Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips – Tips Membentuk Otot Bicep

 

Otot lengan yang kuat adalah impian kamu pastinya. Otot lengan akan memudahkan kamu melakukan aktivitas sehari – harimu. 

Bahkan yang sederhana sekalipun, seperti kamu mengambil benda di ketinggian, menenteng tas, dan lainnya. 

Berikut ini cara melatih otot bicep pada bagian lengan kamu.
Ketika kamu ingin melakukan latihan, biasanya kamu belum mengetahui banyak tentang bentuk, teknik, serta prinsip – prinsip kerjanya.

Kamu harus kreatif untuk melatih membesarkan ototmu dan menambah kekuatan ototmu. Kami akan memberikan solusi cara melatih otot bicep di bawah ini.

Fungsi Otot Bicep

Otot Bicep terdapat pada bagian lengan atas kamu yang merupakan sekumpulan otot yang sangat kecil. Otot Bicep ini merupakan otot yang memiliki dua bagian dimulai dari bagian deltoid hingga bagian bawah siku kamu.

Fungsi dari Otot Bicep ini adalah untuk memutar pergelangan tangan kamu ke bawah serta untuk mengangkat dan membengkokkan lengan kamu. Otot Bicep memiliki fisik yang besar serta tubuh berotot selalu diasosiasikan dengan lengan yang besar.

Otot Bicep cenderung lebih cepat merespon dari pada bagian otot yang lainnya. Tubuh kamu akan mengalami shock berat pada tahap awal latihan. Shock yang kamu alami itu akan mengakibatkan otot bicep beradaptasi dengan menjadi lebih besar, kuat serta lebih baik lagi.

Kamu pasti ingin tahukan cara melatih otot bicep yang benar seperti apa? Kami akan memberikan penjelasan mengenai cara – cara melatih otot bicep agar kamu dapat melakukannya dan membuat otot kamu menjadi kekar.

Berikut ini cara – cara melatihnya.

1. Latihan Shock Treatment

Yang menjadi masalah adalah otot bicep atau otot lengan atas kamu tidak selalu terus menerus membesar dalam kecepatan yang pesat seperti pada saat awal – awal latihan. Karena bagian otot bicep yang kamu miliki ini lebih kecil.

Maka dari itu ada baiknya kamu selalu memberikan otot bicepmu dengan latihan Shock Treatment ini atau rutinitas latihan yang bervariasi dengan intensitas yang selalu meningkat agar pembesaran otot kamu terus bekerja secara sempurna.

Berikut ini langkah – langkah melakukan latihan Shock Treatment.

- Pertama, kamu dapat menggunakan beban yang bervariasi.

- Kemudian, pada teknik pengangkatan kamu dapat menggunakan gerakan isolation movement, compound movements, serta intensitas latihan yang dapat kamu atur sendiri.

- Kamu dapat mengulangi gerakan – gerakan tersebut untuk mempercepat pembentukan otot kamu.

2. Latihan Standing Barbell Curls

Latihan ini merupakan latihan yang paling baik untuk membesarkan otot bicep kamu. Latihan ini sangat mendasar dan memungkinkan kamu untuk mengangkat beban yang lebih besar. Bermula pada latihan ini karena kondisi tubuh kamu masih segar bugar.

Kamu dapat mencoba dengan beban yang sangat berat pada latihan ini, tetapi kamu harus tetap memperhatikan postur. Angkat beban seberat yang kamu bisa, namun kamu harus memfokuskan pada otot bicepmu yang bekerja.

Berikut ini cara melakukan latihan Standing Barbell Curls.

- Kamu harus berdiri dengan posisi kaki segaris pada bahu kamu.

- Pastikan kembali tangan kamu memegang bar beban dari bawah.

- Pastikan juga posisi siku kamu tetap berada dekat dengan tubuh.

- Kemudian, angkat bar secara perlahan ke atas.

