Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips NgeGym/Fitnes Bagi Pemula agar Tetap Sehat dan Bugar

 

Selain jogging, ada cara lain yang dapat kamu lakukan untuk membuat badanmu tetap bugar dan sehat, yaitu dengan cara nge gym atau fitnes. Mungkin terlihat berat, namun jika kamu rutin berlatih kamu akan mendapatkan tubuh yang bugar. 

Berikut ini kami berikan cara belajar fitnes bagi pemula.

Beberapa orang sudah mencoba cara ini untuk membuat badan mereka tetap bugar dan sehat. Selain itu, manfaat yang akan kamu dapatkan dari berlatih fitness atau gym ini akan membentuk tubuhmu menjadi atletis. Dimana tubuh kamu terlihat maskulin atau berotot. 

Cara Belajar Fitnes Bagi Pemula

Cara untuk mendapatkan tubuh atau badan yang sehat dan bugar serta ideal adalah dengan cara menggunakan sarana gym. Dengan ngegym ini, kamu bisa melakukan latihan secara rutin serta lebih ketat, sehingga hasil yang kamu dapatkan adalah tubuhmu akan terasa bugar dan ideal.

Tetapi, ngegym bagi pemula seperti kamu tidak segampang itu. Ngegym atau fitnes sendiri perlu aturan, tidak hanya mengangkat beban berat dengan tidak menggunakan step. Hal itu akan membuat ototmu kram dan parahnya akan mengakibatkan kerusakan sel pada ototmu.

Berikut ini kami berikan tips atau cara belajar fitnes bagi pemula.

1. Cari Tau Tujuan Fitness 

Sebelum melakukan fitness, kamu hendaknya mengetahui apa tujuanmu. Apakah ingin Membentuk badan, ingin agar badanmu selalu bugar atau bahkan hanya ingin membuat badanmu sehat saja. Hal tersebut bisa menentukan gerakan – gerakan gym yang sesuai dengan apa yang ingin kamu bentuk. Selain itu, kamu bisa juga fitness dengan dipandu oleh instruktur atau temanmu yang lebih professional

Jika kamu belajar dengan instruktur atau orang yang lebih professional, maka latihan yang kamu jalankan akan lebih teratur serta mereka juga bisa membantumu agar program yang kamu jalankan dalam gym atau fitnes nanti berjalan dengan baik. Dari instruktur juga kamu dapat mengetahui cara melatih otot dada, perut serta otot bahu agar mendapatkan bentuk tubuh yang kamu inginkan.

2. Mengatur Gaya Hidup 

Dengan mengatur gaya hidupmu, kamu bisa mengimbangi kesehatanmu. Masalahnya, kualitas hidup yang kamu jalani akan mempengaruhi kondisi kesehatanmu saat ini. Bagaimana sih cara mengatur gaya hidup? 

Caranya mudah, dengan memakan makanan yang sehat serta bergizi tinggi seperti mengkonsumsi makanan yang rendah lemak yaitu, buah, sayur, daging merah serta nasi merah dan masih banyak lagi. Kamu juga wajib minum air putih agar kadar gulamu tetap stabil.

Selain itu juga, kamu dapat menghindari makanan yang berlemak dan juga makanan cepat saji atau junk food. Makanan tersebut sangat tidak sehat dikonsumsi bagi tubuhmu. 

Kamu dapat mengatur pola makan berdasarkan kalori yang kamu butuhkan dalam sehari. Menurut personal trainer fitness yaitu Alvin Hartanto mengatakan bahwa untuk mendapatkan tubuh yang sehat, tidak harus merasa seharian kelaparan. Tetapi, kamu hanya perlu mengatur pola makan serta pola hidup yang lebih baik dan konsisten dari sebelumnya.

3. Membuat Jadwal  dan Melakukan Secara Konsisten

Kamu dapat membuat jadwal yang mencakup segala kegiatanmu, seperti fitness, istirahat, makan, dan lain sebagainya.  Pola jadwal yang kamu bikin akan mempengaruhi seperti apa kehidupanmu, baik secara mental maupun fisik. 

Sebaiknya, kamu mengatur jadwal agar pola hidup yang kamu jalani lebih teratur serta kamu dapat menyisihkan waktumu untuk berolahraga dan badanmu tetap sehat dan bugar. Seperti jadwal makan, dengan membuat jadwal makan  serta porsi yang sudah kamu tentukan akan membuat lebih tertata lagi pola hidupmu. Contohnya, kamu membuat jadwal makan  sarapan jam 8 pagi dengan porsi yang sudah ditentukan. 

1 jam setelahnya, kamu mengkonsumsi buah dan biskuit sebagai makanan penutup. Selanjutnya, pada jam 1 sampai dengan 12 siang, kamu diharuskan makan siang dengan ketentuan porsi yang sama serta makanan penutup yang sama juga. 

Cara tersebut terus kamu lakukan sampai benar – benar pola hidupmu sudah terasa teratur. Dan pastikan juga jadwal olahraga sudah masuk dalam agenda yang kamu buat.  Sebaiknya jadwal olahraga itu diatur pada jam 4 sore atau 8 pagi.

Setelah semua jadwal kamu susun, kamu harus melakukannya dengan konsisten. Jangan biarkan jadwal yang kamu bikin terbuang atau terlewat dengan sia – sia. Dalam arti kamu tidak mengimplementasikan agenda sehingga program fitnessmu gagal semua.

4. Membuat Target Realistis

Sebagai pemula gym atau fitness, kamu perlu menyiapkan target yang akan kamu tuju. Misalnya dalam 1 minggu kamu harus turun 5 Kg. Dengan membuat target seperti itu, program yang sudah kamu buat akan terlaksana atau terealisasikan.

Serta target yang kamu tentukan itu yang kemudian akan mempengaruhi jenis dan tingkatan latihan yang akan kamu tempuh. Pastikan juga kamu memiliki target yang konstan atau tidak berubah suatu saat. Sehingga latihan yang kamu lakukan bisa lebih fokus lagi.

5. Mendaftar Member di Tempat Fitnes

Jika kamu sudah yakin untuk fitness atau ngegym secara teratur, kamu perlu mempertimbangkan untuk mendaftar member fitness atau gym. Member tersebut akan memberikan keuntungan yang banyak bagi kamu.

Secara tidak langsung juga dapat memotivasi kamu. Dengan mendaftarkan member, kamu akan mendapatkan harga yang cenderung lebih murah. Di beberapa tempat fitness atau gym juga ada keuntungan fasilitas tambahan yang disediakan oleh pihak fitness sendiri.

Kamu juga akan termotivasi untuk latihan yang lebih teratur, jika kamu tidak latihan dengan teratur uang membermu akan hangus begitu saja.

Tips atau cara belajar fitness bagi pemula ini dapat kamu terapkan untuk membuat tubuhmu berotot dan juga sehat serta bugar. 

Cara – cara tersebut adalah cara terbaik dan mempercepat kamu membentuk tubuhmu agar cepat berotot.

Apapun jenis olahraga yang kamu lakukan, pada dasarnya untuk menyehatkan tubuhmu. Kamu dapat memilih olahraga yang sesuai dengan minat serta budget yang kamu miliki.


Posting Komentar untuk "Tips NgeGym/Fitnes Bagi Pemula agar Tetap Sehat dan Bugar"