Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Macam Kesalahan Diet Fitness Bagi Pemula

Jika Anda berpikir bahwa diet fitness hanya untuk usia tertentu saja, Anda salah. Kegiatan ini perlu Anda lakukan sebagian bagian dari aktivitas Anda sehari-hari. Namun sayangnya, ada beberapa masalah seperti melakukan kesalahan diet fitness bagi pemula sehingga hasilnya tidak optimal.

Hasil Diet fitness yang sukses memiliki perjalanan yang berbeda bagi setiap orang. Anda tidak hanya datang ke gym, menggunakan alat-alat yang ada, atau memangkas menu tertentu di piring Anda. 

Berikut ini adalah berbagai kesalahan saat diet fitness yang perlu dihindari.

Kesalahan Diet Fitness Bagi Pemula yang Harus Dihindari

1. Terlalu ambisius

Mereka yang terlalu ambisius dengan tujuan diet fitness biasanya tak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Contohnya merencanakan olahraga setiap hari dengan durasi hingga dua jam atau berpuasa makanan tertentu. Cara ini dinilai tidak realistis dan potensi cheating yang lebih besar.

Sebagian orang tak memiliki persiapan mental dan fisik yang prima saat menghadapi perubahan gaya hidup. Maka dari itu, ada baiknya Anda mengubah kebiasaan perlahan. Mulailah dengan fitness yang ringan sebelum mendaftarkan diri ke gym. Begitu juga dengan mengatur menu makanan.

2. Goal yang tidak spesifik

Seringkali kesalahan diet fitness bagi pemula adalah tidak menginginkan hasil yang spesifik. Kebanyakan mereka hanya menginginkan berat badan yang turun, tubuh yang kuat, atau sehat. Tanpa adanya ukuran target yang spesifik, Anda tidak akan tahu apakah goal sudah tercapai atau belum.

Untuk itu sangat penting menentukan goal yang sangat spesifik. Jika Anda ingin turun berat badan, perkirakan berapa kilogram yang ingin dieliminasi. Atau jika Anda mengharapkan tubuh yang tetap fit, targetkan seberapa jauh Anda jogging setiap paginya.

3. Tidak ada motivasi

Keinginan untuk diet fitness dengan hanya mengikuti tren saja tidak akan membuat Anda bertahan. Hal tersebut malah akan membuat diri sendiri menjadi mudah down, malas, dan mudah lelah. Sebelum mencanangkan program diet fitness, temukan motivasi Anda melakukan hal tersebut.

Diet fitness tak hanya tentang menurunkan berat badan atau menjaga bentuk tubuh yang ideal saja. Fitness dan diet bisa menjaga Anda dari berbagai macam penyakit dan mendapat tubuh yang bugar. Dengan motivasi tersebut, Anda bisa tetap workout tanpa harus merasa bosan dan malas.

4. Melakukan cheating

Cheating adalah penghambat bagi Anda untuk tetap mencapai tujuan yang diharapkan. Misalnya saja Anda memiliki menu makan malam yang banyak dengan berjanji akan skip sarapan di keesokan harinya. Hal ini tentu memiliki konsekuensi yang buruk terhadap kesehatan Anda.

Begitu juga dengan aktivitas fitness. Ada kalanya Anda merasa malas di satu hari dan berjanji akan fitness dua kali lebih keras di esok hari. Apabila kesalahan diet fitness bagi pemula ini terjadi pada Anda, segeralah cari personal trainer untuk membantu Anda tetap pada trek rencana diet fitness. 

5. Mengabaikan asupan nutrisi

Banyak orang yang percaya bahwa fitness saja cukup untuk menjaga tubuh tetap ideal. Mereka mengabaikan asupan nutrisi mereka dan makan seenaknya. Padahal makanan tak hanya berpengaruh terhadap berat badan, namun juga fungsi tubuh secara keseluruhan.

Hindari makanan yang manis dan mengandung banyak garam. Berhenti meminum alkohol juga sangat penting agar workout tak menjadi sia-sia. Ketimbang selalu membeli makan di luar, ada baiknya Anda memasak sendiri makanan yang pastinya lebih sehat untuk tubuh.

6. Bergonta-ganti program

Kesalahan diet fitness bagi pemula ini sering terjadi. Pemula cenderung ingin mencoba berbagai program diet fitness dalam jangka pendek. Padahal biasanya satu program memakan waktu hingga 3 bulan. Itu pun belum tentu memiliki hasil yang optimal.

Menggonta-ganti program dalam jangka pendek membuat Anda tidak memahami gerakan fitness dengan baik. Setiap program biasanya memiliki gerakan dasar yang harus dipahami dalam jangka waktu tertentu. Jadi, pastikan Anda menjalani program hingga akhir.

7. Terlalu banyak alasan

Setiap orang memiliki keluarga dan kehidupan sosialnya sendiri, sehingga Anda tak bisa seenaknya mengabaikan kesehatan. Kesalahan diet fitness bagi pemula adalah terlalu menggebu di awal seakan mengikuti tren, lalu mudah bosan selang beberapa waktu.

Yang Anda perlukan adalah mengubah mindset. Ketimbang beralasan tidak memiliki waktu untuk fitness, sebaiknya Anda memanfaatkan waktu luang untuk aktivitas ini. Kesehatan adalah hal yang sangat penting dan harus diprioritaskan setiap harinya.

8. Terlalu banyak memilih

Sebelum melakukan diet fitness, wajar jika Anda mencari tahu dengan melakukan riset kecil-kecilan. Fitness apa yang cocok dengan tubuh, mana yang sesuai tujuan, dan mana yang tingkatannya mudah untuk pemula. Namun terlalu banyak memilih juga bisa menyita waktu Anda.

Selain menghabiskan waktu, Anda juga akan mudah ragu untuk menjalani program yang dipilih nantinya. Untuk memilih program diet fitness, sebaiknya konsultasikan dengan trainer profesional. Mereka akan membantu Anda terhindar dari kesalahan diet fitness bagi pemula.

9. Tidak konsisten

Masalah ini sering dihadapi oleh para pemula. Fitness yang tidak konsisten maka tidak akan menghasilkan apapun bagi tubuh Anda. Untuk itu, pilihlah program diet fitness yang bisa Anda lakukan setidaknya 5 kali dalam seminggu. Hasil optimal hanya bisa dicapai jika dilakukan rutin.

10. Mudah bosan

Selain tidak konsisten, rasa bosan juga sering menyerang para pemula. Ada baiknya jika Anda memilih aktivitas yang menyenangkan sebagai permulaan. Tentu saja tujuannya agar Anda tetap semangat fitness. Lakukan sambil mendengarkan musik, on track, atau diawasi oleh trainer.

Memulai untuk melakukan diet fitness memanglah sulit pada awalnya. Namun jika Anda berani untuk keluar zona nyaman, Anda akan mendapat hasil yang baik. Pastikan kesalahan diet fitness bagi pemula dan kesalahan memilih personal trainer Anda hindari agar fitness sesuai dengan tujuan Anda.

Baca Juga : 10 Macam Kesalahan Saat Bermain Bench Press


Posting Komentar untuk "10 Macam Kesalahan Diet Fitness Bagi Pemula"