Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Menghindari Membuang Waktu di Gym

Pernahkah Anda pergi ke gym namun tidak merasakan perubahan apapun terhadap kesehatan maupun bentuk tubuh? Mungkin saja selama ini, Anda hanya membuang waktu di gym. Berikut ini adalah kesalahan fitness bagi pemula dan cara terhindar dari membuang waktu selama di sana.

Cara Terhindar dari Membuang Waktu di Gym

1. Singkirkan handphone

Cobalah perhatikan orang di sekeliling Anda saat berada di gym. Anda akan menemukan mereka lebih sibuk dengan ponsel mereka ketimbang melakukan aktivitas workout. Menggunakan Handphone di sela nge-gym memang tak masalah, namun kesalahan satu ini bisa menjadi keterusan.

Tak heran apabila handphone menjadi pengganggu dan membuang waktu di gym. Berlama-lama mengangkat telepon atau mengecek sosial media bisa jadi menurunkan kualitas dan kuantitas fitnes Anda. Tak fokus nge-gym karena handphone pun bisa meningkatkan risiko cedera.

Jadi, singkirkan handphone Anda manakala waktunya nge-gym dimulai. Anda bisa meninggalkannya di loker atau membuat jaringannya berada di mode pesawat. Dengan begitu Anda tak akan terganggu dengan telepon atau notifikasi sosial media yang datang di tengah fitness.

2. Jangan terlalu lama di ruang loker

Sebagian orang menghabiskan waktu lebih lama di ruang loker ketimbang aktivitas fitness itu sendiri. Sebelum fitness, mereka mengganti baju dan sepatu, merapikan rambut, menghapus makeup dan lainnya. Sesudah fitness, mereka mandi, bermakeup, dan lainnya yang membuang waktu di gym.

Menghemat waktu saat berada di ruang loker akan menambah waktu Anda selama workout. Jadi sebelum pergi ke gym, ada baiknya Anda sudah siap dengan pakaian untuk fitness. Anda juga bisa mandi di rumah saja setelah fitness sehingga workout bisa menjadi lebih lama.

3. Pergi ke gym dengan rencana

Agar tidak membuang waktu di gym, sebaiknya pergilah dengan rencana. Gym memiliki banyak alat yang bisa dicoba. Jika Anda pergi tanpa rencana, waktu akan terbuang begitu saja karena asik mencoba berbagai alat yang ada di sana. Rencanakan alat dan program apa yang akan digunakan.

Selain perencanaan sesaat sebelum pergi fitness, Anda juga bisa membuat rencana mingguan atau bulanan sesuai tujuan yang ingin dicapai. Jadi saat berada di gym, Anda akan fokus dengan tujuan tersebut. Jangan lupa untuk mencatat aktivitas yang dilakukan selama di gym sebagai trek.

4. Fleksibel selama di gym

Meskipun Anda sudah merencanakan apa saja yang akan dilakukan selama di tempat gym, Anda harus tetap fleksibel. Misalnya Anda ingin melakukan bench press, namun semua alatnya sudah terpakai, gunakanlah alat yang lain. Jangan membuang waktu dengan menunggu orang lain.

Ada baiknya Anda pergi ke tempat gym di jam-jam yang sepi. Waktu malam setelah pulang kerja menjadi waktu ramai di tempat tersebut. Apabila Anda sempat mengunjungi di waktu lain, lakukanlah. Dengan begitu, Anda bisa puas menggunakan alat yang diinginkan.

5. Hindari mengobrol panjang

Memiliki teman di tempat fitness sah-sah saja, namun jika Anda membuka percakapan, bukan tidak mungkin hal tersebut malah makin panjang. Anda akan asik mengobrol dan melupakan waktu untuk berlatih. Hal ini malah membuang waktu dengan percuma di gym.

Solusi dari kesalahan yang satu ini adalah dengan segera memasang ear buds begitu masuk ke gym. Anda mungkin hanya sekedar menyapa beberapa orang, namun tidak membuka obrolan. Ingat, waktu untuk workout yang terbuang lima menit pun sangat disayangkan.

6. Bawa botol minuman sendiri

Membawa botol minuman sendiri saat ngegym sangat disarankan. Fitness biasanya menyediakan dispenser untuk mengisi minum, namun hal itu akan menghabiskan waktu untuk bolak-balik mengambil air. Siapkan air dari rumah dan letakkan botol di dekat alat gym yang Anda pilih.

7. Pilih program fitness

Jika Anda hanya ingin membentuk bisep dan menghilangkan trisep, sebaiknya lakukan workout di luar gym saja. Workout semacam itu hanya menghamburkan waktu selama di gym. Pasalnya, gym merupakan tempat untuk tujuan fitness seperti membentuk tubuh atau menurunkan berat badan.

Itu sebabnya, Anda perlu memilih program fitness yang tepat untuk diri sendiri. Jika masih pemula dan awam, Anda bisa berkonsultasi dengan trainer yang umumnya ada di tempat gym. Dengan begitu, kegiatan Anda selama di gym akan menjadi lebih terarah.

8. Perpendek waktu istirahat

Istirahat di sela aktivitas fitness tentu saja sangat dibutuhkan. Anda perlu beberapa menit untuk mengembalikan tenaga, namun jangan sampai tubuh Anda mendingin. Terlalu lama beristirahat tentu saja membuang waktu di gym dan membuat Anda malas untuk memulai kembali.

Jika aktivitas Anda memiliki intensitas tinggi, maka letakkan intensitas tersebut di akhir. Meletakkannya di awal hanya akan membuat tubuh mudah lelah dan lama beristirahat di sela latihan. Gunakan timer untuk mengukur waktu istirahat sehingga lebih tertarget.

9. Fokus saat fitness

Tak jarang orang yang melamun saat fitness yang berujung dengan mengeluh seperti mudah lelah. Ujungnya, mereka menyerah dengan aktivitas fitness. Apapun alat yang Anda gunakan, mulailah dengan memotivasi diri sendiri sehingga target fitness di saat itu bisa tercapai.

10. Berganti jenis latihan

Dalam satu program fitness, Anda bisa memiliki ragam latihan yang banyak. Hindari melakukan aktivitas atau gerakan yang sama. Anda hanya membuang waktu di gym, sementara hasil yang diinginkan tidak tercapai. Konsultasikan dengan trainer apa saja yang perlu Anda lakukan.

Manfaatkanlah waktu yang anda miliki selama berada di gym. Jangan membuang waktu di gym dengan hal-hal yang kecil apalagi sampai mengganggu orang lain. Memaksimalkan waktu selama di sana bisa mendapatkan hasil yang optimal, sesuai dengan rencana Anda fitness di tempat gym.

Baca Juga : 10 Macam Kesalahan Diet Fitnes Bagi Pemula


Posting Komentar untuk "10 Cara Menghindari Membuang Waktu di Gym"