori Tinggi

Seperti yang telah disebutkan bahwa makanan yang mengandung kalori tinggi, akan sangat membantu dalam menaikkan berat badan. Beberapa jenis makanan tinggi kalori yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes antara lain.

 - Biji-bijian

 - Kacang-kacangan

 - Selai kacang

 - Alpukat

 - Kelapa

6. Makan Lebih Sering Dalam Porsi Kecil

Cobalah makan dengan porsi kecil selama enam porsi sehari, dibandingkan dengan makan tiga kali dalam porsi yang besar. Cara ini akan lebih membantu untuk meningkatkan selera makan. Dengan metode ini, Anda lebih menikmati makan dan asupan gizi bisa lebih maksimal.

7. Tingkatkan Asupan Protein

Asupan protein juga sangat penting untuk menaikkan berat badan. Makanan yang bisa Anda konsumsi antara lain telur rebus, daging ayam, dan ikan. Sedangkan untuk protein nabati bisa menggunakan kacang merah, kedelai, dan juga buncis.

Penderita diabetes bukan berarti tidak bisa menaikkan berat badan dengan cara yang enak. Selain melakukan langkah-langkah tersebut, jangan lupakan untuk selalu berolahraga sesuai kondisi. Cara menaikkan berat badan tersebut relatif aman selama terkontrol dan terawasi.

Baca Juga : Trik dan Cara Menaikkan Berat Badan Anak



Posting Komentar untuk "Cara Menaikkan Berat Badan Untuk Penderita Diabetes"