Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mudah Melatih Otot Dada


Selain berolahraga jogging serta berenang, cara melatih otot dada juga dapat kamu lakukan dengan fitness atau ngegym. Bahkan dengan cara ngegym ini terbilang mudah untuk membentuk otot dada. Otot yang mengalami kontraksi membuat tubuhmu lebih sensitif terhadap hormone insulin.

Hal itu akan membuat lebih cepat Membentuk postur tubuh kamu. Apakah kamu tertarik untuk mengetahui cara melatih otot dada dengan mudah? 

Berikut ini akan kami berikan 5 cara mudah untuk melatih otot dada.

1. Melakukan Latihan Push Up

Dengan melakukan latihan Push Up ini, organ tubuh yang bekerja adalah otot lengan tangan hingga otot dada, sehingga otot dadamu lebih cepat terbentuk. 

Olahraga Push Up ini adalah cara yang tepat untuk melatih sebagai cara agar pembentukan otot dada lebih cepat. Push Up ini juga merupakan salah satu jenis latihan ringan serta mudah dan umum dilakukan untuk memperkuat otot dada, lengan dan bahu kamu. 

Latihan ini juga tidak menggunakan alat serta bisa dilakukan dimana saja, termasuk melakukannya di rumah.

Langkah – langkah melakukan Push Up :
Pertama, kamu harus melakukannya dalam posisi badan tengkurap dengan kedua ujung kaki menyentuh ke lantai. Lalu, letakkan atau posisikan kedua tangan berada di samping bahu dan siku ditekuk.

Setelah itu, angkat tubuhmu dengan meluruskan kedua tangan. Usahakan, ketika mengangkat tubuhmu, posisi kedua kaki harus tetap lurus dan rapat.

Kemudian, turunkan tubuhmu dengan menekuk kedua siku tangan hingga badanmu hampir menyentuh lantai. Tetapi, jangan sampai menyentuh lantainya.Selanjutnya, ulangi langkah tersebut hingga target yang sudah kamu buat.

2. Melakukan Latihan Pull Up

Selain Push Up, kamu juga bisa melakukan latihan Membentuk dadamu dengan cara Pull Up. Cara ini berbeda dengan Push Up tadi. Pull Up adalah cara melatih otot dada yang sering dilakukan dan banyak sekali digemari.

Meski terlihat mudah, namun tidak banyak yang bisa melakukan gerakan atau latihan ini. Pull Up sebenarnya memiliki tingkat kesulitan yang jauh dari latihan Push Up. Masalahnya adalah saat Pull Up beban otot yang bertumpu hanyalah bagian atas saja.

Jadi, tidak heran kebanyakan dari kamu sulit untuk melakukan gerakan ini. Karena yang bertumpu yaitu bagian otot dada, lengan, punggung, serta otot bahu.

Berikut ini cara melatih otot dada dengan Pull Up  benar dan mudah.

Pertama yang harus kamu lakukan, posisikan tubuhmu dibawah palang atau tiang.
Lalu, genggam tiang yang ada di atas bahu kamu.

Setelah itu, secara perlahan kamu dapat mengangkat tubuhmu hingga bahu sejajar dengan tiang.
Selanjutnya, tahan beberapa saat. Kemudian, turunkan perlahan tubuhmu.

Lakukan gerakan tersebut hingga kamu mahir atau terbiasa. Kami menyarankan melakukannya sebanyak 3 set. Dalam 1 set terdiri dari 20 kali Pull Up.

3. Melakukan Gerakan Chair Dips

Gerakan Chair Dips adalah salah satu latihan cara melatih otot dada yang bisa kamu lakukan di rumah. Gerakan ini dilakukan dengan cara menggunakan media kursi atau media lain yang dapat mampu menopang tubuhmu.

Gerakan atau latihan ini juga merupakan variasi dari gerakan dalam pembentukan otot dada dan juga otot lengan. Sehingga, otot yang terbentuk banyak bagian yang akan terbentuk secara merata.

Langkah – langkah berikut ini adalah cara melatih otot dada secara mudah dengan gerakan Chair Dips.

Dengan awalan, memposisikan tanganmu selebar bahu pada kursi. Selanjutnya, mengangkat badanmu secara perlahan dengan tangan. Setelah itu, tekuk lututmu ke arah belakang.

Lalu, turunkan tubuhmu secara perlahan. Ulangi langkah – langkah tersebut sebanyak 15 kali dan kamu dapat melakukannya dengan menggunakan set sebanyak 4 set.

4 Gerakan Plank

Gerakan Plank ini sedikit mirip dengan gerakan atau latihan Push Up. Hanya saja pada latihan Plank tubuhmu tidak bergerak sama sekali. 

Secara definisi, Plank merupakan salah satu cara melatih otot dada yang mudah dan cepat untuk dipelajari.

Hal tersebut karena dalam melakukan latihan Plank, otot pada sekitar dada akan bekerja ekstra sehingga pembentukan tubuh pun semakin cepat. Selain itu juga, tidak membutuhkan alat bantu apapun untuk melakukan latihan ini. 

Berikut ini langkah – langkah melakukan latihan Plank.

Mulai gerakan dengan posisi telungkup. Lengan bawah dan ujung jari kakimu pada lantai. Tepatkan sikumu tepat di bawah bahu. Lengan bawahmu letakkan menghadap ke depan. Usahakan kepalamu rileks menghadap ke lantai.

Kemudian, angkat tubuh menggunakan otot perutmu. Tarik lah pusar ke arah tulang belakang. Pastikan bahumu turun dan tidak menempel pada telinga.

Pertahankan posisi itu hingga 10 detik lamanya. Ulang kembali gerakan tersebut hingga beberapa kali.
Jika kamu sudah terlatih, kamu dapat melakukan gerakan tersebut selama 30 – 60 detik.

5.Melakukan Latihan Archer Push Up

Archer Push Up tidak hanya dilakukan pada saat melatih otot dada saja. Pada cara melatih otot bahu, latihan ini juga sering digunakan. Archer Push Up sendiri merupakan Push Up dengan kekuatan salah satu tangan kamu.

Gerakan ini juga adalah salah satu alternatif cara melatih otot dada kamu yang efektif. Otot ini tidak hanya menargetkan pada titik tubuh bagian dada saja, melainkan  otot tricep, perut dan bahupun bisa menggunakan latihan ini.

Begini cara melakukan latihan Archer Push Up.

Mengambil posisi Push Up sebagai awalan. Selanjutnya, posisi lengan kanan diletakkan secara lurus ke samping.

Kemudian, kamu dapat menurunkan tubuhmu hingga dada hampir menyentuh lantai serta gunakanlah tangan kirimu sebagai beban. Doronglah tubuhmu ke atas. Kamu dapat melakukan gerakan ini sampai beberapa kali. 

Meski kamu ingin secara cepat melatih ototmu agar terbentuk, tetapi kamu juga jangan sampai lupa untuk istirahat. 

Cara melatih otot dada ini memerlukan kekuatan yang lumayan berat, sehingga kamu juga perlu meluangkan waktu untuk beristirahat beberapa saat. Ototmu akan kembali berkontraksi saat setelah beristirahat.


Posting Komentar untuk "5 Cara Mudah Melatih Otot Dada"