Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Penyebab Otot Tidak Bisa Besar

 

Bagi seorang pria, memiliki bentuk otot yang baik akan membuat penampilan menjadi lebih percaya diri. Tak jarang jika pria melakukan fitness untuk membentuk otot. Namun penyebab otot tidak bisa besar bisa dialami sebagian pria yang dikarenakan oleh faktor tertentu.

Meski sudah rajin pergi ke gym, memakan makanan yang sehat, dan bahkan latihan angkat beban, belum tentu semua orang mendapatkan otot yang diinginkan. Selain melakukan kesalahan fitness bagi pemula, berikut ini adalah faktor utama tidak bertambahnya otot di tubuh.

10 Faktor Penyebab Otot Tidak Bisa Besar :

1.Tidur tidak berkualitas

Kurangnya jam tidur atau tidur yang tidak nyenyak menjadi penyebab utama otot sulit membesar. Hormon kortisol atau hormon stres akan meningkat saat Anda mengalami fase ini. 

Meningkatnya hormon kortisol berhubungan dengan rendahnya glikogen yang dibutuhkan untuk membentuk otot.

Jadi jika Anda ingin menumbuhkan otot, pastikan waktu tidur yang dimiliki adalah 8 jam saat malam hari. Sebelum tidur, hindari hal-hal yang membuat stres seperti memikirkan pekerjaan. Jauhi juga benda-benda seperti gadget atau layar TV untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

2. Tidak mengonsumsi cukup protein

Apabila Anda ingin terlihat berisi karena massa otot, maka kebutuhan protein menjadi lebih besar dari biasanya. Penyebab otot tidak bisa besar secara umum adalah kurangnya asupan protein. 

Protein mengandung asam amino yang dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot.
Kebutuhan protein bagi orang yang ingin membentuk otot adalah 1,2-1,7 gram per kilogram berat badan. 

Jadi, jika Anda memiliki berat 80 kilogram, maka dibutuhkan hingga 100 gram protein per harinya. Protein bisa didapatkan pada telur, daging-dagingan, ikan, dan kacang-kacangan.

3. Mengonsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol sesekali mungkin tak memberi efek apapun pada tubuh. Namun jika kebiasaan ini menjadi sering, hal ini akan membahayakan kesehatan Anda. 

Alkohol adalah penyebab otot tidak bisa besar karena antioksidan pembentuk otot digunakan untuk memetabolisme alkohol.

Jadi jika Anda menginginkan hasil fitness yang maksimal, maka jangan mengonsumsi alkohol. Apabila dirasa sulit untuk menghentikannya secara langsung, lakukan secara bertahap. Untuk membuat massa otot yang baik, gantilah minuman Anda dengan air putih saja.

4. Terlalu banyak latihan kardio

Latihan kardio sangat baik apabila Anda memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan. Intensitas latihan kardio sangat tinggi dibandingkan latihan lainnya. Namun kardio juga bisa menjadi penyebab otot tidak bisa besar karena tubuh dalam keadaan katabolik.

Apabila tujuan Anda adalah membentuk otot dan menjadikannya kuat, latihan kardio tidak boleh mendominasi program fitness Anda. Prioritaskan untuk latihan yang berhubungan dengan angkat beban setiap latihan. Namun Anda bisa tetap menyelipkan kardio di sela-sela latihan.

5. Terlalu banyak training

Terlalu banyak training bisa meningkatkan kemungkinan cedera dan membuat workout menjadi membosankan. Progres workout juga tidak berjalan dengan optimal. Banyak orang berpikir bahwa semakin banyak training, akan mempercepat pertumbuhan otot. Hal ini justru salah.

Tubuh Anda tetap membutuhkan waktu untuk beristirahat. Waktu tersebut akan digunakan tubuh untuk membangun otot menjadi lebih kuat dan lebih besar dari sebelumnya. Dalam satu minggu, setidaknya Anda membutuhkan waktu 1 hingga 1 hari istirahat dari training fitness.

6. Kekurangan karbohidrat

Penyebab otot tidak bisa besar lainnya adalah kekurangan karbohidrat. Memang benar jika untuk membentuk otot, Anda harus memangkas asupan karbohidrat namun itu tidak berarti bahwa semua jenis karbohidrat menjadi musuh. Anda tetap membutuhkannya dengan jumlah tertentu.

Karbohidrat berperan penting dalam membentuk glikogen untuk membentuk otot, juga mencegah Anda dari lesu. Tapi sebaiknya pilihlah jenis karbohidrat yang lambat dicerna seperti oatmeal, buah-buahan dan kacang-kacangan. Hindarilah karbohidrat berjenis tepung.

7. Dehidrasi

Seseorang yang berambisi membentuk otot biasanya sangat memperhatikan asupan karbohidrat dan protein, namun melupakan kebutuhan air untuk tubuh. Dehidrasi menjadi penyebab otot tidak bisa besar karena perannya yang penting untuk mengolah asupan nutrisi.

Pastikan kebutuhan air Anda cukup setiap harinya. Bagi Anda yang memiliki berat sekitar 80 kilogram, maka butuh hingga 10 gelas air mineral setiap hari. Saat Anda merasa sangat haus, itu tandanya Anda sedang mengalami dehidrasi. Langsung minum air hingga hausnya menghilang.

8. Fitness yang tidak beragam

Otot Anda memerlukan latihan dari gerakan yang berbeda. Tak hanya gerakan, volume dan intensitas latihan juga perlu diperhatikan. Jika Anda hanya melakukan gerakan fitness yang sama setiap hari, tentunya ini akan membatasi pertumbuhan otot pada tubuh.

Idealnya, Anda perlu mengganti program setidaknya 6-8 minggu sekali. Saat Anda merasa tak ada perubahan yang signifikan pada kekuatan dan massa otot, maka itu saat yang tepat untuk mencoba latihan terbaru. Carilah program yang mengutamakan kekuatan dan fleksibilitas.

9. Stres

Stres mengingkatkan hormon kortisol yang menjadi penyebab utama penghambat pertumbuhan otot. Kortisol juga meningkatkan nafsu makan dan penyimpanan lemak. Hal ini bisa menyebabkan protein pada otot menjadi hancur.

Jika penyebab stres sulit dihindari seperti drama keluarga atau kantor, cobalah untuk menambahkan kegiatan yoga setiap pagi. Yoga bisa membantu Anda untuk tetap rileks sepanjang hari, menurunkan level stres, dan mengoptimalkan hasil workout harian Anda.

10. Nutrisi tidak seimbang

Meskipun salad bagus untuk tubuh, bukan berarti Anda memakannya setiap hari kan? anda membutuhkan klori untuk membangun massa otot. Namun tetap perhatikan jenis asupannya dengan menghindari makanan cepat saji atau yang mengandung gula berlebihan.

Fitness saja tidaklah cukup untuk membangun otot pada tubuh Anda. Ragam faktor penyebab otot tidak bisa besar juga menjadi pemicunya. Untuk itu, hindari hal-hal pemicu tersebut dan mulailah fitness dengan rajin sehingga tubuh tetap sehat dan mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.


Posting Komentar untuk "10 Penyebab Otot Tidak Bisa Besar"