Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Diet Fitness Terbaik yang Wajib Anda Coba

Latihan fitness menawarkan banyak manfaat, terutama untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Agar latihan fitness yang Anda lakukan membuahkan hasil optimal, ada baiknya untuk menjaga pola makan yang sesuai dengan kebutuhan. Tahukah Anda cara diet fitnes yang sesuai?

Beberapa program latihan fitness menguras energi sehingga tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Sangat penting untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, buah, dan sayur agar stamina tubuh tetap terjaga. Berikut ini rekomendasi pola makan yang wajib Anda coba.

Rekomendasi Pola Makan Diet Fitness

1. Makan Lebih Sering

Orang yang melakukan fitness cenderung lebih banyak makan. Tujuannya adalah untuk mencukupi nutrisi pada tubuh serta menjaga kadar gula dalam darah. Memperbanyak frekuensi makan juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta membangun massa otot.

Meskipun frekuensi makan bertambah, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi dalam jumlah yang banyak. Kurangi porsi sehingga tubuh tidak kelebihan kalori. Pilihan makanan juga tidak boleh sembarangan, pastikan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Mengurangi Makanan Olahan

Kandungan nutrisi dalam makanan olahan sangatlah sedikit. Selain itu, makanan olahan juga mengandung berbagai zat tambahan seperti pengawet, pemanis, dan pewarna. Agar program fitness membuahkan hasil, ada baiknya jika Anda mengurangi konsumsi makanan olahan.

Ganti makanan olahan dengan bahan segar seperti buah dan sayuran. Dengan demikian, tubuh bisa mendapatkan asupan nutrisi secara maksimal. Pola makan ini juga bisa membantu membentuk otot dengan lebih baik.

3. Perbanyak Makanan Tinggi Protein

Jika Anda melakukan program fitness untuk menambah massa otot, sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan tinggi protein. Protein berperan penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh serta meningkatkan massa otot.

Cara diet fitness yang satu ini terbukti efektif membakar lemak serta membangun otot. Konsumsi protein beberapa jam sekali untuk mendapatkan hasil maksimal. Beberapa pilihan makanan yang bisa Anda coba adalah ikan, dada ayam, kedelai, dan suplemen protein.

4. Perbanyak Konsumsi karbohidrat

Meskipun sebagian orang menghindari konsumsi karbohidrat saat melakukan diet, Anda yang menjalankan program fitness perlu mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup. Karbohidrat dibutuhkan untuk meningkatkan metabolisme serta kadar gula dalam darah.

Karbohidrat terdiri dari dua jenis, yaitu karbohidrat simpleks dan kompleks. Agar konsumsi karbohidrat tidak berlebihan, penting untuk menggabungkan dua jenis karbohidrat tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa makan nasi sebelum fitness, kemudian makan buah alpukat sesudah fitness.

Trik untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan sambil membentuk otot, ada beberapa pola makan yang bisa diterapkan. Simak tips pola makan berikut ini.

1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks bisa membantu membakar lemak tanpa mengurangi massa otot. Anda bisa menjatuhkan pilihan pada makanan yang mengandung jenis karbohidrat kompleks, seperti buah alpukat, buah apel, dan lain-lain.

2. Frekuensi Makan 5-6 Kali Sehari

Meskipun sedang diet, Anda bisa meningkatkan frekuensi makan hingga 6 kali sehari. Pastikan jenis makanan yang dikonsumsi adalah makanan sehat. 

Contohnya, Anda bisa mengonsumsi telur ayam, keju, dan buah apel untuk sarapan. Untuk makan kedua, pilih smoothie tinggi protein. Menu makan ketiga adalah steak daging sapi dan buah alpukat. Variasikan jenis makanan agar Anda tidak bosan.

3. Atur Frekuensi Makan

Atur frekuensi makan agar tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi. Misalnya Anda bisa mulai sarapan jam 7 pagi, kemudian makan kedua pada jam 10 pagi. Makan siang bisa dijadwalkan pada jam 13.00, diikuti oleh makan keempat pada jam 16.30 dan makan malam di jam 20.00.

Dengan mengikuti cara diet fitness di atas, diharapkan Anda bisa mendapatkan tubuh ideal dan proporsional seperti yang diharapkan.

Posting Komentar untuk "Cara Diet Fitness Terbaik yang Wajib Anda Coba"