Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Cara Diet Fitness Anda Berhasil, Konsumsi Makanan Ini!

Fitness bisa menjadi salah satu olahraga yang tepat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Agar program fitness memberikan hasil maksimal, Anda harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Cara diet fitness yang tepat bisa mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Selama berolahraga, tubuh mengeluarkan banyak energi yang diambil dari glukosa dalam darah. Ketika glukosa habis, glikogen dalam tubuh akan dipecah dan diubah menjadi glukosa. Agar persediaan energi tercukupi, Anda harus mengonsumsi makanan yang bernutrisi setelah berolahraga.

Pilihan Makanan Setelah Olahraga Saat Diet

1. Karbohidrat

Mengonsumsi karbohidrat setelah berolahraga sangat penting untuk menstimulasi pembentukan glikogen yang sudah dipecah. Konsumsi karbohidrat 30 menit setelah berolahraga juga bermanfaat untuk membantu pembentukan protein.

Jenis karbohidrat yang disarankan adalah karbohidrat yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Karbohidrat tersebut bisa Anda temukan di oatmeal, kentang, nasi, pasta, dan ubi manis. Hindari mengonsumsi fruktosa karena membutuhkan waktu lama untuk diserap tubuh.

2. Protein

Protein merupakan salah satu unsur yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengonsumsi protein sebelum berolahraga bermanfaat untuk mempersiapkan tubuh dalam membakar lemak dan kalori. Konsumsi protein juga dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Setelah berolahraga, disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 1 gram protein per kilogram berat badan. Jika Anda melakukan olahraga berat, jumlah protein yang dibutuhkan meningkat menjadi 2 gram per kg berat badan.

Beberapa contoh makanan berprotein yang disarankan adalah susu, daging merah, daging ayam, keju, dan telur.

3. Lemak

Pada dasarnya lemak bersifat memperlambat proses penyerapan makanan. Inilah mengapa beberapa orang memilih cara diet fitness dengan menghindari konsumsi lemak karena menghambat proses pembentukan glikogen. 

Meskipun demikian, lemak tidak akan mengurangi kandungan nutrisi dan manfaat dari makanan tersebut. Ada beberapa contoh lemak yang tetap aman dikonsumsi setelah berolahraga. Lemak tak jenuh tersebut berasal dari tumbuhan, seperti alpukat dan kacang-kacangan.

4. Vitamin

Mengonsumsi antioksidan setelah berolahraga bermanfaat untuk membantu mencegah kerusakan otot. Terutama bagi Anda yang melakukan olahraga berat, antioksidan yang bisa meringankan cedera atau nyeri otot setelah latihan.

Pilih makanan yang tinggi vitamin C dan E untuk mendapatkan asupan antioksidan dalam jumlah besar. Vitamin tersebut bisa Anda temukan dengan mudah dalam berbagai jenis buah, seperti jeruk, lemon, kiwi dan sayuran seperti tomat, brokoli, dan paprika merah.

Anda bisa mendapatkan manfaat buah dan sayur dengan mengonsumsinya secara langsung atau dalam bentuk smoothie. Namun perlu, tidak perlu memberikan tambahan apapun seperti gula atau susu agar smoothie Anda lebih sehat.

5. Air

Konsumsi air pasca olahraga sangat penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Ketika berolahraga, tubuh rentan mengalami dehidrasi karena air dan garam keluar dalam bentuk keringat. Oleh karena itu, Anda harus segera minum air agar tubuh tetap dehidrasi.

Meskipun tidak mengandung garam atau elektrolit, air putih sudah cukup untuk mengganti cairan tubuh. Namun untuk olahraga berat, disarankan untuk meminum minuman dengan kandungan glukosa dan elektrolit agar tubuh tetap berenergi.

Waktu Terbaik untuk Makan Pasca Olahraga

Menurut penelitian, waktu yang paling baik untuk mengonsumsi makanan adalah sekitar 1-3 jam setelah olahraga. Rentang waktu tersebut dikenal dengan istilah jendela anabolik, dimana tubuh sedang membentuk kembali glikogen yang terpecah.

Setelah melewati masa tersebut, kemampuan metabolisme tubuh berkurang hingga 50 persen sehingga penyerapan makanan kurang optimal. Dengan mengetahui cara diet fitness dan pilihan makanan yang tepat, Anda bisa mendapatkan hasil optimal.


Posting Komentar untuk "Agar Cara Diet Fitness Anda Berhasil, Konsumsi Makanan Ini!"