Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jawaban dari Penting Dumbell Apa Barbel

 

Ketika kamu tertarik dengan fitness yang berhubungan erat dengan angkat beban, maka pertanyaan penting dumbell apa Barbel akan muncul dibenakmu. Kedua benda ini selalu menjadi perdebatan terkait fungsinya, keuntungannya, dan faktor lain seperti harga.

Padahal, selama kamu terhindar dari kesalahan cara memilih berat beban saat fitness, dumbell maupun barbel bisa berguna untuk pembentukan ototmu. Pakar malah menyarankan jika bisa kamu menggunakan keduanya. Berikut ini adalah berbagai pertimbangan dalam memilih dumbell atau barbel.

Mana yang Penting Dumbell apa Barbel?

1. Ragam gerak

Ragam gerak merupakan faktor yang penting dalam menentukan jenis fitness yang bertujuan untuk membentuk tubuh. Beban memiliki peran yang penting tentang seberapa banyak tenaga yang akan dikeluarkan hingga latihan berakhir. Untuk itu, pemilihan jenis beban sangat krusial dalam hal ini.

Meski sama-sama berjenis beban, dumbell dan barbel memiliki perbedaan yang cukup besar jika ditinjau dari banyaknya ragam gerak saat latihan. Jika kamu merasa bahwa gerakan tubuhmu cukup lemah dan menghindari banyak gerakan, maka pilihlah barbel.

Berbeda dengan dumbell yang latihannya memerlukan peregangan yang lebih besar. Otot juga berkontraksi lebih besar daripada memainkan barbel. Meski kamu pemula, bukan tidak mungkin kamu menggunakan dumbell. Pilihlah dumbell dengan jenis berat hingga 130lbs.

2. Tujuan fitness

Setiap orang memiliki tujuan fitness yang berbeda. Ada dari mereka yang menginginkan bentuk tubuh ideal, ada yang ingin menjadi lebih kuat, ada juga yang menginginkan penurunan berat badan. Jika tujuannya adalah untuk lebih kuat, maka seberapa penting dumbell apa barbel menjadi krusial.

Kebanyakan orang yang fitness biasanya menjadi lebih kuat jika menggunakan barbel saat latihan. Progress yang dicapai dengan latihan barbel pun lebih mudah dicapai, apalagi dengan tujuan lain seperti pembentukan otot. Selama latihan barbel, tubuh juga lebih stabil.

Selain lebih kuat, barbel juga berperan dalam pertumbuhan otot. Semakin sering kamu berlatih barbel, otot akan beradaptasi dan membuatnya membesar lebih cepat. Berbeda dengan dumbell karena kamu harus mengangkat beban yang berbeda dengan kedua tanganmu.

3. Kestabilan beban

Para lifters yang memang sudah berpengalaman dan tahu penting dumbell apa barbel, biasanya mereka memiliki tubuh yang stabil. Bagi mereka tak masalah menggunakan barbel atau dumbell saat fitness. Namun tentunya hal ini akan berbeda jika kamu adalah seorang pemula.

Dalam praktiknya, penggunaan barbell dan dumbell memiliki perbedaan yang cukup jauh. Barbel diangkat menggunakan kedua tangan, sementara kamu butuh dua dumbell untuk diangkat secara bersamaan. Bagi kamu yang tak punya pengalaman, dumbell akan membuat tanganmu bergetar.

Bagi pemula untuk latihan angkat beban, sebaiknya cobalah barbel terlebih dahulu. Satu beban ini diangkat dengan kedua tangan sehingga kamu bisa belajar menstabilkan otot dan sendi. Kamu juga bisa terhindar dari cedera serius. Jika sudah terbiasa, kamu baru bisa mencoba dumbell.

4. Keseimbangan beban

Bagian tangan kanan dan kiri kamu mungkin tak memiliki energi yang sama, terutama saat mengangkat bebantete. Cobalah untuk menggunakan barbel dan biasanya bagian satu tangan memiliki energi yang lebih besar daripada bagian tangan yang lainnya.

Jika kamu memiliki masalah ini, sebaiknya hindari menggunakan barbel. Terus memaksakan diri dengan berlatih barbel akan membuat satu tanganmu selalu terpaksa mengangkat beban dan mengakibatkan cedera. Kamu juga tidak akan belajar untuk menyeimbangkan diri.

Jadi, penting dumbell apa barbel dalam hal ini? Tentu saja dumbell. Untuk pertama kali mencoba, gunakan dumbell dengan berat yang paling ringan.dumbell akan membuat kedua tanganmu menggunakan jumlah tenaga yang sama. Jadi tidak ada dominasi salah satu tangan.

5. Kemudahan sendi

Penggunaan beban dalam fitness membuat gerakanmu terbatas ketimbang program fitness lainnya. Baik barbel maupun dumbell membuatmu hanya melakukan gerakan yang sama setiap kali fitness. Jika latihannya dipaksakan, tentu hal ini akan berakibat fatal untuk sendimu.

Meskipun banyak yang mengatakan bahwa barbel lebih baik daripada dumbell, namun dalam kemudahan sendi untuk bergerak nyatanya dumbell lebih baik dari hal ini. Penting dumbell apa barbel dibuktikan dengan dumbell yang membuat lifter lebih leluasa dalam melakukan gerakan.

Lifter bisa menggerakkan dumbell dengan berbagai gaya selama bahu dan lengan terasa nyaman, tidak nyeri dan jauh dari potensi cedera. Kamu juga lebih tahu posisi apa yang membuat gerakanmu menjadi lebih alami. Kalau ada masalah nyeri saat angkat barbel, segeralah ganti dumbell.

6. Sisi keamanan

Jika ditinjau dari segi keamanan, pemula sebaiknya mencoba dumbell terlebih dahulu ketimbang barbel. Namun bukan berarti kamu akan terbebas dari risiko cedera. Dibandingkan dengan barbel, dumbell lebih mudah dipakai dan bisa disesuaikan dengan kenyamananmu.

Penggunaan barbel akan lebih baik apabila kamu sudah berpengalaman dalam angkat beban. Gerakan dumbell bermacam-macam mulai dari dumbell press, sambil duduk, atau sambil berdiri. Sementara barbel membutuhkan tubuh yang lebih stabil saat mengangkatnya.

7. Pembentukan otot

Apakah kamu sudah memiliki otot namun terasa pasif karena jarang fitness? Jika kenyataannya seperti itu, sebaiknya kamu berlatih dumbell. Dumbell memiliki peran untuk mengaktifkan kembali otot-ototmu yang pasif sehingga penampakannya menjadi lebih baik.

Penting dumbell apa barbel akan berbeda jika tujuan fitnessmu adalah membentuk otot untuk menjadi lebih besar. Kamu bisa menggunakan barbel untuk latihanmu. Otot-otot di bagian lengan dan dada akan lebih mudah terbentuk dan ukurannya menjadi besar.

Apapun alat yang kamu gunakan, pastikan digunakan dengan hati-hati. Jawaban dari penting dumbell apa barbel perlu disesuaikan dengan kebutuhan fitnessmu. Pastikan kamu berkonsultasi dengan trainer sehingga meminimalisir cedera dan tujuan fitness yang bisa tercapai.

Baca Juga: 10 Cara Menghindari Membuang Waktu Di Gym


Posting Komentar untuk "7 Jawaban dari Penting Dumbell Apa Barbel"