Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Diet Fitnes dan Pemilihan Menu yang Sehat

Pemilihan menu makan juga sangat berpengaruh terhadap program diet yang sedang Anda jalankan Walaupun sedang menjalankan cara diet fitness, tentu tidak akan berhasil jika tidak menjaga pola makan yang baik. Untuk itu, jangan asal mengkonsumsi makanan agar berat badan lebih cepat turun.

Anda bisa mengkonsumsi jenis makanan apapun, asalkan makanan tersebut sehat dan tidak menyiksa diri. Dalam menjalankan program diet, tetaplah perhatikan asupan makanan dan kandungan gizinya. Tujuannya supaya Anda tidak kekurangan gizi dan nutrisi.

Cara Diet Fitness dan Pemilihan Menu yang Sehat

Pada umumnya pola dan menu makan orang yang diet fitness dengan orang yang diet biasa memang tidaklah sama. Namun banyak orang yang beranggapan orang fitnes terlihat banyak makan. Akan tetapi makanan yang dikonsumsi tidak asal-asalan.

Berikut ini daftar pola makan dan menu paling direkomendasikan agar cara diet fitness Anda berhasil dan membentuk otot di antaranya seperti berikut: 

1. Mengkonsumsi Karbohidrat 

Karbohidrat bisa menyempurnakan pola makan dalam pembentukan otot dalam waktu yang lebih cepat. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan dari segi asupan kebutuhan karbohidrat. Terdapat dua karbohidrat, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat simpleks. 

Jenis karbohidrat simpleks bisa ditandai dengan adanya daya serap yang jauh lebih cepat. Misalnya seperti roti, pasta, nasi, maupun yang lainnya. Jenis karbohidrat simpleks dapat meningkatkan gula yang ada dalam darah lebih cepat. 

Sementara karbohidrat kompleks mempunyai kandungan serat yang jauh lebih tinggi. Jenis makanan yang memiliki karbohidrat simpleks yaitu seperti kentang, jagung, nasi merah, oatmeal maupun yang lainnya. 

Kunci sukses dalam mengkonsumsi karbohidrat yaitu dengan cara mengkombinasikan antara karbohidrat simpleks dan kompleks dengan tepat. Misalnya Anda mengkonsumsi nasi putih sebelum melakukan fitnes, kemudian makan buah alpukat setelah fitnes. 

2. Makanan dengan Kandungan Banyak Protein 

Kandungan protein yang terdapat pada makanan sangat berguna untuk memaksimalkan pertumbuhan sekaligus meningkatkan massa otot. Disarankan Anda untuk mengkonsumsi protein pada setiap beberapa jam setelah melepas hormon dan membakar lemak. 

Secara umum sumber protein yang tinggi bisa Anda jumpai pada ikan laut, daging sapi yang tidak berlemak, Kedelai, dada ayam, maupun suplemen lainnya. 

3. Mengurangi Makanan Olahan 

Cara diet fitness yang tepat dan pemilihan menu yang baik maka Anda tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi makanan olahan terlalu sering. Makanan olahan seringkali dijumpai di minimarket maupun makanan kotak yang mempunyai nutrisi kurang. 

Bahkan nutrisi tersebut sudah rusak. Makanan yang paling direkomendasikan yaitu makanan yang masih dalam kondisi sehat dan segar, seperti sayuran maupun buah-buahan. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, maka pembentukan otot lebih baik dan cepat. 

Silakan menambahkan karbohidrat, protein dan mengurangi lemak. Jika dibandingkan mengkonsumsi makanan olahan, sebaiknya Anda membuat makanan olahan sendiri dengan bahan-bahan yang segar dibandingkan dengan membeli.

4. Makan Teratur 

Meskipun sedang menjalankan penurunan berat badan, bukan berarti Anda stop makan sama sekali. Namun Anda disarankan untuk makan antara 5 sampai 6 kali dalam sehari. Akan tetapi untuk menu yang dikonsumsi haruslah terkontrol. 

Perbanyak nutrisi dengan mengkonsumsi makanan ringan maupun makanan kecil untuk setiap harinya dan secara teratur. Tujuannya supaya dapat menjaga sekaligus mengatur kadar gula yang ada di dalam darah. Dengan begitu maka kadar gula dalam tubuh pun lebih terkontrol.

Secara tidak langsung cara ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh akan dapat menstimulasi perkembangan massa otot.

Cara diet fitness seperti yang ada di atas memang cukuplah mudah untuk dilakukan. Bahkan tidak perlu menyiksa diri dengan membatasi makanan yang Anda sukai. Asalkan kandungan nutrisi dan gizi pada makanan yang Anda konsumsi seimbang, tentu hal ini tidaklah masalah.

Baca Juga : Cara Diet Fitness dengan Menjaga Pola Makan yang Tepat




Posting Komentar untuk "Cara Diet Fitnes dan Pemilihan Menu yang Sehat"