Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kesalahan Pola Makan Bagi Pemain Fitness

Menjaga hidup tetap sehat perlu melewati perjuangan seperti olahraga, fitness dan mengatur pola makan. Sayangnya kesalahan pola makan bagi pemain fitness sering diabaikan padahal fitness saja tak cukup. Berikut ini adalah kesalahan diet yang harus kamu hindari.

Daftar Kesalahan Pola Makan Bagi Permain Fitness

1. Melewatkan sarapan

Para pakar nutrisi pun sepakat bahwa melewatkan sarapan adalah sebuah kesalahan besar saat menjalani diet. Sarapan merupakan asupan yang sangat penting untuk memulai aktivitas sepanjang hari. Melewatkannya sama saja membuat tubuh menjadi lemah dan tidak produktif.

Di sisi lain, melewatkan sarapan juga membuatmu berkeinginan memakan makanan dengan porsi dua kali lipat di siang hari. Hal tersebut malah membuat kalorimu lamat untuk dimetabolisme. Pilihlah menu sarapan ringan untuk memberimu energi dan pastikan minum dua gelas air putih.

2. Tidak makan sebelum fitness

Kesalahan pola makan bagi pemain fitness adalah tidak makan sebelum pergi ke gym. Padahal saat workout nanti, tubuh kamu akan membutuhkan energi yang besar sehingga tidak mudah lemas. Selain itu, tidak makan sebelum fitness juga akan membuat ototmu tidak terbentuk.

Menu makanan seperti apa yang harus dikonsumsi? Pilihlah menu dengan porsi karbohidrat yang ringan, perbanyak protein dan sedikit lemak. Pastikan porsinya seimbang sehingga tidak membuatmu mengantuk. Makanlah sekitar 30 hingga 90 menit sebelum melakukan fitness.

3. Menunda makan setelah fitness

Saat fitness, kalori yang ada pada tubuh kamu dibakar untuk menghasilkan energi. Tak jarang jika kamu akan merasa lapar setelah fitness. Kesalahan pola makan bagi pemain fitness adalah menunda makan. Padahal makan setelah workout adalah hal yang sangat penting.

Mitos yang berkembang tentang makan setelah fitness adalah membuat tubuh menjadi gemuk. Padahal, makanan yang bernutrisi akan membantu memperbaiki sel-sel otot. Bagi kamu yang ingin mendapatkan otot, pastikan perbanyak protein setelah selesai workout.

4. Mengonsumsi makanan atau minuman berenergi

Di pasaran banyak produk camilan ringan dengan klaim bisa menggantikan sebuah porsi makanan. Begitu juga produk minuman berenergi yang katanya baik dikonsumsi setelah fitness, padahal ini adalah kesalahan pola makan bagi pemain fitness karena produk tersebut tak bisa menggantikannya.

Tubuhmu membutuhkan bermacam-macam nutrisi seperti serat dan protein yang ditemukan di buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Produk berenergi tak bisa mengcover kandungan makanan tersebut. Makanlah ragam makanan sehingga nutrisimu selalu seimbang.

5. Terlalu banyak protein dan kurang karbohidrat

Banyak yang mengatakan bahwa protein adalah kandungan gizi terbaik untuk mereka yang menjalani fitness. Lalu, di saat yang bersamaan mereka juga menghindari karbohidrat. Padahal Karbohidrat tetap dibutuhkan untuk aktivitas fitness sehingga hasilnya optimal.

Selain protein, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat meski jumlahnya tak banyak. Sesuaikan jumlahnya dengan tipe fitnessmu. Barengi porsinya dengan protein yang terdapat pada telur, daging, atau ikan. Kamu bisa makan baik sebelum maupun setelah fitness.

6. Jumlah kalori yang tak sesuai aktivitas

Semakin hari, semakin banyak orang yang mulai sadar tentang pentingnya mengatur asupan kalori harian. Namun ada juga yang menganggap kalori tak penting selama melakukan workout. Padahal ini adalah kesalahan pola makan bagi pemain fitness yang bisa membuat berat badan tidak ideal.

Semakin besar beban pekerjaan atau aktivitas harianmu, maka semakin besar pula kebutuhan kalorinya. Kalori dibutuhkan agar tubuh tetap kuat dan tidak lemas saat beraktivitas. Kamu bisa menggunakan bantuan kalkulator kalori online untuk memastikan kebutuhan kalorimu.

7. Makan seenaknya

Banyak orang yang bebas makan seenaknya karena merasa fitness akan membakar kalori yang masuk nantinya. Padahal jika tujuan fitnessmu adalah untuk menjaga bentuk tubuh dan menurunkan berat badan, hal ini tak bisa kamu lakukan karena fitness akan jadi sia-sia.

Kalau kamu sudah berkomitmen untuk menjaga pola makan, maka mulailah untuk memilih makanan yang sehat. Begitu juga saat memilih camilan seperti yang rendah gula dan natrium. Hindari juga makanan yang cepat saji karena lemak jenuhnya yang sangat tinggi.

8. Tidak banyak minum air

Kapanpun kamu merasa haus, segeralah untuk minum baik itu kala fitness maupun beraktivitas. Kekurangan air karena jarang minum adalah kesalahan pola makan bagi pemain fitness. Air membantu tubuh untuk tetap pada suhu yang baik dan melancarkan pencernaan.

Maka ada baiknya jika kamu selalu membawa botol air ke manapun, termasuk saat fitness. Workout membuat tubuhmu kehilangan banyak cairan karena keringat. Jika jumlahnya dalam tubuh berkurang, kamu bisa dehidrasi dan fungsi organ bisa terganggu.

9. Mengonsumsi serba rendah kalori

Produk rendah kalori banyak dijual di pasaran. Klaimnya tentu saja seperti membantu menurunkan berat badan. Orang yang masih pemula dalam diet biasanya mengatur pola makan yang ekstrim. Perubahan ekstrim pada diet bisa berbahaya bagi kesehatanmu.

Kamu tak bisa menerapkan perubahan pola makan ekstrim saat diet. Kesalahan diet fitness bagi pemula ini tak bisa dilakukan tiba-tiba. Lakukan secara bertahap dan penuh dengan rencana. Akan lebih baik jika makananmu tetap pada porsi seimbang sehingga tak kekurangan nutrisi.

10. Kurang makanan berserat

Serat atau fiber adalah kandungan makanan yang perlu dikonsumsi. Perannya sangat penting untuk melancarkan pencernaan. Bagi orang yang sedang menjaga pola makan, serat akan membantu untuk mengurangi keinginan makan dalam jumlah banyak.

Jadi, atur pola makanmu dengan makanan yang berserat. Sumber makanan berserat ada pada sayuran hijau dan buah-buahan. Pastikan dalam menu makananmu terdapat sumber serat yang baik sehingga menekan keinginanmu untuk ngemil.

Fitness saja tak cukup untuk mendapatkan tujuan bentuk tubuh yang ideal. Mengatur diet juga harus dilakukan, namun tetaplah hindari kesalahan pola makan bagi pemain fitness. Dengan begitu, tubuhmu tetap sehat dan tidak kekurangan gizi.

Baca Juga : 7 Macam Kesalahan Memilih Personal Trainer


Posting Komentar untuk "10 Kesalahan Pola Makan Bagi Pemain Fitness"