- Teruslah berfokus pada otot lengan atas kamu dalam melakukan latihan ini.

- Control beban kamu seiring kamu memposisikan bar ke posisi semula.

- Lakukan 1 kali “Warming Up” pemanasan dan melakukannya dengan 20 - 30repetisi.

- Gunakanlah beban terberatmu dengan postur yang benar dan teknik yang tepat saat melakukan latihan ini.

Selain cara melatih otot bicep, latihan ini juga terdapat pada cara melatih otot bahu. Latihan yang dilakukan untuk Membentuk otot bahu hampir sama dengan latihan ini.

3. Latihan Preacher EZ Barbell Curl

Latihan ini sangat baik untuk perkembangan otot bicep kamu serta isi dan bentuknya. Khususnya untuk memanjangkan serta mempertebal otot bicep kamu. Dengan menaruh beban yang besar pada bagian bawah otot bicep kamu.

Cara melakukan latihan EZ Barbel Curl diantaranya :

- Pertama, kamu harus mencari posisi duduk yang nyaman untuk memegang bar.

- Selanjutnya, gunakan grip bawah dan jajarkan tangan kamu sedikit lebih lebar dari bahu dan bersandarlah pada alat Preacher.

- Kemudian, dorong dada kamu pada bangku Peacher.

- Setelah itu, luruskan lengan kamu di atasnya.

- Angkatlah bar secara perlahan ke atas dalam arah pusar hingga menyentuh otot lengan atas kamu.

- Dan terakhir, kencangkan ototmu dan kontrol gerakan kamu ketika ingin menurunkan beban ke posisi awal.

4. Latihan Hammer Dumbbell Curl

Latihan ini berfungsi untuk menambah kepadatan pada otot bicep kamu. Latihan ini sangat melatih bagian luar otot bicep kamu, dengan menggunakan Dumbbell untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan yang kamu targetkan.

- Posisikan tubuh kamu sebagai awalan dengan berdiri menggunakan kaki yang segaris dengan bahu dan lutut kamu sedikit ditekuk.
 
- Kemudian, pegang sepasang Dumbell yang disediakan dengan telapak tangan menghadap ke arah tubuh kamu.
 
- Usahakan punggung dan tubuh kamu harus tetap tegak menghadap ke atas.

- Mulailah mengangkat Dumbbell secara perlahan ke arah atas dengan batang tubuh.

- Pastikan kembali telapak tangan kamu tetap seimbang dan siku tetap disamping tubuh kamu.

- Turunkan Dumbell tadi ke posisi semula secara perlahan dan lakukan kembali gerakan tersebut dengan lengan yang lain.

5. Latihan Incline Dumbbell Curls

Untuk memberikan variasi pada otot bicep kamu, lakukan latihan Incline Dumbbell Curls ini. Pada latihan ini berfungsi untuk melenturkan otot bicep agar pengembangannya teratur. 

Dengan aliran darah kamu yang sudah ada pada bagian otot lengan atas dari hasil latihan yang sebelumnya, pada latihan ini akan menstimulasi pembentukan otot bicep kamu.

- Dengan awalan dalam posisi duduk. Posisikan alat Dumbbell pada posisi 45 derajat.
 
- Kemudian, gunakanlah grip tangan dibawah pada sepasang Dumbbell yang kamu gunakan itu. Biarkan lengan kamu di bawah dengan telapak tangan menghadap ke depan.

- Lekukkan lengan kamu ke atas dengan mengikuti arah busur.

- Ulangi langkah tersebut dalam 1 set yang terdiri dari 8 repetisi.

Beberapa hal yang harus kamu waspadai dalam cara melatih otot bicep ini adalah melenturkan atau melakukan stretching diantara masing- masing set yang kamu lakukan agar pembentukan dan performa dalam latihan kamu lebih maksimal.

Posting Komentar untuk "Tips – Tips Membentuk Otot Bicep"