Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menaikkan Berat Badan Secara Efektif

Memiliki berat badan yang ideal adalah keinginan semua orang. Namun bagi orang yang memiliki berat badan kurang atau cenderung kurus, harus memikirkan cara agar bisa mencapainya. Sebenarnya ada banyak cara menaikkan berat badan yang efektif dan tentunya aman untuk tubuh.

Mungkin banyak yang berpikir bahwa menaikkan berat badan akan lebih mudah dibandingkan menurunkan. Tapi bagi beberapa orang ternyata menaikkan berat badan juga cukup sulit. Hal ini membuat banyak orang yang salah dalam menerapkan pola makan agar berat badan bertambah.

Cara Menaikkan Berat Badan

Badan yang terlalu kurus juga tidak baik untuk kesehatan. Kondisi ini bisa menyebabkan mudahnya penyakit untuk masuk ke dalam tubuh. Contohnya adalah penyakit karena sistem imun, infeksi, tulang, hingga masalah kesuburan. Untuk bisa mendapatkan kenaikan berat badan secara efektif sebagai berikut.

1. Lebih Sering Makan

Orang dengan berat badan kurang, biasanya akan lebih mudah kenyang dibandingkan dengan orang yang memiliki berat ideal. Langkah yang tepat adalah makanlah lebih sering dibandingkan makan tiga kali sehari.

Anda bisa makan lima hingga enam kali sehari dengan porsi kecil. Langkah ini akan mudah untuk menambah jumlah kalori dengan cara aman. Makan lebih sering seperti ini akan membantu Anda untuk tetap tercukupi kebutuhan kalori tanpa merasa kekenyangan.

2. Pilih Jenis Makanan yang Kaya Nutrisi

Junk food atau makanan cepat saji memang rasanya lebih nikmat, namun tentunya kurang sehat. Konsumsi makanan seperti ini bukan cara yang baik dalam menaikkan berat badan Anda. Kondisi kurus masing-masing orang memiliki Karakter yang berbeda.

Ada beberapa orang yang kurus namun sebenarnya memiliki lemak yang tinggi dalam tubuhnya. Dengan kondisi ini tentunya pemilihan makanan juga harus diperhatikan jangan sampai justru yang tinggi lemak. 

Makanan yang aman untuk dikonsumsi adalah dari jenis karbohidrat seperti whole grain, kemudian buah dan sayur. Bisa juga menambahkan konsumsi susu serta produk olahannya. Untuk protein bisa memilih daging, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

3. Konsumsi Smoothies dan Shake

Jika ingin menaikkan berat badan, hindarkan konsumsi minuman seperti soda, kopi, dan minuman yang mengandung kalori tinggi. Cobalah ganti dengan milkshake atau smoothies. Gunakan jus buah dan susu sebagai dasar smoothies.

4. Pilih Makanan Padat Kalori

kacang-kacangan adalah jenis makanan yang baik untuk menaikkan berat badan. Konsumsi kacang baik dalam bentuk utuh, selai, hingga buah yang dikeringkan adalah sumber nutrisi baik. Sumber lainnya bisa didapat dari buah-buahan seperti alpukat dan mangga.

5. Cermati Waktu Minum Terbaik

Banyak orang yang sering minum ketika proses makan sedang berlangsung. Hal ini justru akan membuat Anda menjadi lebih cepat kenyang dan nafsu makan berkurang. Anda harus cermat dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk minum.

Waktu minum yang baik bisa dilakukan sebelum atau sesudah makan. Pilihlah minuman yang tinggi kalori, seperti juss buah. Air putih memang diperbolehkan namun tidak mengandung asupan kalori yang diperlukan oleh tubuh.

6. Perbanyak Camilan

Camilan yang dimaksud disini adalah camilan bergizi seperti buah-buahan, keju, susu, roti, kacang-kacangan, atau sandwich. Hindarkan camilan tinggi lemak dan tinggi kalori namun tidak ada nilai gizinya, contohnya coklat, keripik kentang, permen, dan lainnya.

7. Olahraga Rutin

Pilihlah jenis olahraga yang dapat meningkatkan massa otot. Dengan kenaikan massa otot ini maka berat badan juga akan ikut naik dengan sendirinya. Olahraga teratur juga dapat meningkatkan nafsu makan sehari-hari.

Berat badan yang ideal bukan berarti harus kurus. Terlalu kurus juga tidak bagus untuk kesehatan. Anda perlu juga mengetahui cara menaikkan berat badan agar memperoleh berat yang ideal. Jangan sembarangan melakukan pola menaikkan berat yang kurang aman karena justru dapat berbahaya.



Posting Komentar untuk "7 Cara Menaikkan Berat Badan Secara Efektif"