Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Kesalahan Fitness Bagi Pemula

Semua orang yang baru mencoba untuk fitness umumnya merasa kebingungan. Ada hal-hal dasar yang harus dipelajari, termasuk cara menggunakan alat dan etika saat berada di gym. 

Hal ini tentunya bertujuan untuk menghindari berbagai kesalahan fitness bagi pemula.

Namun meskipun kamu telah mempelajari hal-hal dasar tentang fitness, tetap saja ada kesalahan yang biasanya dilakukan. 

Sehingga hasil fitness tidaklah maksimal, menjadi terlalu lelah dan hanya membuang waktu di gym. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu hindari saat di gym.


8 Kesalahan Fitness Bagi Pemula

1. Aktivitas Berlebihan

Pemula cenderung berpikir bahwa akan lebih baik jika aktivitas fitness yang lebih banyak akan menghasilkan hal yang lebih baik. Maka tak jarang jika mereka berlama-lama di gym, melakukan banyak kegiatan kardio, memiliki goals yang ambisius, dan belajar banyak gerakan sekaligus.

Padahal hal tersebut malah hanya akan menghasilkan hal yang sebaliknya. Bagi pemula, sebaiknya gerakan saat fitness dimulai dengan tahapan yang pelan-pelan. Memaksakan diri untuk beradaptasi dengan lingkungan fitness sekaligus malah membuat tubuh cepat lelah dan mudah sakit.

Fokuslah pada kualitas fitness, bukan kuantitasnya. Pilihlah program yang tepat dengan cara berkonsultasi dengan instruktur gym di tempat kamu fitness. Idealnya, sekali fitness memakan waktu hingga 45 menit. Lakukan hal itu secara teratur per minggunya.

2. Terlalu Memprioritaskan Kardio

Aktivitas kardio adalah hal yang baik, namun bukan berarti kamu memprioritaskannya. Terutama apabila tujuan fitness adalah untuk menurunkan berat badan. Intensitas latihan kardio yang terlalu tinggi akan membuat kamu kelelahan dan mengurangi kualitas fitness.

Jika menurunkan berat badan merupakan prioritas kamu, maka kamu juga memerlukan latihan lain seperti angkat beban. Jangan habiskan energi kamu untuk kardio. Kelelahan akibat latihan kardio membuat kamu tak bisa melakukan aktivitas harian yang juga membantu dalam pembakaran kalori.

3. Mudah Menyerah

Mengubah diri dari yang tadinya pasif menjadi aktif adalah sebuah perubahan gaya hidup yang sangat besar. Bagi tubuh, perubahan ini perlu dilakukan secara bertahap sehingga kinerja tubuh tidak terkejut. Butuh waktu hingga 3 bulan untuk terbiasa, termasuk beraktivitas fitness.

Namun sayangnya, kesalahan fitness bagi pemula adalah banyak orang yang menyerah di minggu ke-4 atau ke-6 karena merasa tidak ada perubahan. Padahal tujuan tertentu seperti menghilangkan berat badan berlebih dan membentuk tubuh membutuhkan waktu lebih dari 3 bulan.

Jadi, kuncinya adalah dengan tidak mudah menyerah. Jika kamu merasa bosan dengan latihan yang biasa dilakukan, maka lakukanlah aktivitas latihan lainnya. Intensitasnya tak perlu tinggi, namun utamakan kualitas fitness. Dengan begitu hasil yang kamu inginkan bisa tercapai.

4. Mengubah Diet Sekaligus

Fitness tak hanya tentang workout di gym. Kamu juga perlu membarenginya dengan pola makan yang sehat. Kesalahan fitness bagi pemula mengenai hal ini adalah melakukan diet yang mendadak. Bukannya mengurangi berat badan, tubuh malah akan kekurangan nutrisi baik untuk kesehatan.

Proses diet harus dilakukan secara bertahap. Pertama, kamu perlu memperhatikan makanan apa saja yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Kurangi beberapa menu atau jumlah karbohidrat dalam menu. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah cheating apalagi sampai kekurangan gizi.

5. Menebak-nebak Cara Menggunakan Alat Fitness

Hal ini tentunya tak boleh kamu lakukan. Kesalahan fitness bagi pemula yang satu ini sangat umum dilakukan. Kamu bisa meminta bantuan instruktur yang ada di tempat gym. Mengapa hal ini perlu dihindari? Karena kesalahan penggunaan alat bisa mengakibatkan cedera serius.

Di manapun tempat gym yang kamu pilih, pastikan untuk bertanya tentang cara penggunaan alat yang benar. Selain instruktur, tanyalah ke rekan-rekan yang ada di gym atau orang yang sudah berpengalaman. Beberapa alat mungkin tak sesuai dengan tujuan fitness kamu.

6. Menggebu-gebu di Awal

Jika kamu melihat banyak atlet yang berlatih secara menggebu-gebu, bukan berarti kamu bisa mengikutinya. Seringkali, para pemula jatuh ke dalam jebakan latihan yang menggebu-gebu di awal dan berpikir bahwa hasilnya akan baik. Padahal, hal ini bisa menyebabkan kelelahan dan cedera.

Sebagai pemula, sebaiknya kamu bisa memulai dengan hal-hal yang fundamental. Sebelum fitness di gym, mulailah dengan gerakan sederhana seperti squats, lunges, dan rows. Awalnya, bisa dengan intensitas rendah. Seiring dengan berjalannya waktu, intensitas tersebut bisa ditambahkan.

7. Bergantung pada Suplemen

Klaim suplemen yang bisa menurunkan berat badan biasanya menjadi teman aktivitas fitness kamu. Kesalahan fitness pada pemula ini sering terjadi dengan menjadi ketergantungan pada suplemen. Padahal suplemen hanya memasok nutrisi yang mungkin tidak didapatkan pada menu makanan.

Mengonsumsi suplemen adalah hal yang baik, namun hasil dari fitness tak bisa digantungkan pada pil yang satu ini. Kamu harus tetap memperhatikan asupan gizi berupa protein dan nutrisi penting lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang baik, asupan protein harus secara konsisten diperhatikan.

8. Hanya Fokus pada Ambisi yang Besar

Fitness dengan tujuan tertentu merupakan hal baik untuk dilakukan, seperti meningkatkan massa otot, menurunkan berat badan, bisa mengangkat beban dan lainnya. Namun jika kamu melakukan fitness hanya untuk tujuan yang besar tersebut, tak jarang jika kamu akan kecewa dengan prosesnya.

Kesalahan fitness bagi pemula adalah terlalu fokus pada ambisi yang besar. Padahal fitness adalah tentang berproses. Mulailah dengan program yang ringan sekitar 10-12 minggu dan selesaikanlah dengan baik. Jika hasilnya kurang memuaskan, tambahkan intensitasnya dan nikmati proses fitnessnya.

Aktivitas apapun yang kamu lakukan di tempat fitness, jangan lupa untuk dicatat. Pencatatan aktivitas bisa memotivasi diri untuk melakukan hal lebih baik dan membuat diri menjadi berkembang. Dengan begitu berbagai kesalahan fitness bagi pemula bisa kamu hindari.


Posting Komentar untuk "8 Kesalahan Fitness Bagi Pemula"