Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Latihan yang Dapat Membuat Otot Kaki Kamu Lebih Kuat

Selain dengan memakan makanan yang mengandung protein, kamu juga dapat melakukan latihan seperti jogging, fitness, dan treadmill yang dapat menguatkan otot kaki kamu. Namun, tahukah kamu cara melatih otot kaki kamu tanpa harus cedera? Kami akan memberikan solusi untuk hal tersebut.

Saat ini banyak sekali jenis olahraga yang dapat melatih otot kaki kamu dari atletik sampai dengan olahraga air. Hal itu karena adanya perkembangan dalam setiap cabang olahraga yang menghasilkan jenis – jenis olahraga baru.

Macam Olahraga Untuk Melatih Otot Kaki

Bagi sebagian dari kamu terlebih lagi kamu adalah seorang atlet, gerakan dalam olahraga digunakan untuk salah satu sarana melatih otot terutama pada bagian kaki kamu. Karena, kaki menjadi bagian tubuh yang sangat penting dan berfungsi untuk menopang tubuh kamu.

Jadi, kaki kamu harus memiliki kekuatan yang baik. Oleh karena itu, perlu olahraga untuk melatih kekuatan otot kaki agar kaki kamu mendapat kekuatan yang lebih kuat lagi. Untuk mendapatkan kekuatan otot yang lebih, diperlukan latihan yang tepat dan benar agar tidak memberikan efek.

Berikut ini macam – macam olahraga yang dapat membuat otot kaki kamu lebih kuat.

1. Jogging

Latihan olahraga ini mungkin hal yang sudah biasa kamu lakukan. Perlu kamu ketahui, dengan kamu Jogging secara rutin, maka otot kaki kamu akan dilatih menjadi lebih kuat. Sehingga, mampu menopang tubuh kamu walaupun tubuh kamu berukuran besar.

Selain itu, latihan ini juga dapat dilakukan pada cara membuat perut sixpack. Dengan jogging otot perut kamu juga ikut bekerja, sehingga memperkecil lingkaran perut yang kamu punya itu.

Berikut ini cara melakukan latihan Jogging.

 - Lakukan pemanasan sebelum jogging.

 - Kemudian, mulailah berlari dengan posisi kepala harus selalu tegak.

 - Posisikan lengan kamu Membentuk 90 derajat.

 - Selanjutnya, posisi tangan kamu harus tetap mengepal atau menggenggam.

 - Tahan perut kamu ke dalam, agar otot perut kamu juga ikut bekerja.

 - Ketika menapak, usahakan salah satu kaki terlebih dahulu menapak ke depan.

 - Aturlah kecepatan kamu saat sedang berlari.

 - Ketika kamu sudah mencapai batas maksimal kekuatanmu, usahakan istirahat dengan cara berjalan.

2. Latihan Turun Naik Tangga

Latihan Turun Naik Tangga ini mungkin dianggap latihan yang tidak memiliki manfaat dan malah dianggap latihan yang melelahkan. Pada kenyataannya, latihan ini termasuk dalam latihan yang dapat melatih otot kaki kamu.

Karena, dengan melakukan latihan ini akan membuat kaki kamu terlatih untuk menopang beban dan akan membuat kakimu lebih kuat lagi. Kamu dapat melakukan latihan ini pada tangga rumahmu masing – masing.

Berikut ini langkah – langkah melakukan latihan Turun Naik Tangga.

- Mulai lah naik tangga dengan salah satu kaki kamu, dengan memulai 25 langkah terlebih dahulu. Jika dirasa sudah mahir, kamu dapat meningkatkan langkah kakimu.

- Jaga punggung kamu tetap tegak ketika hendak naik turun tangga.

- Kamu juga dapat mendaki 2 anak tangga sekaligus untuk melatih otot besar kaki kamu.

- Lalu, turun tangga dengan langkah yang sama juga.

- Lakukan gerakan tersebut hingga mencapai target yang sudah kamu buat.

3. Latihan Squat Jump

Latihan Squat Jump termasuk dalam latihan yang dapat melatih otot kaki kamu. Squat Jump adalah latihan yang berasal dari Squad yang biasa pada olahraga dan ditambah lompatan pada Squad tersebut.

Squat Jump ini dilakukan seperti sedang melakukan Squat biasa, tetapi hanya ditambah gerakan lompatan ketika ingin melakukannya. Tentu saja olahraga ini sedikit lebih sulit dan juga lebih banyak mengeluarkan tenaga.

- Pertama, berdirilah dengan kaki selebar bahu kamu.

- Kemudian, tekuk sedikit kedua lutut kamu.

- Lalu, secara perlahan turunkan hingga posisi Squad.

- Setelah itu, pastikan kembali lutut kamu tidak lebih maju dari mata kaki.

- Saat kamu hendak menurunkan bokongmu dalam Squad, tenaga yang kamu keluarkan harus sangat kuat dengan membawa kedua kaki kamu ke dada saat sedang berada di udara.

4. Latihan Lunges

Mungkin latihan ini masih asing di telinga kamu. Tetapi, sebenarnya olahraga ini sering sekali dilakukan ketika kamu berada di sekolah saat pelajaran olahraga. Latihan ini biasanya dilakukan saat pemanasan sebelum melakukan olahraga.

Berikut ini cara melakukan latihannya.

- Pertama yang harus kamu lakukan adalah menaruh kedua tangan kamu di pinggang. Kemudian, berdiri tegak dengan bahu kamu ditarik sedikit ke belakang.

- Setelah itu, kamu dapat memulai dengan melangkahkan kaki kanan kamu terlebih dahulu ke depan. Lalu, perlahan turunkan tubuh kamu sampai lutut kaki depan Membentuk sudut 90 derajat.

- Tahan posisi tersebut dengan hitungan sesuai keinginan kamu. Dan kembali ke posisi awal dengan mengganti kaki sebelahnya.

5. Latihan Menggunakan Skipping

Latihan menggunakan skipping ini lebih dikenal oleh masyarakat sebagai lompat tali. Lompat tali ini dulunya adalah sebuah permainan yang dimainkan oleh anak – anak kecil. Latihan ini  hanya dilakukan dengan lompat menggunakan tali.

Sehingga, latihan ini termasuk dalam latihan yang mudah dan sederhana untuk dilakukan. Latihan Skipping ini juga bermanfaat untuk kamu yang ingin memperkuat otot kaki serta bagi kamu yang ingin membakar kalori.

Begini cara melakukan gerakan Skipping.

- Pertama, pastikan tali yang kamu gunakan sesuai dengan tinggi badan kamu.

- Lalu, mulai gerakan dengan memposisikan kedua tangan kamu dengan benar.

- Gerakkan pergelangan tangan kamu untuk memutar tali yang kamu pegang.

- Kemudian, kamu tidak perlu melompat terlalu tinggi untuk menghindari tali tersebut.
Bagi kamu yang ingin memperkuat otot kaki, maka kamu perlu melakukan latihan – latihan tersebut yang dapat memperkuat otot kaki kamu. 

Kelima cara melatih otot kaki tersebut merupakan pilihan yang tepat yang sudah kami sajikan.

Posting Komentar untuk "5 Latihan yang Dapat Membuat Otot Kaki Kamu Lebih Kuat"