Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menaikkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat

Tidak semua orang memiliki berat badan yang ideal. Ada juga yang memiliki badan terlalu kurus sehingga mencari cara menaikkan berat badan agar terlihat lebih Ideal. Menaikkan berat badan juga tidak semudah yang dibayangkan hanya dengan makan banyak saja. 

Bagi beberapa orang, menaikkan berat badan membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah. Banyak juga yang gagal dalam proses tersebut. Sebagian besar orang melakukan kesalahan ketika ingin menaikkan berat badan, contohnya dengan makan banyak dan tanpa terkontrol.

Cara Menaikkan Berat Badan

Makan dalam jumlah yang banyak, belum tentu bisa dengan cepat menaikkan berat badan. Jika salah perhitungan justru akan menimbulkan penyakit atau keluhan pada tubuh. Berikut adalah beberapa cara aman untuk menaikkan berat badan dalam waktu cepat.

1. Konsumsi Banyak Kalori

Cara pertama adalah dengan konsumsi kalori dalam jumlah yang lebih banyak. Namun perlu diingat, hal ini bukan berarti Anda bisa makan apa saja secara sembarangan. Perhatikan dengan benar berapa jumlah kalori yang masuk dan kalori yang terbakar. Jangan sampai lebih banyak yang masuk.

Jika Anda bukan termasuk orang yang bisa makan banyak, bagilah kalori yang dibutuhkan dalam satu hari untuk beberapa kali makan. Jadi porsinya akan lebih sedikit daripada makan pada umumnya, namun kalori yang masuk tetap sama walaupun harus berkali-kali makan.

2. Tambahkan Asupan Protein

Penambahan jumlah protein ini digunakan untuk menambahkan massa otot. Secara normal, tubuh membutuhkan 0,8 gram protein per 1 kg berat tubuh. Anda bisa menghitung berapa kebutuhan protein setiap harinya sesuai dengan berat badan yang diinginkan.

Agar proses menaikkan berat badan berjalan dengan lancar, tambahkan makanan tinggi protein pada setiap menu makan. Misalnya adalah dengan menambahkan daging merah, ikan tuna, salmon, dada ayam tanpa kulit, susu, yoghurt, telur utuh, dan juga kacang-kacangan.

3. Tambahkan Intensitas Makan

Apabila selama ini Anda menerapkan pola makan 3 kali sehari, mungkin bisa ditambahkan hingga 5 sampai 6 kali sehari. Namun perlu penyesuaian porsi makan, jangan langsung makan dalam jumlah banyak. Makan lebih sering dengan porsi kecil namun rutin.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan ketika makan adalah, jangan minum selama proses makan. Ketika Anda minum maka perut akan terasa lebih kenyang dan dapat mengurangi nafsu makan. Minumlah terlebih dahulu sebelum dan sesudah makan.

4. Snacking

Ngemil juga bisa membantu dalam menaikkan berat badan secara cepat. Tapi bukan asal snack ya, harus dipilih juga snack sehat dan berkualitas. Rekomendasi snack yang dapat Anda pilih antara lain kacang-kacangan, roti gandum, mangga, pisang, alpukat, selai kacang, dan aneka buah lainnya.

Selama proses menaikkan berat badan, jangan ngemil snack seperti keripik kentang, coklat, permen, dan makanan lain yang tidak sehat. Bisa juga dengan membuat smoothie atau milkshake sebagai pengganti minuman manis yang lebih sesuai dengan program.

5. Olahraga dan Latihan Tepat

Olahraga yang tepat juga bisa menaikkan berat badan. Makanan yang telah dikonsumsi tentunya tidak boleh hanya ditimbun sehingga menjadi lemak yang justru merusak kesehatan. Faktor utama untuk menaikkan berat badan adalah dengan menambah massa otot. 

Latihan yang bisa Anda lakukan untuk menambah massa otot seperti latihan angkat beban. Sesuaikan beban yang bisa diangkat dengan kemampuan. Hindari untuk melakukan latihan kardio atau yang terlalu memforsir energi tubuh.

Menaikkan berat badan sangat diperlukan bagi orang yang memiliki bobot kurang. Walaupun terlihat bagus namun jika terlalu kurus juga tidak baik untuk kesehatan. Anda bisa mencoba cara menaikkan berat badan secara cepat dan aman seperti yang telah disampaikan diatas.

Baca Juga : 7 Cara Menaikkan Berat Badan Secara Efektif


Posting Komentar untuk "Cara Menaikkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat"